perbedaan british english dan american english kampung inggris

Sebagai seorang English non-native speaker, kita punya dua pilihan aksen yang bisa dikuasai: British English atau American English. Meski sebenarnya ada banyak sekali aksen bahasa Inggris di dunia, dua aksen besar inilah yang paling banyak dipelajari. Masalahnya, banyak nih para pembelajar bahasa inggris yang tidak tahu perbedaan British dan American English. Tapi di bawah ini, Kampung Inggris LC punya penjelasannya untukmu.

Sejarah Bahasa

Perbedaan British dan American English yang pertama tentu saja adalah sejarah bahasanya. Dari namanya kamu pasti sudah tahu, kalau bahasa Inggris pada awalnya hanya berasal dari satu negara saja, yaitu United Kingdom (UK). Bahasa Inggris baru sampai ke tanah Amerika pada awal abad 16 sampai 17, saat Inggris melakukan penjajahan di tanah tersebut.

Anyway, para kaum elit yang menetap di Inggris ingin membedakan diri mereka dengan masyarakat Inggris yang “dibuang” ke Amerika. Akhirnya para elitis Inggris ini memperbarui beberapa bagian dari aksen British. Misalnya dalam hal pelafalan huruf “r”, orang Inggris yang dulunya mengucapkan “r” dengan jelas memutuskan menghilangkan huruf “r”.

Ejaan Kata

Setelah berabad-abad, akhirnya tampak perbedaan signifikan antara British English dan American English. Perubahan ini bahkan ditegaskan langsung oleh lembaga bahasa di London, sementara di Amerika yang menegaskan perubahannya adalah Noah Webster.

Dari segi ejaan, perbedaan British dan American terletak pada beberapa aspek, misalnya penggunaan akhiran –tre pada British dan –ter pada American. Selain itu, masih banyak lagi aspek yang membuat ejaan British berbeda dengan American, berikut tabelnya.

BRITISH AMERICAN DIFFERENCES
Anaemia Anemia -ae- / -e-
Dreamt, learnt, etc Dreamed, learned, etc -t / -ed
Offence, licence, etc Offense, license, etc -ce / -se
Cancelled, marvellous, etc Canceled, marvelous -ll- / -l-
Centre, litre, metre Center, liter, meter -tre / -ter
Colour, humour, flavour Color, humor, flavor -our / -or
Fulfil, skilful Fulfill, skillful -l / -ll
Dialogue, monologue, catalogue Dialog, monolog, catalog -gue / -g
Towards, forwards, nightwards Toward, forward, nightward -wards / -ward
Tyre Tire -y- / -i-

Pronunciation

Dari segi pronunciation, British English dan American English lambat laun memiliki perbedaan yang makin distinctive. Coba sekarang kamu coba nonton film Harry Potter dan Percy Jackson, perbedaan pronunciation para aktornya sangat jelas bukan?

American English mengucapkan huruf “r” dengan samar dan berat (seperti orang cedal), baik itu di tengah mau pun di akhir kalimat. Selain itu, batas antar kata dalam American English sangat samar, seolah setiap kata yang diucapkan sambung-menyambung.

Sementara itu, British English cenderung bertekad melafalkan semua abjad sejelas-jelasnya, kecuali huruf “r”. Saat huruf r berada di depan kata maka bunyi “r” akan jelas, misalnya pada kata rubbish, rotten, dan rose.

Sementara saat r ada di tengah atau akhir kalimat, maka bunyi “r” akan dihilangkan. Misalnya pada kata “fire”, yang sering dilafalkan dengan “fai:ea”, “rear” yang dilafalkan dengan “rei:ae”, dan “garbage” yang dilafalkan dengan “ga:bage”

Kosakata

Ada banyak sekali kosakata dalam British English yang berbeda dengan American English. Semakin berkembangnya zaman, perbedaan kosakata makin banyak di antara keduanya, mulai dari kosakata makanan, pakaian, hingga kosakata dan sebagainya. Di dalam tabel di bawah ini, ada beberapa kosakata yang berbeda untuk British dan American English-nya.

KOSAKATA BRITISH AMERICAN
Apartemen Flat Apartment
Permen Sweets Candy
Marah Mad Angry
Biskuit Biscuits Cookie
Keripik kentang Chips French Fries
Sampah Rubbish Garbage
Gas Petrol Gas
Kapak Ax Axe
Pekerja Labor Labour
Menyadari Realize Realise
Film Film Movie
Liburan Holiday Vacation
Terong Aubergine Eggplant
Sosis Bangers Sausage
Permen kapas Candy floss Cotton candy
Toko Shop Store
Ponsel Mobile phone Cell phone
Tas tangan Handbag Purse
Surat Post Mail
Pesawat Aeroplane Airplane
Taksi Taxi Cab

Grammar

Bukan hanya dari segi kosakata dan pelafalan saja, dari segi grammar orang British dan American juga memiliki beberapa perbedaan nyata. Dan needless to say, peraturan grammar British jauh lebih njlimet dibandingkan dengan American!

