perbedaan beside dan besides

Saat kamu belajar bahasa Inggris, baca-baca buku, nonton film bahasa Inggris, kata “beside” akan sering kamu temui. Tapi pernahkah kamu menemukan orang-orang yang menulis/mengucapkan kata “besides” alih-alih “beside”? Sebenarnya mereka typo atau gimana sih?

Jawabannya: nope, mereka nggak typo, sebab “beside” dan “besides” memiliki arti yang cukup berbeda. Lalu apa perbedaan beside dan besides? Kapan kamu harus menggunakan beside atau besides dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari? Ini penjelasan lengkap dari Kampung Inggris LC untukmu.

Beside

Beside adalah sebuah preposition yang memiliki arti “di samping”. Sebagai preposition, beside memiliki kelas yang sama dengan behind, in front of, ahead, inside, dan keterangan posisi yang lainnya. Kamu bisa menggunakan beside untuk menjelaskan dua noun yang secara fisik posisinya saling bersebelahan.

Example:

  • That’s Arga, the handsome boy who sits beside Reza
  • I place my smartphone beside my bed every night, but where is it now?
  • Don’t forget to always walk beside your father, if you don’t want to get lost

Dilihat dari segi kalimatnya, padanan kata yang maknanya persis dengan beside bukanlah besides, melainkan “next to” atau “at the side of”.

Example:

  • I want to sit next to/beside/at the side of my mother, can we exchange seat?
  • Please put my bed next to/beside/at the side of my dresser

Besides

Selanjutnya kita akan membahas mengenai kata yang tadinya kita kira sinonimnya beside, yaitu besides. Menurut Cambridge Dictionary, besides memiliki dua peran, yaitu sebagai preposition dan linking verb.

Sebagai preposition, besides punya peran yang sama seperti beside. Akan tetapi besides digunakan untuk menjelaskan dua noun yang menjadi alternatif satu sama lain. Maksudnya, besides bisa digunakan untuk menyatakan/mengonfirmasi adanya noun “selain” noun yang disebut di kalimat tersebut.

Example:

  • Do you have other hobbies besides writing?
  • I have another duty besides being an assistant, it is to be a strategic planner
  • Isn’t there any other student besides Johnny who wants to join the drama?

Besides  sebenarnya bisa diartikan juga sebagai “di samping”, tapi untuk memperjelas perbedaannya dengan beside, lebih baik mengartikannya sebagai “selain” saja.

Sementara itu sebagai linking verb, besides memiliki arti “di samping itu/selain itu”. Besides dalam peran ini umumnya digunakan di awal kalimat, meski tak jarang menemukannya di tengah-tengah juga.

Example:

  • I don’t like to join a party like that. Besides, I have a bunch of assignments needs to be done tonight.
  • Sorry, we need to refuse your offer, we’ve already eaten now. Besides, we think you’d better save the food for tomorrow’s party.
  • I don’t think to play outside is a good idea, snow starts to fall now, and besides, we don’t have enough coat to go outside

 

Itulah penjelasan mengenai perbedaan beside dan besides dari Kampung Inggris LC! Kalau kamu ingin tanya lebih lanjut, langsung tanyakan di kolom komentar ya! Admin Kampung Inggris LC akan selalu ada untuk menjawab segala pertanyaanmu.

Atau kamu nggak puas belajar bahasa Inggris hanya melalui online seperti ini? Kalau memang begitu, kamu bisa langsung datang ke Kampung Inggris LC! Kami adalah lembaga kursus bahasa Inggris terbaik nomor satu di Indonesia! Dengan sistem pembelajaran yang fun tapi terintegrasi, kami jamin kamu bisa jago bahasa Inggris!

Ingin belajar bahasa Inggris otodidak dulu nih? Oke, siapkan buku catatanmu lagi karena materi ini akan cocok untukmu: Anyhow atau Somehow?