kosakata bahasa inggris

Bagi English learner, kosakata adalah hal paling krusial yang wajib dipelajari. Dibandingkan materi-materi lain seperti grammar dan semacamnya, kosakata malah jadi yang terpenting. Sebab, tanpa menghafal kosakata, seseorang akan kesulitan mahir dalam bahasa Inggris.

Masalahnya, kosakata bahasa Inggris jumlahnya sangat banyak. Apalagi tiap tahunnya, lembaga bahasa Inggris merilis kosakata baru dalam kamus resminya. Supaya kamu makin banyak hafalannya Supaya kosakatamu makin bertambah, berikut ini beberapa kosakata bahasa Inggris baru yang perlu kamu ketahui.

Kosakata Bahasa Inggris Yang Sebelumnya Tidak Pernah Masuk Kamus

Oxford Dictionary adalah kamus bahasa Inggris resmi yang paling banyak digunakan masyarakat dunia. Kamus keluaran Universitas Oxford ini rutin mengeluarkan update kosakata Bahasa Inggris baru setiap tahunnya. Meski terdengar sedikit aneh, kata-kata di bawah ini sudah dinyatakan resmi oleh Oxford lho!

Muggle

Bagi kamu yang menyukai Harry Potter, kamu pasti tidak asing dengan istilah “Muggle”. 2015 lalu, istilah buatan JK Rowling ini masuk menjadi salah satu kosakata bahasa Inggris resmi Oxford lho!

Dalam serial Harry Potter, muggle adalah kaum non-sihir yang tidak punya kemampuan sihir sama sekali. Sedangkan berdasarkan definisi Oxford Dictionary, muggle diartikan sebagai seseorang yang tidak punya skill di bidang tertentu.

Example:

  • He’s a muggle in soccer (dia adalah orang yang tidak ahli bermain sepakbola).
  • She was a muggle in dancing but now she proves herself not (dia tadinya tidak bisa menari tapi dia berhasil membuktikan bahwa dirinya bisa).

Serendipity

Pernah dengar kosakata bahasa Inggris Serendipity? Sudah tahu apa itu Serendipity?

Sebelum tahun 2000an, kata Serendipity masih belum dinyatakan sebagai istilah resmi. Pasalnya, kata tersebut dianggap terlalu panjang untuk diucapkan. Salah satu perusahaan penerjemah Inggris bahkan menyebut kata ini sebagai salah satu kata yang paling sulit diterjemahkan.

Serendipity menurut kamu bahasa Inggris Oxford artinya “penemuan yang menyenangkan” atau sesuatu yang membahagiakan yang tiba-tiba terjadi.

Example:

  • Meeting with him is kind of serendipity (bertemu dengannya adalah sebuah kebetulan yang menyenangkan)

Eucatastrophe

Kalau kata Muggle ditemukan oleh penulis Harry Potter, kata “eucatastrophe” ditemukan oleh penulis legendaris JRR Tolkien. Kosakata bahasa Inggris ini dibuat Tolkien tahun 1944, dan ia menjadikannya sebagai konsep dasar dari trilogi The Lord of The Rings.

Eucatastrophe akhirnya berhasil masuk ke dalam Oxford Dictionary dan diartikan menjadi “kejadian tiba-tiba yang mengubah akhir cerita menjadi bahagia”. Meski lebih umum digunakan sebagai istilah fiksi, kata eucatastrophe kini juga banyak digunakan sehari-hari.

Example:

  • He was nearly gotten expelled but suddenly his friend to give him a eucatastrophe (Tadinya dia mau dikeluarkan tapi tiba-tiba temannya datang memberikan jalan keluar).

Blurb

Blurb adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang artinya “kilasan dari keseluruhan cerita”. Dulunya, blurb lebih banyak digunakan oleh seniman sastra untuk menceritakan karyanya secara sekilas. Akan tetapi saat ini blurb juga banyak digunakan untuk iklan dan copywriting.

Kosakata bahasa Inggris satu ini bisa kamu gunakan untuk menyebut singkatan dari keseluruhan ceritamu. Misalnya, kamu mengalami sebuah peristiwa panjang, kamu bisa menceritakan “blurb”-nya saja.

Example:

  • I’ve got a long interesting story about meeting him that day, wanna hear its blurb? (Aku punya cerita yang panjang dan menarik saat bertemu dia hari itu, mau cerita singkatnya?)

Superman

Saat mendengar kata Superman, kita sekilas teringat dengan film superhero buatan DC Comic ya? Tapi tunggu dulu, yang membuat istilah Superman bukanlah kreator komik tersebut!

Istilah superman sebenarnya adalah salah satu kosakata bahasa Inggris yang telah muncul sejak lama. Berdasarkan kamus bahasa Inggris, superman bahkan memiliki arti yang lebih serius dibanding sekadar karakter fiksi komik.

