fakta kampung inggris pare

Kampung Inggris Pare sudah dikenal sejak lama sebagai tempat kursus bahasa Inggris terbaik di Indonesia. Jika biasanya tempat kursus di Indonesia merupakan cabang dari lembaga kursus internasional, maka Kampung Inggris beda. Tempat kursus yang namanya sudah mendunia ini dibangun oleh putra Nusantara sendiri, keren bukan?

Kamu ingin belajar di Kampung Inggris Pare? Tapi masih ragu untuk daftar? Masih belum yakin sama informasi-informasi Kampung Inggris yang tersebar di luar sana? Simak informasi lengkap di bawah ini ya.

1. Sudah Berusia Lebih Dari 40 Tahun

Siapa sangka, Kampung Inggris Pare usianya sudah lebih dari 40 tahun lho. Pada tahun 1970-an silam, Pare masih sebatas kecamatan yang didominasi sawah dan perkebunan. Tapi semenjak didirikannya lembaga kursus bahasa Inggris pertama di sini, Pare terus berkembang. Hingga saat ini, Pare jadi salah satu wilayah paling ramai pendatang di Jawa Timur!

Saat kamu kursus bahasa Inggris di sini nanti, kamu akan terkesima melihat betapa ramainya Kampung Inggris Pare. Suasananya kaya di Jogja, cuma bedanya kamu bakal lihat banyak tempat kursus bahasa Inggris di sini.

2. Didirikan oleh Seorang Santri

Pionir pendirian Kampung Inggris Pare adalah Bapak Muhammad Kalend Osein, yang sekarang menjadi ketua Forum Kampung Bahasa di sini. Dan siapa sangka, Pak Kalend memiliki latar belakang sebagai seorang santri!

Beliau dulunya adalah santri dari pondok pesantren terkenal di Indonesia, yaitu Gontor. Sejak muda, beliau sudah benar-benar fluent dalam berbahasa Inggris. Sayangnya, teman-temannya pada waktu itu tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sama. Itulah yang menggerakkan hati Pak Kalend untuk mendirikan Kampung Inggris.

3. Berdiri di 2 Desa

Kampung Inggris Pare bukan namanya kecamatan, ya, tapi bukan juga namanya desa. Karena faktanya, Kampung Inggris ini berdiri di dua desa sekaligus, yaitu di desa Pelem dan Tulungrejo.

Meski demikian, sebenarnya informasi ini nggak terlalu penting kok. Kalau kamu ingin ke Kampung Inggris, kamu langsung saja cari di Google Maps dengan kata kunci “Kampung Inggris Pare”. Nanti kamu akan diarahkan langsung ke pintu masuk Kampung Inggris di Jalan Brawijaya.

Atau…kamu udah menentukan mau ke lembaga kursus yang mana? Misalnya nih, kamu udah nentuin pengen ke  Language Center, kamu bisa langsung ke sana.

4. Nggak Cuma Satu, Tapi Banyak!

Banyak orang yang masih salah kaprah, menganggap Kampung Inggris adalah nama dari sebuah lembaga. Padahal, Kampung Inggris Pare adalah sebuah kawasan yang dipenuhi RATUSAN lembaga kursus bahasa.

Yep, meski 40 tahun lalu hanya ada 1 lembaga kursus di Pare, sekarang ada setidaknya 300 lembaga yang sudah berdiri di sini. Beberapa lembaga kursus bahasa Inggris yang paling terkenal misalnya BEC, Language Center, dan masih banyak lagi.

5. Tidak Semua Warga Aktif Berbahasa Inggris

Dibandingkan dengan rumor di poin sebelumnya, rumor satu ini jauh lebih bikin nyesek! Saat pertamakali disoroti media dulu, banyak orang yang menganggap semua warga di Kampung Inggris sudah sangat fasih bahasa Inggrisnya. Padahal sebenarnya, hanya segelintir warga saja yang aktif berbahasa Inggris.

Jadi saat kamu datang ke sini besok, tidak masalah menggunakan Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan warga.

