cara memberi saran dalam bahasa inggris

Saran adalah salah satu hal terpenting yang perlu diberikan kepada seseorang yang bermasalah. Bukan karena sok bijak, saran menunjukkan kepedulian seseorang terhadap yang lainnya. Jadi kalau kamu diberi saran, jangan marah ya! Sebaliknya, ucapkan terimakasih kepada orang yang memberimu saran.

Anyway, saran sama pentingnya di Inggris dan Amerika. Berikut ini cara memberi saran dalam bahasa Inggris yang bisa kamu ucapkan pada temanmu.

Menggunakan Kata Rekomendasi

Ini merupakan cara paling umum untuk memberi saran dalam bahasa Inggris. Di sekolah-sekolah, biasanya cara memberi saran seperti inilah yang paling sering diajarkan.

Saat akan memberi saran, kamu bisa memulainya dengan kata rekomendasi seperti “recommend”, “suggest”, dan “advise”. Bentuk saran semacam ini paling cocok digunakan dalam keadaan formal. Atau saat kamu ingin memberi saran pada orang yang lebih kamu hormati.

Example:

  • I recommend you to buy this book.
  • I suggest you to come to a doctor immediately.
  • I advise you to leave this place right now.

Mengubah Saran Menjadi Pertanyaan

Menggunakan kata rekomendasi seperti recommend, suggest, dan advise memang terkesan formal. Akan tetapi kalimat saran semacam itu terdengar sangat kaku. Selain itu, umumnya saat ini orang-orang native English sudah tidak menggunakannya.

Jika kamu ingin memberi saran pada temanmu yang asli berbahasa Inggris, kamu bisa mengubah saranmu menjadi pertanyaan. Meski sama sopannya, bentuk saran semacam ini membuatmu terdengar lebih akrab dan komunikatif.

Example:

  • Why don’t you buy some medicines to ease your anxiety?
  • How about forgetting your ex and search for another one?

Menggunakan Modals

Dalam bahasa Inggris, modals meliputi can, could, will, would, shall, should, dan ought to. Materi lengkapnya bisa dilihat di artikel tentang Modals di sini ya!

Anyway, menggunakan modals adalah salah satu cara memberi saran dalam bahasa Inggris yang umum digunakan. Akan tetapi saran yang menggunakan modals kesannya lebih informal dan akrab. Bukan hanya itu, bentuk saran semacam ini juga fleksibel, bisa digunakan ke siapa saja.

Example:

  • It would better if you water the plants at evening.
  • You should visit your grandmother after you have a spare time.

Gunakan Perandaian Diri Sendiri (I were)

Menggunakan pengandaian adalah cara memberi saran dalam bahasa Inggris selanjutnya. Berbeda dengan bentuk saran sebelumnya yang lebih direct, bentuk saran ini lebih indirect, sehingga minim kemungkinan yang diberi saran tersinggung.

Selain lebih hati-hati, cara memberi saran satu ini lebih kreatif dibanding cara-cara sebelumnya. Kamu tinggal menggunakan kata “I were” di depan, dan menambahkan modals “would” di kalimat selanjutnya.

Example:

  • If I were him, I would never break her heart.
  • If I were you, I would keep my health better.

Menambahkan Akibat dari Tindakan

Jika ingin saranmu lebih mengena, kamu bisa menambahkan akibat dari tindakan orang yang diberi saran. Saat kamu menggunakan bentuk saran semacam ini, kamu sekaligus bisa memberi peringatan. Orang yang mendengar saranmu pun akan teringat dengan dampak perbuatannya.

Example:

  • You’d better return home before the rain falls.
  • She’d better get a job immediately or keep beaten up by her husband.

Menambahkan Kritikan

Cara ini barangkali terdengar keras, akan tetapi memberikan kritikan di depan saran juga bisa kamu gunakan. Asal pastikan orang yang mendengar saranmu tidak merasa tersinggung, ya.

Meski terkesan terang-terangan, menambahkan kritikan dalam saran bisa memperjelas masalah yang dihadapi orang yang diberi saran. Dia yang tadinya tidak sadar dengan kesalahannya akhirnya bisa menyadarinya. Tapi jangan lupa memberikan saran yang solutif, ya.

Example:

  • The food is still tasteless, why don’t add some more salt on it?
  • You’re too shy, if I were you I’ll throw my shyness and take the big chance.

Menggunakan Kalimat Request

Last but not least, memberi saran dengan bentuk request juga tidak ada salahnya. Bahkan, bentuk saran semacam ini membuatmu bisa lebih memastikan saranmu dilaksanakan. Sebab di dalam saran tersebut terdapat request/command word yang akan terkesan buruk jika ditolak.

Akan tetapi pastikan kamu mengucapkannya dengan teramat hati-hati. Bentuk saran serupa request hanya bisa digunakan secara bebas ke teman sebaya atau seseorang yang lebih muda darimu.

Example:

  • Would you please to add some sugar on the coffee? It’s too bitter.
  • Could you turn off the game and help us now?

 

Demikianlah cara memberi saran dalam bahasa Inggris supaya kamu terdengar lebih seperti native speaker. Ingat baik-baik dan praktikkan ilmu yang sudah kamu dapatkan, ya!

Kalau kamu ingin belajar lebih banyak, kamu bisa datang langsung ke Kampung Inggris Pare! Klik button di bawah ini dan daftarkan dirimu menjadi bagian dari kami!