Superman berarti sosok manusia yang ideal dengan kekuatan, kemampuan, atau kecerdasan melebihi manusia umumnya. Selain itu, superman juga menggunakan apa yang dimilikinya untuk menegakkan nilai-nilai keadilan.

Kamu bisa menggunakan istilah superman untuk menyebut seseorang yang menjadi pahlawan untuk sesuatu. Salah satunya untuk menyebut ayahmu.

Example:

  • He became a superman for his family (dia menjadi sosok yang luar biasa bagi keluarganya).

Cat  Café

Sebenarnya ada dua pengertian tersendiri dari kosakata bahasa Inggris cat café. Pengertian pertamanya, cat café adalah sebuah café yang menyediakan banyak kucing lucu untuk menghibur konsumen. Sedangkan pengertian keduanya adalah rumah yang punya banyak kucing.

Banyak pecinta kucing yang menjadikan rumahnya sebagai “cat café”. Bahkan kucing yang dimiliki bisa lebih dari lima orang. Jika kamu punya teman yang memiliki kucing sebanyak ini, kamu bisa menyebut rumahnya sebagai “cat café”.

Example:

  • You have four kittens born yesterday, your house gonna feel like a cat café, right? (Kamu punya empat bayi kucing yang baru lahir kemarin, rumahmu akan terasa seperti cat café bukan?)

Blamestorming

Pernah dengar istilah brainstorming? Kosakata bahasa Inggris ini sudah lahir sejak zaman dulu kala. Akan tetapi bagaimana dengan blamestorming?

Istilah blamestorming baru berhasil masuk ke Oxford Dictionary beberapa tahun terakhir. Kosakata ini digunakan untuk menyebut sekumpulan orang yang berkumpul untuk mencari si pembuat masalah.

Misalnya, sekelompok anak yang bermain bola tiba-tiba memecahkan kaca jendela sekolah. Untuk memecahkan masalah tersebut, seluruh anak yang bermain bola dikumpulkan dan diinterogasi bersama-sama.

Example:

  • We’ve gathered in the blamestorming tomorrow to find the real doer (kita akan dikumpulkan di sebuah blamestorming besok untuk menemukan pelaku aslinya)

Grrrl

Kosakata satu ini baru booming dalam dua tahun terakhir. Istilah Grrrl merupakan plesetan dari “girl” yang artinya perempuan. Kosakata bahasa Inggris satu ini punya arti perempuan yang tangguh dan punya kemampuan setara dengan pria.

Dulu saat awal-awal digunakan, istilah grrrl banyak dipakai oleh kaum feminis yang menuntut kesetaraan hak dengan pria. Akan tetapi saat ini penggunaannya jadi makin universal di kalangan remaja.

Terkait dengan cara pengucapan, istilah “girl” dan “grrrl” hanya berbeda sedikit. Pengucapan “grrrl” sedikit lebih berat dibanding dengan girl. Cara penggunaannya dalam kalimat sama seperti girl.

Example:

  • She can beat the boy in a fight, she’s the real grrrl (dia bisa mengalahkan laki-laki dalam perkelahian, dia benar-benar seorang wanita yang kuat).

Threequel

Sebelumnya dalam dunia film, kita mengenal istilah seperti prequel dan sequel. Nah, saat ini peneliti bahasa telah menemukan istilah baru, yaitu threequel.

Selama ini, kita mengenal istilah sequel sebagai film kelanjutan dari film sebelumnya. Akan tetapi istilah sequel hanya berlaku untuk film yang berada tepat di bawah film pertama.

Sementara itu, kosakata bahasa Inggris threequel berarti film ketiga yang menjadi lanjutan film pertama. Setelah sequel rilis, film yang dirilis setelahnya dan memiliki plot lanjutannya disebut threequel.

Example:

  • Mockingjay is a threequel from Hunger Games the series (film Mockingjay adalah film ketiga dari seri Hunger Games).

Akan tetapi istilah threequel menjadi bahan candaan bagi orang-orang yang mendengarnya. Jika untuk film ketiga ada sebutannya sendiri, mengapa peneliti bahasa tidak membuat istilah untuk film keempat dan seterusnya?

Bae

Bae awalnya adalah istilah slang yang banyak digunakan remaja di Amerika. Akan tetapi setelah penggunaannya selama bertahun-tahun, istilah bae diresmikan menjadi kosakata bahasa Inggris yang masuk dalam kamus.

Bae adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang disayangi, atau bisa juga seseorang yang memiliki hubungan asmara dengan penyebut. Istilah ini bisa digunakan sebagai pengganti sebutan “boyfriend” atau “girlfriend”.

Example:

  • I’ll meet my bae at a mall this Sunday morning (aku akan bertemu kekasihku di mall Minggu pagi ini).

