vocabulary bahasa inggris tercantik

Siapa sangka, di antara ratusan ribu vocabulary bahasa Inggris, ada beberapa kata yang cantik, baik dari segi pronunciation atau susunan hurufnya. Kata-kata cantik ini cocok nih, untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan pronunciation-mu! Simak vocabulary bahasa Inggris nan unik berikut ini ya!

Aurora

Apa yang kamu pikirkan saat mendengarkan kata “aurora”? Dalam istilah sains, aurora diartikan sebagai efek tarian cahaya yang terjadi secara alami di langit. Keajaiban tersebut terjadi akibat perbedaan suhu yang ekstrim yang terjadi di kutub.

Akan tetapi ternyata ada pengertian lain dari aurora lho! Dalam sastra Inggris, aurora memiliki arti the dawn atau fajar. Seperti yang kita tahu, saat fajar, di horizon kita bisa melihat garis hijau yang mengelilingi bumi bagian timur. Sebagai tanda bahwa matahari akan menyingsing.

Nah, warna hijau yang terjadi saat fajar dengan warna hijau aurora di kutub sekilas tampak sama. Itulah alasannya kenapa orang Inggris menyebut fajar sebagai “aurora”.

Comely

Kamu pasti masih sangat jarang mendengarkan kata “comely” bukan? Menurutmu, apa arti dari kata tersebut? Salah! Artinya bukan datang, lho! Meski pun dimulai dengan kata “come”, istilah comely punya pengertian yang berbeda sama sekali.

Dalam bahasa Inggris, kata comely memiliki arti “cantik dan mempesona”. Kata comely biasa digunakan untuk mendeskripsikan seorang wanita yang sangat cantik dan menarik.

Effervescent

Sebenarnya kalau dilihat artinya, effervescent punya terjemahan yang biasa saja. Akan tetapi…coba kamu lafalkan kata effervescent, benar-benar menimbulkan sensasi lain kan?

Nah, kamu tahu, effervescent merupakan sinonim dari bubbly, yang artinya “berbusa”. Jadi kapan-kapan kalau kamu butuh menggunakan kata berbusa, lebih baik menggunakan effervescent dibandingkan bubbly, kan?

Serendipity

Baru-baru ini, jagad industri film Indonesia merilis sebuah film keren berjudul Serendipity. Apakah kamu menontonnya? Dan apakah kamu paham apa arti vocabulary bahasa Inggris tersebut? Kalau belum tahu, wajar, karena kata serendipity memang baru masuk ke dalam kamus bahasa Inggris.

Serendipity merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut keberuntungan yang datang tiba-tiba. Kamu bisa menggunakan kata serendipity ini saat kamu mendapat kebahagiaan yang tidak terduga.

Petrichor

Petrichor adalah istilah yang digunakan untuk menyebut aroma tanah setelah tersiram hujan. Bagi sebagian orang, bau tanah setelah hujan itu bisa bikin hati adem, lho!

Nah, di Indonesia, tidak ada istilah khusus untuk menyebut tanah yang baru disiram hujan. Akan tetapi di Inggris, para native speakers menggunakan istilah “petrichor” untuk menyebut “bau hujan”. Bisa nih, jadi referensi buat kamu yang suka bau hujan!

Elixir

Bagi kamu yang menggilai Harry Potter, kamu pasti tidak asing dengan istilah “elixir”. Yep, di dunia sihir Harpot, istilah elixir digunakan untuk menyebut ramuan-ramuan yang memiliki efek psikologis tertentu. Misalnya Eliksir Kehidupan, Eliksir Felix Felicis, dan sebagainya.

Nah, secara umum istilah elixir ternyata punya makna tersendiri lho! Native speakers sering menggunakan kata elixir untuk menyebut minuman yang baik, entah itu untuk mental atau pun fisik.

Solitude

Pernahkah kamu merasa ingin sendirian? Malah merasa damai di tengah kesepian? Nah, perasaan nyaman yang kamu dapat itu sebutan bahasa Inggris-nya adalah solitude.

Menurus kamus bahasa Inggris, solitude memiliki arti perasaan sendiri yang menenangkan. Jika kamu malah merasa lega di tengah kesendirian, itu artinya kamu sedang merasakan perasaan solitude. Jadi paham bagaimana cara menggunakan vocabulary bahasa Inggris satu ini?

Clinomania

Suka mager pas bangun tidur? Itu artinya kamu adalah seorang clinomania. Yep, clinomania artinya adalah orang yang suka bermalas-malasan di atas kasur seharian.

Dalam kamus bahasa Inggris, clinomania dideskripsikan sebagai berikut: “an excessive desire to stay in bed”. Kalau kamu suka berlama-lama mager di atas kasur, itu artinya kamu mengidap “clinomania”. Sebutan untuk orang yang mengidap clinomania adalah clinomaniac.

Euphoria

Vocabulary bahasa Inggris satu ini…mungkin kamu sudah sering mendengarnya. Euphoria dalam bahasa Indonesia berarti sensasi menyenangkan yang timbul di dalam diri seseorang yang tidak biasa. Biasanya seseorang yang sedang euphoria akan merasakan kebahagiaan yang teramat sangat, tidak pernah dirasakan siapa pun seumur hidupnya.

Biasanya, perasaan euphoria cenderung dirasakan oleh orang yang mengonsumsi obat-obatan terlarang. Akan tetapi tidak hanya pengguna narkotika saja, lho, yang bisa merasakan euphoria. Saat kamu sedang merasakan kebahagiaan yang jarang atau belum pernah kamu rasakan, itu berarti kamu sedang euphoria juga.

Sequoia

Sequoia sebenarnya merupakan nama dari salah satu genus pohon merah yang biasa tumbuh di Amerika. Nama yang cukup cantik, bukan? Di dalam kata “sequoia”, kita bisa melihat lima huruf vokal sekaligus!

Istilah sequoia biasanya diidentikkan dengan sesuatu yang indah, damai, dan menenangkan. Sequoia juga cocok digunakan untuk mendeskripsikan gadis yang cantik, menyenangkan, tapi juga menenangkan.

Ethereal

Ethereal memiliki makna filosofis yang benar-benar tinggi. Sebenarnya kata ini merupakan sinonim dari kata “beautiful”, akan tetapi ethereal lebih bermakna sebagai kecantikan yang paripurna. Kecantikan yang tidak tampak secara fisik saja, tapi juga dari kesan dan kharisma.

Secara harfiah, ada dua makna ethereal, yang pertama adalah sesuatu yang tidak tampak tapi terasa. Sedangkan yang kedua adalah kecantikan yang terlalu tinggi sampai rasanya mustahil ditemukan di dunia.

Fetching

Sama seperti ethereal, fetching juga merupakan sinonim dari cantik. Akan tetapi cantiknya fetching lebih cenderung pada imut dan menarik.

Misalnya nih, kamu ingin memuji teman cewekmu yang usianya masih belasan. Cewek tersebut tampak sangat menarik dalam balutan baju kasual yang dikenakannya. Kamu bisa memujinya dengan kata “fetching”.

Mellifluous

Pernahkah kamu mendengarkan sebuah suara yang sangat merdu dan menggetarkan perasaanmu? Daripada kamu memuji suara tersebut dengan kata “good” saja, kamu bisa memujinya dengan kata “mellifluous”.

Mellifluous adalah vocabulary bahasa Inggris yang artinya suara manusia atau musik yang menyenangkan saat didengar. Istilah satu ini berasal dari bahasa Latin yang artinya “suara yang semanis madu”.

Onomatopoeia

Onomatopoeia adalah istilah yang digunakan untuk menjuluki suara benda yang menyerupai suara aslinya. Misalnya dalam bahasa Inggris, istilah “cracking” memiliki makna suara patah dari benda yang keras. Nah, istilah cracking ini diambil dari bunyi yang timbul saat sebuah benda patah.

Saat kamu mencoba mematahkan sebuah kayu misalnya, kayu tersebut akan mengeluarkan bunyi “crack” bukan? Nah, berdasarkan bunyi tersebut, jadilah vocabulary berbunyi cracking.

Quintessential

Dalam bahasa Inggris, kata essential selama ini dianggap sebagai level kata tertinggi dalam hierarki kata “important”. Di bawah essential, kamu bisa menemukan kata important, primary, dan semacamnya. Ternyata, masih ada satu kata lagi yang lebih tinggi dibandingkan essential, lho!

Kata yang memiliki arti “the most essential” tersebut adalah quintessential. Terdengar cantik, bukan? Penggunaan kata quintessential bisa diterima, akan tetapi biasanya kata ini dianggap sebagai colloquial, yang artinya kurang efisien untuk digunakan.

Panacea

Panacea adalah vocabulary bahasa Inggris lain yang bisa kamu gunakan jika ingin menyebut kata “solusi”. Yep, dalam bahasa Inggris, panacea berarti sebuah solusi atau perbaikan dari segala jenis masalah dan penyakit.

Istilah satu ini sudah terkenal sejak tahun 1800-an, akan tetapi penggunaannya baru masih sejak tahun 2000 ke bawah.

Nah, istilah panacea tidak bisa digunakan oleh segala jenis solusi. Sebab istilah ini hanya berlaku untuk satu solusi yang bisa menyelesaikan banyak masalah sekaligus. Berapa banyak solusi di dunia ini yang berlaku untuk segala jenis masalah?

Nemesis

Kalau kamu mendalami mitologi Yunani, kamu mungkin kenal dengan istilah “nemesis”. Di dalam mitologi Yunani, ada seorang dewi yang bernama Nemesis, Dewi Balas Dendam.

Dalam perkembangannya, istilah Greek ini kemudian diadaptasi menjadi bahasa Inggris. Akan tetapi maknanya mengalami pergeseran. Nemesis dalam kamus bahasa Inggris berarti rival abadi yang memiliki karakteristik bertolak belakang. Contoh hubungan nemesis adalah hubungan Harry Potter dan Voldemort, hubungan Avengers dengan Thanos, dan sebagainya.

