cara mengungkapkan belasungkawa dalam bahasa inggris

Saat teman kita bersedih karena kehilangan sesuatu, kita pasti bersimpati dan ingin meringankan bebannya. Sayangnya, sebagai manusia kita punya keterbatasan untuk menolong teman yang sedang berduka.

Oleh karena itu, mengucapkan belasungkawa pun sudah cukup jika memang itu yang bisa kita lakukan. Di bawah ini, Kampung Inggris LC punya cara mengungkapkan belasungkawa dalam bahasa Inggris. Kamu bisa menggunakannya jika memiliki teman dari luar negeri yang sedang mengalami kesusahan.

Mengenal Sympathy Message

Sebelum kita membahas cara mengungkapkan belasungkawa dalam bahasa Inggris, pertama-tama yuk, mengenal sympathy message dulu.

Sympathy message adalah pesan yang diberikan seseorang untuk menunjukkan rasa simpatinya pada orang lain yang bersedih. Tujuan pembuatan sympathy message adalah untuk memberikan dukungan moriil agar duka seseorang berkurang.

Dalam etiket Barat, mengirim sympathy message di saat duka (kematian, kehilangan, musibah, dst) adalah sebuah kewajiban. Terutama bagi orang-orang yang terikat hubungan pertemanan atau relasi. Jadi untuk kamu yang ingin menjalin hubungan baik dengan teman native, jangan lupa mengasah skill menulis sympathy message juga saat belajar bahasa Inggris.

Cara Mengungkapkan Belasungkawa dalam Bahasa Inggris

Sebelum kamu melihat contoh-contoh sympathy message, kamu perlu tahu lebih dulu etika mengungkapkan belasungkawa ala native. Berikut ini adalah beberapa cara mengungkapkan belasungkawa dalam bahasa Inggris.

Gunakan Bahasa yang Sopan dan Halus

First of all, jangan lupa menggunakan bahasa yang sopan dan halus. Sopan di sini maksudnya bukanlah kaku seperti saat menulis surat lamaran kerja. Kamu tetap bisa menggunakan bahasa yang kasual, tapi sebaiknya hindari menggunakan bahasa slang.

Selain itu, kamu juga perlu memastikan kalau cara pengucapan/penulisanmu sudah cukup halus. Pastikan gunakan diksi yang tepat. Jangan sampai sang penerima sympathy message malah terganggu dengan apa yang kamu ucapkan.

Hindari Penggunaan Kata-Kata yang “Tidak Pantas”

Cara mengungkapkan belasungkawa satu ini berkaitan erat dengan cara pertama. Jadi saat kamu menulis/mengucapkan belasungkawa, sadarlah dengan situasi yang dialami penerima sympathy message.

Misalnya saat temanmu memiliki saudara yang meninggal dunia, hindari penggunaan kata-kata direct seperti “death”, “dead”, dan semacamnya. Bahkan sebenarnya, penggunaan kata “died” juga tidak dianjurkan dalam sympathy message untuk orang yang meninggal dunia.

Sebagai pengganti kata-kata tersebut, kamu bisa menggunakan “passed away”, “passed on”, “gone”, “deceased”, dan sejenisnya.

Ungkapkan Pesan dengan Singkat, Padat, dan Jelas

Orang yang sedang berduka tidak punya waktu untuk membaca/mendengarkan sympathy message panjang lebar. Mereka butuh waktu untuk menenangkan diri sendiri. Oleh karena itu, saat kamu akan menyampaikan sympathy message, pastikan pesan tersebut singkat, padat, dan jelas.

Saat kamu menyampaikannya dengan bicara, cukup ucapkan satu sampai tiga kalimat saja sambil menyalami/memeluk yang berduka. Apabila kamu menyampaikannya dengan sympathy card, jangan menggunakan lebih dari 100 kata.

Dalam etiket Barat, sympathy message sebenarnya bukan tentang seberapa dalam condolence yang dimiliki pengirim. Tapi seberapa besar support yang terdapat di dalam sympathy message tersebut.

Berikan Ucapan-Ucapan Yang Menghibur

Nah, poin satu ini adalah kelanjutan dari poin cara mengungkapkan belasungkawa sebelumnya. Saat kamu menyampaikan sympathy message, berikanlah pesan-pesan yang bisa meredakan duka si penerima. Pesan tersebut bisa berupa pujian terhadap orang yang pergi, kenangan-kenangan baik, atau dukungan pada orang yang berduka.