Yup

Ingin tahu cara lain menyebut kata yes? Selama ini, kamu bisa mengganti kata yes dengan yeah, yup, ya, dan yas. Akan tetapi kamu juga bisa mengganti kata yes dengan “yup”!

Jujur saja, istilah yup sudah masuk ke dalam kamus bahasa Inggris sejak lama sekali. Akan tetapi penggunaannya baru masif di Indonesia beberapa tahun terakhir. Dikarenakan yup awalnya hanya sebagai slang, bukan kalimat formal.

Biasanya kosakata yup tidak memiliki akhiran penjelasan, melainkan cukup tanda seru saja. Jadi sebaiknya kamu hanya menggunakannya saat penanya memang hanya butuh jawaban “ya”.

Example:

  • Norman : “Do you want to go to that park, Emma? I want to go there now!”
  • Emma    : “Yup!”

Splendiferous

Dalam kamus Oxford terbaru, ada banyak kosakata bahasa Inggris yang bisa jadi alternatif kosakata lainnya. Dan kata splendiferous menjadi salah satunya.

Splendiferous bisa kamu gunakan sebagai pengganti kata “splendid”. Keduanya memiliki arti yang sama, hanya saja bedanya splendiferous digunakan di kondisi yang lebih informal dan menyenangkan.

Jadi saat dalam kondisi formal, sebaiknya kamu tetap menggunakan kata “splendid” untuk mengekspresikan kebahagiaan. Sementara itu, kata splendiferous bisa kamu gunakan saat berkumpul bersama kerabat dan teman-teman dekatmu.

Example:

  • The show is so splendiferous I couldn’t stop laughing at it (pertunjukannya sangat menyenangkan sampai aku tidak bisa berhenti tertawa).

Selfie

Sering menggunakan bahasa selfie? Di Indonesia, penggunaan yang benar untuk kata selfie menurut kamus adalah “swafoto”. Tapi eits, bukan di Indonesia saja sebutan selfie dianggap tidak baku.

Saat pertamakali populer pada awal 2015, istilah selfie juga tidak masuk dalam kamus bahasa Inggris resmi mana pun. Entah itu kamus Cambridge atau Oxford. Akan tetapi saat ini kedua kamus tersebut telah meresmikan selfie sebagai kosakata baku.

Selfie sendiri dibentuk dari kata “self” yang artinya sendiri. Istilah ini digunakan untuk menyebut kegiatan memotret diri sendiri dengan kamera. Lalu sebenarnya, istilah selfie ini termasuk dalam noun atau verb?

Sementara ini, istilah selfie hanya dianggap sebagai noun saja. Jadi penggunaannya dalam kalimat harus tetap sebagai kata benda.

Example:

  • She likes doing the selfie so much (dia sangat suka melakukan selfie).

Upstander

Kosakata bahasa Inggris satu ini sama heroiknya dengan “superman”, lho! Istilah upstander baru marak pada beberapa tahun terakhir, terutama saat kasus bullying marak terjadi di dunia.

Kata dasar upstander – upstand sebenarnya ada sejak lama. Makna dari kata upstand hanya sekadar bangkit dalam posisi berdiri. Akan tetapi kata turunannya, upstander, memiliki makna yang sama sekali berbeda.

Upstander adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang membela orang-orang yang terkena tindasan, terutama bullying. Singkatnya, upstander dalam bahasa Indonesia bisa disebut sebagai “pembela”

Example:

  • He becomes an upstander after seeing his friend being bullied. (Dia jadi seorang pembela setelah melihat temannya dibully).

Hangry

Last but not least, kosakata ini bisa jadi plesetan untuk menyebut kata “hungry”. Tapi sama seperti kata grrrl, kata ini sudah masuk dalam kamus resmi bahasa Inggris lho!

Istilah hangry memiliki arti “kemarahan yang terjadi karena lapar”. Saat kelaparan, sebagian besar orang memang bisa berubah karakternya menjadi pemarah bukan?

Penggunaany kata hangry lebih mirip seperti “angry” dibandingkan dengan “hungry”, ya! Jadi jangan terbalik jika ingin menggunakannya.

Example:

  • She gets very hangry because the breakfast comes late (dia menjadi sangat marah karena sarapannya datang terlambat).

 

Nah, itu dia semua kosakata bahasa Inggris baru yang bisa kamu gunakan sehari-hari! Beberapa kata di atas hanya pantas digunakan di acara informal, ya, jadi tetap hati-hati saat memilih kata!

Kalau kamu ingin belajar lebih banyak, kamu bisa langsung datang ke Kampung Inggris Pare, ya! Ajak teman-temanmu supaya kamu bisa belajar bersama partner dan pintar bahasa Inggris bersama-sama.

Kampung Inggris Search :

  • https://kampunginggrispare info/amp/15-kosakata-bahasa-inggris-baru/
  • Kosa kata kampung inggris