6. Ramai dengan Orang dari Seluruh Indonesia

Kampung Inggris Pare adalah salah satu pusat belajar paling populer di Indonesia. Apalagi di Indonesia, Kampung Inggris Pare adalah satu-satunya kawasan belajar bahasa Inggris yang terintegrasi. Jadi jangan heran jika kamu akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai suku di sini.

Saking heterogennya masyarakat Pare, Bahasa Indonesia lebih banyak digunakan di sini dibandingkan dengan bahasa Jawa. Bahkan sebagian besar warga tidak memiliki aksen medhok khas Jawa saat menggunakan Bahasa Indonesia.

7. Suasananya Benar-Benar Mendukung Untuk Belajar

Suasana belajar di Pare benar-benar mendukung lho untuk belajar bahasa Inggris. Suasana sekitar kawasan kursus cukup tenang, toko buku banyak, dan hampir semua lembaga kursus besar menyediakan camp. Jadi kamu nggak usah takut konsentrasimu terganggu saat belajar di sini.

Tapi ya itu…sarannya sih kalau kamu ingin kursus, pastikan kamu sudah sampai di sini minimal 2 hari sebelum masa belajar dimulai. Terutama kalau kamu mengambil tempat kursus yang tidak menyediakan camp, supaya ada waktu untuk mencari kost.

8. Dikelilingi Tempat Hangout Keren

Kamu pikir di Kampung Inggris Pare bisanya cuma belajar dan belajar doang gitu? Nggak bisa refreshing gitu? That’s a big wrong, dude!

Saat kamu ke Kampung Inggris, kamu bisa menyaksikan ada banyak sekali tempat hangout keren di sini. Mulai dari kawasan Riverside, Brawijaya, Kemuning, semuanya dipenuhi cafe yang benar-benar cocok untuk millenials.

Kalau kamu bosan dengan cafe dan semacamnya, kamu bisa hangout ke macam-macam tempat wisata di sini lho. Misalnya Simpang Gumul, Kebun Bibit, Kebun Bunga Matahari, Goa Selomangleng, dan masih banyak lagi.

9. Sepeda Kayuh Jadi Transportasi Umum

Di Kampung Inggris Pare, sepeda kayuh jadi transportasi umum yang paling banyak digunakan. Kalau kamu berasal dari daerah yang jauh nih, kamu nggak usah bingung mau pakai kendaraan apa buat kursus, main, dst. Karena ada banyak banget tempat sewa sepeda kayuh yang bisa kamu pilih di sini.

Lalu…apa nggak boleh bawa kendaraan pribadi seperti motor atau mobil pas kursus? Emm…boleh sih, tapi tidak direkomendasikan karena biasanya tempat parkir di camp terbatas. Daripada repot, mending sewa sepeda aja, kan? Harga sewanya murah banget kok, hanya 70 sampai 100 ribu per bulannya.

10. Biaya Hidup Murah Banget

Last dan yang terpenting nih, biaya hidup di Kampung Inggris Pare itu murah banget! Meski kawasan ini sudah padat penduduk, tapi harga makanannya tetap sangat terjangkau. Kalau di tempat asalmu, kamu beli ayam geprek dengan harga 15 – 20 ribu, di sini dengan 8 – 10 ribu saja kamu sudah bisa menikmatinya.

Biaya hidup yang murah ini bakal membantu kamu berhemat selama kursus di Kampung Inggris. Jadi uang hasil kiriman ortu bisa kamu pakai untuk hal-hal lainnya deh.

 

Itulah 10 fakta terbaru dari Kampung Inggris Pare yang harus kamu ketahui! Ingat, sebelum memutuskan ke sini, pertimbangkan dulu fakta-fakta di atas ya. Karena belajar bahasa Inggris di Pare membutuhkan persiapan yang matang, terutama untuk kamu yang asalnya dari jauh. Jangan sampai keraguanmu membatalkan tekadmu untuk ke Kampung Inggris ya!