All Together atau Altogether

Back again with Kampung Inggris LC on Confusing Words Series! Hari ini, kami akan menunjukkan kepadamu dua kata yang sering disalahartikan penggunaannya, yaitu all together dan altogether. Sebenarnya gimana sih, perbedaan all together dan altogether?

All Together

All together adalah dua kata yang sering digandengkan penggunaannya dalam kalimat. Jika digabungkan seperti ini, dua kata tersebut membentuk satu pengertian, yaitu: “semuanya bersama-sama”. Menurut Cambridge Dictionary, all together memiliki arti “bersama-sama satu sama lain”.

Jadi in fact, all together sebenarnya sama saja dengan “together”. Akan tetapi bedanya, all together lebih bersifat sebagai himbauan untuk “bersama-sama” saat itu juga. Sedangkan “together” penggunaannya tidak terikat dengan kondisi apa pun.

Contoh penggunaan kata “all together” dalam kalimat ada di bawah ini ya!

Example:

  • And then, put the materials all together in a bowl
  • We’re all together in here to witness an outstanding speech from our champion
  • She was so happy to see her family all together again
  • Let’s all together dance to make a new history this day!
  • It’s time to sing all together now, one…two…three…and SING!

Kamu bisa menggunakan “all together” sebagai alternatif dari “together”.

Altogether

Selanjutnya kita akan membahas mengenai penggunaan altogether dalam kalimat. Sebenarnya perbedaan all together dan altogether benar-benar tipis. Altogether memiliki arti “sekaligus” atau juga bisa “secara keseluruhan”.

Contoh penggunaan kata “altogether” dalam kalimat ada di bawah ini ya, LCers.

Example:

  • Please count the costs of pen, book, and the ruler altogether
  • The lecturer explains the meaning of inflation and how inflation effects a country altogether
  • I can’t learn physic, maths, and biology altogether at once!
  • From this guidebook, you can learn how to plant strawberries and the strawberry recipes altogether
  • How could she lift 3 kids altogether?

Kamu bisa menggunakan kata “altogether” untuk menyebut “sekaligus” dalam bahasa Inggris.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan all together dan altogether! Diingat-ingat ya materinya, hitung-hitung tambah ilmu buat belajar bahasa Inggris hehehe…Anyway, kalau kamu cari kursus bahasa Inggris paling seru, datang langsung ke Kampung Inggris LC!

Kampung Inggris LC adalah lembaga kursus bahasa Inggris terbaik yang ada di Indonesia! Semua teacher yang ada di sini udah kebukti kemampuannya dalam berbahasa Inggris! Dijamin deh, kamu nggak bakal nyesel belajar di Language Center Pare bersama temen-temenmu!

Belum sempat datang ke Kampung Inggris LC? Coba deh kalo gitu belajar otodidak dulu melalui materi berikut: Kosakata Bahasa Inggris Tercantik yang Pernah Ada