belajar bahasa inggris melalui game

Pengen belajar bahasa Inggris tapi berat meninggalkan game-mu? Tenang, kamu bisa kok belajar tanpa mengorbankan waktumu buat nge-game! Karena faktanya, ada banyak video game yang bisa membantumu mengasah skill bahasa Inggrismu.

Ini bukan kata-kata ngasal, lho. Efek game pada proses belajar sudah diteliti oleh banyak ilmuwan. Menurut penelitian tersebut, game bisa meningkatkan kemampuan reading dan listening. Bahkan game multiplayer juga bisa meningkatkan kemampuan writing seorang gamers.

Sudah nggak sabar ingin tahu mana saja game yang bagus untuk belajar bahasa Inggris? Check this out!

Player Unknown Battlegrounds

Rasanya wajar kalau PUBG masuk daftar pertama game untuk belajar bahasa Inggris versi Kampung Inggris LC. Game yang baru dirilis 2 tahun lalu ini telah menyita perhatian seluruh gamers di dunia. Konsep permainan yang diangkat memang nggak baru, tapi grafik 3D-nya lah yang membuat game ini menarik.

PUBG adalah game yang cocok untuk mengasah kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Dengan konsep permainan duelnya, kamu bisa bertemu dengan gamers PUBG lain di seluruh dunia. Selain itu, kamu juga berkesempatan memilih tim dari berbagai negara.

Fortnite

Fortnite adalah game kedua yang nggak kalah keren dari PUBG. Sama seperti PUBG, game ini akan mengasah kemampuan komunikasimu dalam bahasa Inggris. Dijamin setelah main Fortnite dengan serius, kamu akan lebih baik kemampuan bahasa Inggrisnya.

Yang membuat Fortnite lebih seru dari PUBG adalah quest-nya yang meliputi duel melawan zombie. Selain itu, ada tiga versi game Fortnite yang bisa kamu pilih sesuai kesukaanmu, yaitu Save The World, Battle Royale, dan Creative.

Call of Duty

Bagi gamers veteran, nama Call of Duty pasti nggak asing. Game tembak-tembakan super seru ini sudah rilis sejak tahun 2003, dan terus diperbarui versinya sampai ke versi Black Ops 4 tahun lalu.

Game ini bukan hanya akan membantumu belajar bahasa Inggris saja. Dengan memainkan game ini, kamu bisa belajar istilah-istilah militer yang digunakan di berbagai kondisi perang. Mulai dari Perang Dunia II sampai perang di dunia futuristik. Kamu nggak bakal bosan deh belajar bahasa Inggris dengan memainkan game terlaris satu ini.

Dragon Age: Origin

Pernah dengan istilah Role-Play Game (RPG)? Kalau belum pernah, berarti kamu bukan gamers yang sesungguhnya.

Selain game Player vs Player, RPG juga jadi salah satu jenis game terlaris di dunia, lho. Bahkan kalau untuk segmen mobile game, RPG lebih laris manis dibandingkan dengan game-game sekelas PUBG dan kawan-kawannya.

Oke, tapi kita sedang membahas Dragon Age: Origins, ya. Jadi game satu ini adalah RPG yang bisa kamu mainkan di komputer. Dengan memainkan Dragon Age, kamu bisa mempelajari istilah-istilah bahasa Inggris dari negeri fantasi. Yep, karena environment game ini terinspirasi dari universe The Lord of The Ring dan A Song of Ice and Fire.

Deponia

Suka memecahkan misteri? Suka game yang fun tapi bisa meningkatkan kemampuanmu dalam mengatur strategi? Game ini harus jadi pilihanmu!

Selain membantumu belajar bahasa Inggris, Deponia bisa menjadi game selingan yang sangat menghibur. Kalau kamu bosan dengan ketegangan yang ditimbulkan game-game seperti Fortnite dan PUBG, kamu bisa coba memainkan game satu ini.

Meski game ini banyak komedinya, Deponia sama laris manisnya loh dengan game-game thriller. Hingga saat ini, banyak gamers di dunia yang masih memainkan Deponia, lho! Game ini juga banyak dipakai guru bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan listening dan speaking murid-muridnya.