Eloquence

Vocabulary bahasa Inggris satu ini pasti sudah sering kamu dengar juga, bukan? Terutama bagi kamu yang sudah belajar bahasa Inggris di tingkat advanced, istilah eloquence pasti sudah tidak asing untukmu.

Eloquence adalah kata lain dari “fluent”, yang artinya fasih. Akan tetapi eloquence hanya berlaku untuk orang yang fasih berbicara dan menulis saja. Kefasihan ini diukur dari tingkat persuasif pidato atau tulisan yang diberikan.

Lithe

Lithe adalah istilah bahasa Inggris yang digunakan untuk menyebut seseorang atau sesuatu yang enak dijadikan sandaran. Menurut kamus bahasa Inggris, lithe memiliki arti mapan, fleksibel, dan lembut. Jadi selama apa pun kamu bersandar, dengan posisi apa pun, kamu tetap bisa merasakan kenyamanan bersandar di benda/tubuh tersebut.

Ineffable

Ineffable adalah istilah yang bisa kamu gunakan untuk menyebut sesuatu yang sulit dideskripsikan dengan kata-kata. Hal ini disebabkan oleh saking besarnya pengaruh dari sesuatu tersebut. Umumnya, para sastrawan Inggris masih menggunakan kata ini untuk membuat puisi atau karya sastra semacamnya.

Akan tetapi saat ini, penggunaan kata ineffable sudah mulai jarang. Orang sekarang umumnya lebih suka mengatakan “indescribable”.

Nefarious

Istilah nefarious cukup banyak digunakan dari dulu hingga sekarang. Nefarious terutama masih sering digunakan oleh jurnalis yang ingin menggunakan kata lain dari “cruel” atau “wicked”.

Berbeda dengan cruel dan wicked, nefarious biasanya lebih kerap digunakan untuk pihak yang berkuasa. Misalnya jika ada rezim pemerintah yang terlalu otoriter pada rakyatnya, maka pemimpin negara tersebut bisa disebut sebagai “nefarious”.

Evocative

Evocative adalah vocabulary bahasa Inggris yang artinya sangat berkesan. Kesan evocative ini bisa kamu alami saat kamu mendengarkan pidato, membaca tulisan, atau membaca buku yang membuat hidupmu berubah.

Sekilas, evocative memiliki kesamaan arti dengan persuasive. Akan tetapi keduanya memiliki perbedaan yang cukup kelihatan. Dalam persuasive, “pengaruh” memang sengaja ditanamkan. Akan tetapi dalam evocative, orang yang melakukan evocative tidak punya kepentingan langsung untuk menanamkan pengaruh.

Epiphany

Epiphany adalah kesan yang terjadi saat kamu tiba-tiba mendapat pencerahan setelah mengalami kebuntuan. Biasanya perasaan epiphany akan kamu dapatkan secara tiba-tiba dan tanpa sengaja. Kalau dalam bahasa Indonesia, istilah epiphany paling mirip artinya dengan “ilham”.

Kalau kamu tiba-tiba mendapatkan solusi atau ide tanpa berusaha mencarinya, itu berarti Tuhan sedang memberimu sebuah “epiphany”.

Cherish

Cherish adalah vocabulary bahasa Inggris yang punya arti sangat manis. Dalam bahasa Indonesia, istilah cherish berarti menyayangi sesuatu sampai rela berkorban untuk hal tersebut. Pengertian lainnya adalah mencintai sesuatu dengan sepenuh hati.

Istilah cherish memiliki kedudukan yang setara dengan “love”. Akan tetapi penggunaan cherish lebih luas, karena cherish juga bisa diartikan dengan “sayang”. Berbeda dengan love yang artinya hanya “cinta” saja.

Plethora

Last but not least, vocabulary bahasa Inggris yang cantik satu ini memiliki arti “kelebihan”, atau istilah bahasa Inggris-nya “excess”. Berbeda dengan istilah-istilah sebelumnya yang lebih sering digunakan untuk keperluan sastra, plethora banyak digunakan untuk keperluan medis.

Di dunia medis, plethora memiliki arti darah atau cairan tubuh lain yang berlebihan jumlahnya. Misalnya saat seseorang mengalami pendaharan yang sangat parah, pendarahan tersebut bisa disebut sebagai “plethora”.

 

Nah, itulah daftar vocabulary bahasa Inggris tercantik yang bisa kamu hafalkan dan gunakan kapan pun! Anyway, vocabulary-vocabulary di atas mungkin masih sulit dipahami oleh teman-temanmu yang masih di level intermediate. Jadi kamu perkirakan sendiri ya kalau ingin menggunakan istilah-istilah tersebut.

Nah, kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris dan mengasah kemampuanmu lebih tinggi lagi, kamu bisa langsung datang ke Kampung Inggris! Di sini, kita semua bisa mempelajari bersama kemampuan bahasa Inggris yang lebih tinggi bersama para tutor jenius! Jadi ingat, kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris, segera datang ke Kampung Inggris LC ya!

Ingin tahu materi lain yang sama serunya? Yuk klik materi satu ini: 15 Peribahasa dalam Bahasa Inggris yang Artinya Sama dengan Peribahasa Indonesia