Misalnya mengenai penggunaan bentuk present perfect dan simple past. Dibandingkan dengan menggunakan simple past, orang British lebih menyukai penggunaan present perfect dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi orang Amerika tidak peduli apa kamu menggunakan present perfect atau simple past.

Example:

  • I’ve told you not to do that, but you didn’t listen to me!
  • I told you not to do that, but you didn’t listen to me!

Meski dua contoh di atas tampak mirip dan artinya sama saja, orang British lebih menyukai penggunaan contoh pertama.

Sebenarnya masih ada banyak perbedaan grammar yang membuat komunikasi antara British dan American sulit. Contoh lainnya misalnya penggunaan kata “I don’t care”, dalam American ungkapan tersebut tampak normal. Akan tetapi dalam British, kata “I don’t care” cenderung dianggap kasar.

“Get” Verb

Perbedaan British English dan American English selanjutnya adalah penggunaan kata “got”’. Mungkin di sekolah, kamu juga akan sering disalahkan saat menggunakan kata “I’ve got” alih-alih “I’ve gotten” oleh guru bahasa Inggris-mu.

Padahal nih admin Kampung Inggris LC kasih tahu: dua-duanya benar! Akan tetapi kebenaran “I’ve got” hanya diakui dalam British English saja, sedangkan American English lebih suka dengan “I’ve gotten”. Padahal dalam bentuk interrogative-nya, American English tetap menggunakan “got”.

However, orang Amerika sekarang banyak yang menggunakan kata slang dalam kehidupan sehari-hari. Alih-alih menggunakan “I’ve gotten” atau “I’ve got”, mereka lebih suka menggunakan “I gotta”, what the heck?

Irregular Verb

Di awal tadi, tentang ini sudah diterangkan, mengenai bentuk irregular verb dalam British English dan American English. Di dalam American English, jumlah irregular verb tidak sebanyak seperti di British English. Misalnya untuk kata-kata tertentu seperti learn, dream, burn, dan lean. Dalam American English, bentuk past-nya adalah learned, dreamed, burned, dan leaned.

Sedangkan dalam British English, past tense kata-kata tersebut berbentuk irregular, yaitu learnt, dreamt, burnt, dan leant.

Pluralism

Ini juga menjadi perbedaan yang signifikan antara British English dan American English. Orang British cenderung memperlakukan collective noun sebagai layaknya collective noun. Sedangkan orang Amerika lebih terikat pada konteks noun tersebut.

Misalnya dalam vocabulary “family”, menurut British English “family” merupakan collective noun, yang jumlah anggotanya plural. Sedangkan menurut American English, “family” adalah bentuk singular noun, meski secara harfiahnya lebih dari satu. Konteks ini berlaku pada collective noun lainnya, seperti “the band”, “the team”, “people”, dan semacamnya.

Jadi saat kamu di Inggris, kamu akan lebih diterima jika menyebut “my family have 4 members”, sedangkan di Amerika, tidak masalah jika kamu menggunakan phrase “my family has 4 members”.

Mannerism

Last but not least, British English saat memerhatikan kerapian dan kesopanan berbahasa. Bahkan kata-kata swearing di Inggris jauh lebih halus dibandingkan dengan American.

Seperti yang sudah kamu baca di perbedaan British dan American sebelumnya, British English sangat peka dengan yang namanya grammar. Sedangkan American English lebih fokus pada kemudahan penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari.

Saking sopannya aksen British English, kata-kata lama seperti “shall” masih sangat umum digunakan. Padahal di Amerika, menggunakan kata “shall” cukup aneh di percakapan sehari-hari. Dalam American English, seseorang yang menggunakan kata “shall” dianggap sangat old-schooled.

 

Itulah cara membedakan British English dan American English yang paling mudah, LCers! Apa pun jenis aksen yang kamu pelajari, ingatlah bahwa semua aksen pada dasarnya baik karena punya ciri khas sendiri. Kalau kamu ingin mengasah kefasihan aksen British atau American-mu, langsung saja datang ke Kampung Inggris Pare! Di Kampung Inggris LC, ada banyak teacher muda yang expert di dua aksen utama bahasa Inggris itu! Jadi di sini, kamu bisa belajar bahasa Inggris dan mengasah aksenmu lebih baik lagi!

Ingin membaca materi-materi lain yang sama serunya dengan materi ini? Yuk langsung cus ke materi satu ini: Macam-Macam Aksen Bahasa Inggris yang Harus Kamu Tahu