Star Wars: Knights of The Old Republic

Game ini adalah game lawas, tapi…siapa sih yang nggak suka Star Wars? Meski sudah belasan tahun dibuat, game ini toh masih ramai peminat. Itulah alasannya kenapa game ini diperbarui lagi di tahun 2011 sebagai game MMORPG.

Saking banyaknya pemain game Star Wars: Knights of the Old Republic, majalah Time pada tahun 2012 menobatkan game ini sebagai salah satu game terlaris sepanjang sejarah.

Game ini akan mengajarkanmu bahasa Inggris dalam konsep futuristik plus luar angkasa. Jadi kamu akan belajar banyak istilah baru saat memainkan game ini.

Life is Strange

Game ini adalah salah satu game terbagus untuk belajar bahasa Inggris, terutama untuk kamu yang lemah di reading dan writing. Dengan memainkan Life is Strange, kamu bisa berpetualang, berkomunikasi dengan karakter game, dan memilih jalur cerita yang tepat untuk duniamu.

Jadi game ini  menceritakan seseorang bernama Max Caulfield yang dianugerahi kemampuan untuk mengulang waktu. Akan tetapi kemampuannya menimbulkan the butterfly effect yang berdampak pada kehancuran dunianya.

Supaya dunianya tidak hancur, Max harus memilih berbagai plot tindakan yang beragam. Kalau sampai analisismu salah, maka kamu bisa menghancurkan dunia tempat Max tinggal.

Karena setting-nya dalam bahasa Inggris, maka kamu harus benar-benar paham pilihan tindakan yang disediakan untukmu. Jadi kalau kamu tidak lancar readingnya, kamu akan mudah kalah saat memainkan game ini.

Detroit: Become Human

Detroit adalah RPG yang memiliki konsep cerita berupa serentetan kasus kecil yang ternyata saling berkesinambungan. Bagi kamu yang ingin menantang hasil belajar bahasa Inggris selama ini, kamu bisa memainkan game satu ini.

Game yang dibuat di UK ini menggunakan bahasa Inggris yang cukup advanced. Kamu diharuskan membaca kasus yang tersedia dan memecahkannya dengan benar. Kalau jawabanmu salah, kamu bisa membuat karakter-karakter yang tidak berdosa meninggal dunia.

Yang unik dari game ini adalah tidak adanya opsi game over, bahkan jika kamu gagal menjawab semua kasus dengan tepat. Tapi semakin banyak kamu salah, kamu akan membuat lebih banyak “orang” menderita.

Akibat konsep ceritanya yang mendalam, game ini telah meraih berbagai penghargaan. Meski sudah dirilis tiga tahun lamanya, hingga 2019 ini Detroit: Become Human terus banjir penghargaan.

Civilization

Saat kamu memainkan game ini, kamu akan belajar menata sebuah negaramu sendiri, dan melindunginya dari serangan negara lain. Karena kamu bertindak sebagai seorang kepala negara, maka otomatis kamu akan belajar istilah bahasa inggris di dunia pemerintahan dan politik. Dalam beberapa kondisi, kamu juga akan belajar istilah bahasa inggris di dunia manajemen juga.

Meski versi pertamanya sudah rilis lebih dari 20 tahun lalu, sampat saat ini Civilization masih punya banyak fans. Bukan fans biasa, tapi fans Civilization biasanya adalah fans yang loyal. Bahkan para gamers Civilization menyebut game ini sebagai game strategi paling penting yang pernah diciptakan.

Kamu mau belajar bahasa Inggris dengan serius lewat game? Game ini harus jadi prioritasmu!

Fable

Game ini cocok dimainkan untuk kamu yang baru belajar bahasa Inggris. Bahasa yang digunakan dalam game ini sangatlah sederhana. Akan tetapi game ini bukan game biasa lho, karena game ini punya konsep cerita yang dalam dan sedikit dark.

Yang membuat game ini sangat unik adalah adanya dua tujuan yang harus kamu pilih salah satunya. Tujuan pertama adalah untuk menjadi seseorang yang menyelamatkan negara dan rela mengorbankan apa saja (termasuk masyarakat). Sedangkan tujuan kedua adalah untuk menjadi seseorang yang menolong masyarakat sekitar.

21 Days

Game ini, barangkali, adalah game paling simpel dalam list ini. Meski demikian, game ini sangat ampuh lho untuk praktik bahasa Inggris. Terutama untuk kamu yang tidak punya waktu banyak untuk main game.

