Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula, Berani Coba?

4 min read

belajar bahasa inggris untuk pemula

belajar bahasa inggris untuk pemula

Belajar Bahasa Inggris untuk pemula itu seharusnya gimana sih? Sebelum kita ngomongin seperti apa sih metode belajar yang efektif biar bisa cas cis cus, tentu semua orang yang sedang berjuang belajar Bahasa Inggris memiliki tujuan; pengen bisa secepat mungkin!

Pasalnya, apakah yang sudah kita lakukan sesuai dengan tujuan tersebut? Bagi pemula dalam belajar Bahasa Inggris, tentu saja ada banyak hal-hal yang harus dicapai. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu coba.

1. Anggap Diri Sendiri Sebagai Anak SD

It’s okay kalo kamu sudah SMP atau sudah SMA tapi harus belajar dari nol, seperti materi belajar anak SD. Berdasar pengalaman pribadi penulis, ketika kuliah di Pendidikan Bahasa Inggris, seluruh materi Bahasa Inggris memang diajarkan dari basic, atau dasar. Jadi itu sudah pasti, kalo pengen bisa Bahasa Inggris memang harus menyentuh materi yang paling dasar.

Misalnya, kamu bisa belajar tentang kata tunggal dan kata plural, simple present tense, membuat pertanyaan sederhana, atau lainnya.

2. Belajar Bahasa Ingris Gak Boleh Tanggung Untuk Pemula, Ambil Kursus

Kursus Bahasa Inggris sangat penting untuk kamu pilih sebagai langkah untuk bisa cepat mahir berbahasa Inggris. Kamu jadi punya schedule atau jadwal khusus untuk mulai belajar dengan menggunakan bahasa asing yang satu ini.

Bahkan, kamu juga sudah disediakan modul belajar setelah melewati tes awal masuk agar para tutor tahu dimana level Bahasa Inggris yang kamu miliki. Jadi, Kursus Belajar Bahasa Inggris untuk pemula ini sangat penting karena biasanya lembaga akan mengarahkan kamu pada level belajar yang tepat. Sehingga, kamu bisa belajar sesuai dengan tingkat kemampuanmu.

Apalagi, sudah ada tutor yang siap memberikan informasi apapun, termasuk materi, penjelasan, tugas-tugas latihan, presentasi, dan lainnya. Namun, tantangan terbesar adalah mencari lembaga yang kredibel. Cobalah untuk meluangkan waktu yang matang supaya kamu bisa berlatih belajar Bahasa Inggris di lembaga yang populer, misalnya di Kampung Inggris.

3. Gunakan Aplikasi juga Website Online

Beruntunglah bahwa kamu sekarang berada di era globalisasi. Semua hal yang ingin kamu pelajari juga bisa kamu jelajahi karena adanya komunitas yang mau berbagi ilmu. Komunitas-komunitas seperti ini bahkan punya channel YouTube, atau membangun aplikasi dan bahkan punya website sendiri khusus untuk para pengunjung yang ingin belajar Bahasa Inggris.

Aplikasi ANKI atau aplikasi Memrise, misalnya adalah aplikasi edukatif yang akan mengajarkan Bahasa Inggris. ANKI adalah aplikasi yang menyediakan berbagai flashcards yang bisa kamu gunakan untuk menambah kosakata. Sedangkan aplikasi Memrise merupakan aplikasi telepon. Atau, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Forvo untuk belajar pronunciation. Keren, kan?

4. Kosakata Tidak Untuk Dihafal

Apakah cara belajar Bahasa Inggris kamu adalah dengan menghafalkan banyak kosakata? Lantas apakah hal ini bisa untuk meningkatkan kemampuan berbicaramu?

Well, terkadang kita susah payah melakukan sesuatu, misalnya dengan membuat target harus hafal 100 vocabularies atau kosa kata dalam satu bulan. Namun, kita nggak tahu untuk apa 100 kosakata tersebut. Padahal, memang terdengar keren, karena kalau mampu menghafal 300 kosakata dalam 1 bulan, maka kamu akan menguasai 3.600 kosakata baru dalam satu tahun.

Rekomendasi :  Cara Menulis Biografi dalam Bahasa Inggris Yang Baik

Tapi apakah ini benar-benar efektif untuk belajar speaking atau mahir berbicara? Tentu, tidak akan efektif. Apalagi hafalan jika nggak dipakai, pasti nanti juga lupa lagi. Untuk itu, cobalah untuk merubah cara yang demikian.

Misalnya, vocabularies atau kosa kata yang kamu pelajari sebaiknya adalah kosa kata yang kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari.

Hari pertama, kamu bisa mempelajari kosa kata berikut:

Can I help you? – Apakah ada yang bisa aku bantu?

Are you talking to me?  – Apakah kamu berbicara padaku?

I am hungry. – Aku lapar

Kata-kata ini sangatlah sederhana. Tapi, memang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Kamu bisa menawarkan bantuan pada ibu atau ayah di rumah sepulang kuliah, atau kamu bisa menggunakan contoh kedua untuk berbicara dengan teman atau siapapun di rumah.

Jadi, pastikan apa yang kamu hafalkan bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Itu artinya, vocabularies yang kamu hafalkan adalah berupa kalimat, dan itu jauh lebih berguna karena dapat langsung diterapkan. Coba deh ya!

5. Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula Dengan Listening

Suka dong nonton film-film action atau romance ala British atau Hollywood? Untuk kamu yang doyan nonton, cobalah menonton dengan menggunakan subtitle. Ingat, tujuan kamu ini adalah biar nggak penasaran dengan jalan cerita yang disajikan dalam film tersebut.

Setelah menyelesaikan film tersebut, cobalah untuk mengulanginya. Kali ini, tanpa menggunakan subtitle. Itu artinya, kamu cuman bisa mengandalkan telinga kamu untuk mengetahui apa sih dialog yang ada pada film tersebut.

Oke, listening juga nggak melulu harus film, kok. Kamu yang doyan dengerin lagu, bisa juga mencari lagu-lagu mellow terbaru, lagu-lagu patah hati atau jatuh cinta dalam Bahasa Inggris yang alunan lagunya pelan banget. Jadi, kamu bisa mengikuti lirik lagu tersebut sambil mempelajari berbagai kalimat baru yang kamu temukan.

Memang sih, kalau dari lagu, kamu mungkin jarang menemukan kata-kata atau vocabularies yang bisa digunakan sehari-hari. Karena, lagu itu cenderung puitis atau kalimat-kalimat ungkapan. Tapi, dari lagu, kamu bisa belajar pronunciation, bahkan bisa belajar grammar loh!

6. Belajar Dengan Cara Reading

Reading, apakah selalu membosankan? Siapa bilang! Kamu nggak harus kok baca buku-buku tebal yang misalnya judulnya adalah 100 Idioms, atau apapun itu yang semuanya adalah tentang teori, struktur kalimat, grammar, dan lainnya. Pasti bakalan puyeng sendiri setelah itu.

Jika kamu bukan tipikal orang yang suka membaca, nggak masalah kok. Kamu bisa tetap belajar Bahasa Inggris dari hal-hal sederhana yang juga melibatkan reading skill. Misalnya, kamu bisa mencari buku-buku mini stories. Buku mini stories ini adalah buku kumpulan cerita pendek dengan berbagai ilustrasi yang ada.

Setelah kamu berhasil membiasakan diri membaca Bahasa Inggris dengan mini stories, cobalah untuk mencari tantangan lainnya seperti baca short story atau cerita pendek yang nggak ada gambarnya. Baca dengan suara keras. Kamu bisa menikmati cerpen tersebut, dengan fokus belajar pada dialognya terlebih dahulu.

Rekomendasi :  Contoh Kalimat Congratulation dan Penggunaannya

Jangan lupa, gunakan dialog-dialog yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari untuk kamu praktekkan bersama teman, ya! Jadi, baca cerpen itu nggak harus kamu pahami semua kok setiap halamannya, yang penting kamu ngerti aja alurnya seperti apa.

7. Belajar Bahasa Inggris Dengan Writing

Keren dong, kamu sudah belajar dari listening, kemudian reading, dan sekarang cobalah untuk belajar dari writing, atau menulis. Untuk kamu yang nggak suka-suka amat dengan menulis, kamu nggak bisa menghindari bagian ini untuk meningkatkan kemampuan belajar kamu dalam Bahasa Inggris loh.

Yup, cobalah pikirkan sejenak, belajar itu nggak ada yang enak. Belajar itu adalah mencari pengetahuan baru. Kamu akan melakukan sesuatu yang lebih, dan itu adalah pengalaman baru untuk kamu. Itulah yang dinamakan belajar.

Terus gimana dong kalo kamu sama sekali nggak suka writing?

Bukan nggak suka sih, mungkin karena belum kenal apa sih essensi untuk belajar writing? Ketika kamu belajar writing, itu nggak seperti harus belajar peraturan grammar dari A sampai Z, nggak juga kok. Cuman, ketika kamu mau belajar bertahap, kamu nanti juga bakalan kaget dengan kemampuan writing kamu yang akan berkembang dengan sendirinya loh.

Nggak percaya?

Cobalah untuk menyediakan satu blog gratisan aja, atau buku tulis. Ini adalah kanvas kamu. Kamu bisa menulis apapun, menulis tentang pengalaman buruk, atau pengalaman baik. Kamu juga bisa menggunakan blog atau buku tersebut untuk mencatat siapa sih hero kamu hari ini. Yap, orang-orang yang sigap membantu kamu hari ini, itu siapa aja? Kamu bisa menuliskan tentang mereka.

Caranya, tinggal buat 3-4 kalimat saja setiap hari. Di pekan pertama, setiap hari kamu akan menulis 3-4 kalimat. Cobalah dengan kalimat pendek, misalnya seperti ini:

Today, I am so sad.

It is because I join a competition.

But I cannot be the winner, I fail.

My mom says “it is okay to lose. It will teach you so you can work more to be the winner next time. It’s okay. You are not bad at all.”

Dalam tulisan itu, menceritakan bagaimana sih pahitnya sebuah kekalahan ketika gagal jadi pemenang dalam kompetisi. Tapi, ibunya memberi semangat. Jadi, bikin tulisan simpel aja. Nah, terus kembangkan sampai kamu bisa menulis lebih banyak kalimat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja sih kiat Belajar Bahasa Inggris untuk pemula yang bisa kamu coba kok, berani?

Oh iya, salah satu rekomendasi untuk belajar bahasa inggris, baik online dan offline ada di Kampung Inggris LC. Selain tentornya baik dan ramah, mereka juga asik ketika menyampaikan materi.

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments