perbedaan anyhow dan somehow

Okaaayyyy!!! Balik lagi ke Confusing Words Series Kampung Inggris LC! Kali ini, admin akan membahas mengenai perbedaan anyhow dan somehow disertai cara menggunakannya. Buat kamu yang ingin memperluas vocabulary supaya belajar bahasa Inggrisnya makin lancar, simak baik-baik ya! Karena di percakapan sehari-hari nanti, kata anyhow dan somehow juga akan sering kamu gunakan.

Anyhow

Sebenarnya dalam bahasa Inggris, ada peraturan tidak tertulis tentang perbedaan adverb yang diawali “any-“ dan “some-“. Umumnya, adverb berawalan “any-“ memiliki arti “whatever it takes-“ atau “apa pun yang terjadi…”.

Saat kamu menggunakan adverb berawalan “any-“, kamu berarti sedang menegaskan bahwa apa pun yang terjadi, kamu tetap pada pendirianmu. Kita bisa ambil contoh dari “anyhow”, yang artinya adalah “bagaimana pun juga...”. Selain itu, anyhow juga bisa diartikan sebagai “seenaknya”.

Contoh penggunaan kata anyhow dalam kalimat silakan kamu simak di bawah ini:

Example:

  • Anyhow, I won’t go if you don’t join me
  • She likes to dress anyhow, that’s why she’s so different from the other girls
  • Anyhow, it’s not something we have to worry too much

Somehow

Somehow, “somehow” is much less ambitious than “anyhow”, LCers. Jika dilihat dari definisi Cambridge Dictionary, somehow memiliki pengertian “dalam/dengan beberapa cara”.

Selain pengertian tersebut, somehow juga bisa diartikan sebagai “bagaimana pun”, dan dalam konteks inilah somehow sangat berbeda dengan anyhow. Seperti yang udah dibahas, anyhow bisa kamu gunakan saat kamu bersikeras dengan pendapatmu. Sedangkan somehow cenderung digunakan karena kamu tidak tahu bagaimana sesuatu terjadi, tapi kamu yakin bahwa itu terjadi.

Example:

  • Somehow he just disappeared without any trace
  • I know it wouldn’t be easy to live with you, but somehow I believe I can handle you
  • The problems will pass somehow, just keep your faith on God

 

Nah, itulah perbedaan dari anyhow dan somehow yang perlu kamu tahu, ya LCers! Sekarang udah bertambah lagi kan wawasan bahasa Inggrismu? Meskipun begitu, jangan pernah berhenti belajar bahasa Inggris ya!

Kalau kamu butuh belajar lebih mendalam lagi, datang aja langsung ke Kampung Inggris LC ya! Di sini, kamu bisa ketemu dengan banyak teacher bahasa Inggris yang jago, dan juga teman dari seluruh Indonesia!

Belum sempat datang ke Kampung Inggris LC di Pare? Okedah, kalo gitu coba belajar otodidak dulu ya, baca materi sebelumnya dari kami: Confusing Words Series: All Together atau Altogether