21 Days menceritakan kehidupan pengungsi perang yang berkumpul di satu tempat berbahaya. Tugasmu dalam game ini adalah untuk kabur dari tempat pengungsian tersebut menuju tempat yang lebih aman. Konsep yang benar-benar realistis, bukan?

Game 21 Days murni menggunakan teks untuk menjalankan game. Melalui teks yang muncul di depan layar, kamu bisa membuat karakter yang kamu perankan untuk melakukan sesuatu. Bahasa yang digunakan game ini cukup sederhana, kok. Kamu pasti bisa dengan mudah memahami teks yang muncul.

Orwell: Keeping an Eye on You

Di game ini, kamu akan berperan sebagai seorang yang terus menerus membaca pesan, jadi game ini cocok untuk praktik reading.

Meski kerjaaanmu lebih banyak membaca, game  ini sama sekali tidak membosankan, kok. Sebab pesan-pesan yang kamu baca didapat dari curhatan dan laporan warga yang kesulitan di tengah pemerintahan otoriter.

Di dalam game ini, kamu akan bertindak sebagai seorang yang diberi tanggungjawab untuk melindungi para warga dari penindasan. Akan tetapi setiap manusia punya keluhan yang berbeda. Jadi kamu akan sering berhadapan dengan dilema untuk menolong satu pihak dan mengabaikan lainnya.

Fate/Grand Order

Suka game duel yang seru, karakter keren, dengan bahasa Inggris yang sederhana? Kamu bisa pilih RPG satu ini nih, Fate/Grand Order! Game yang diproduksi di Jepang ini masih jadi game sejuta umat lho sampai sekarang.

Saat memainkan game FGO, kamu akan berperan sebagai tokoh utama dalam skenario game. Nantinya setiap karakter game di FGO punya cerita masing-masing yang bisa kamu baca.

Selain bertarung mati-matian melawan karakter game lainnya, di sini kamu sekaligus akan belajar istilah-istilah di bidang sejarah dan fantasi. Sebab, hampir seluruh karakter di FGO terinspirasi dari tokoh-tokoh mitologi atau sejarah.

Uncharted 4: A Thief’s End

Game rilisan terbaru dari seri Uncharted ini akan menguji kemampuanmu dalam mengambil tindakan dengan cepat. Jadi buat kamu yang baru belajar bahasa Inggris, game ini mungkin akan sedikit sulit dimainkan.

Tapi…seriously, game ini bisa menguji kecepatanmu dalam memahami ungkapan dalam bahasa Inggris. Karakter yang kamu mainkan di sini – sang protagonis – hidup matinya tergantung pada keputusan dan tindakan yang kamu ambil.

Lebih dari itu, seri keempat Uncharted ini sudah disupport dengan teknologi AI. Setiap kali kamu mengambil tindakan, musuhmu bisa dengan mudah membaca tindakanmu. Jadi kalau kamu tidak pintar-pintar menganalisis, kamu akan kesulitan memenangkan game ini.

The Elder Scrolls V: Skyrim

Ingin memainkan game strategi yang seru dengan teknologi Virtual Reality (VR)? Game ini bisa jadi prioritasmu!

The Elder Scrolls V: Skyrim adalah game lengkap yang akan menguji kemampuan perang, strategi, sekaligus kreativitasmu. Saat bermain, kamu bukan hanya akan diminta bertarung dan bertarung. Tapi kamu juga akan menjalani hidup seperti biasa di dalam game.

Dikarenakan luasnya lingkup permainan game ini, The Elder Scrolls V: Skyrim cocok buat kamu yang ingin praktik vocabulary.

 

Itulah 15 game rekomendasi untuk belajar bahasa Inggris! Jadi nggak ada alasannya buat nggak mau belajar bahasa Inggris lagi ya! Karena saat ini, ada banyak cara menyenangkan buat belajar bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan.

Kalau kamu ingin belajar yang lebih intensif lagi, kamu bisa kok datang ke Kampung Inggris Pare! Di sini, kamu bakal ketemu para tutor yang muda, keren, dan seru cara mengajarnya. Mau diajak main game? Para tutor di Kampung Inggris LC juga mau kok hehehe 😀