Saat mengucapkan sympathy message, hindari memberikan ucapan yang kesannya menggurui atau meremehkan duka si penerima. Bagaimana perasaanmu saat kamu sedang sangat sedih, lalu tiba-tiba ada orang yang menyebut kesedihanmu tidak ada apa-apanya? Kamu akan merasa sangat tersinggung, bukan?

Tawarkan Bantuan pada Orang yang Berduka

Setelah kamu memberikan sympathy message-mu pada temanmu yang berduka, tawarkan bantuan kepada mereka. Meski belum tentu mereka menerimanya, offering for help ini merupakan salah satu etika setelah kamu memberikan sympathy message.

Lalu bantuan seperti apa yang bisa ditawarkan pada orang yang sedang bersedih? Kamu bisa menawarkan tempat curhat atau bantuan lainnya. Tapi jangan pernah menawarkan bantuan finansial, karena ini bisa dianggap sebagai sebuah penghinaan.

Bisa Bertemu Langsung atau Melalui Sympathy Card

Mengutarakan sympathy message tidak harus selalu dengan bertemu langsung kok. Misalnya nih, temanmu di Amerika baru kehilangan neneknya, kamu tidak perlu datang ke sana langsung untuk menyampaikan sympathy message.

Kamu cukup dengan mengirimkan sebuah sympathy card kepadanya. Bahkan jika tidak memungkinkan, mengirim SMS atau email saja sudah cukup kok untuk mengirimkan sympathy message-mu. Jangan jadikan jarak sebagai alasan kamu tidak bersimpati dengan duka yang dialami temanmu.

Sebaiknya Sertakan Sesuatu Saat Memberikan Sympathy Card

Jika kamu tidak bisa menemui temanmu yang berduka secara langsung, kamu bisa mengirimkan sympathy card dengan menyertakan bingkisan. Tidak perlu mahal-mahal, kok, bahkan dalam etiket Barat, bunga saja sudah cukup untuk mengirim sympathy card.

Untuk bunga belasungkawa, jangan menggunakan bunga berwarna mencolok, seperti mawar merah atau bunga matahari. Dalam tradisi Barat, orang yang melayat ke rumah duka biasanya membawa bunga mawar putih atau lili. Sebab dua bunga ini menandakan pengampunan dan pensucian dari dosa.

Lakukan Follow Up Pada Orang yang Sedang Berduka

Last but still important, jangan lupa terus menanyakan kabar orang yang berduka secara berkala. Jika kamu tinggal dekat dengannya, cek kondisinya dengan rutin. Kalau jaraknya berjauhan, usahakan selalu menelpon atau mengiriminya pesan.

Seseorang yang berduka rentan jatuh pada kondisi depresi. Jika tidak mendapat dukungan moriil yang sepantasnya, seseorang yang depresi bisa berhenti mempedulikan dirinya sendiri. Bahkan dalam kasus yang lebih ekstrim, orang depresi setelah ditinggal pergi bisa melakukan hal-hal berbahaya.

Contoh Cara Mengungkapkan Belasungkawa dalam Bahasa Inggris

Setelah membahas etika berbelasungkawa, kali ini saatnya membahas contoh-contoh cara mengungkapkan belasungkawa dalam bahasa Inggris. Supaya kamu lebih paham, kami menyertakan terjemahannya sekaligus, jadi kamu bisa  memilih mana sympathy message yang paling cocok digunakan.

My heart broke when I heard the tragic accident happened to your beloved Hana, please don’t mind to contact me whenever you need. Your wife will be so sad knowing her husband always mourning like now

(Hatiku hancur saat mendengar kecelakaan tragis yang menimpa Hana-mu yang tercinta, tolong jangan sungkan untuk menghubungiku kapan pun kau butuh. Istrimu akan sangat sedih mengetahui suaminya selalu bersedih seperti sekarang)

 

Your Dad had an amazing life and remarkable life, I’m so lucky that I got to know him, We’ve missed one of the best men in this country

(Ayahmu punya kehidupan yang luar biasa dan akan selalu diingat, aku sangat beruntung pernah mengenalnya, kita telah kehilangan salah satu pria terbaik yang dimiliki negeri ini)

 

I give my deepest condolence to the loss of your husband, I know I can’t make your pain go away, Jenie, but I’m here if you need a shoulder

(Aku menyampaikan dukacita mendalam atas kepergian suamimu, aku tahu aku tidak bisa melenyapkan dukamu, tapi aku di sini jika kamu butuh sandaran)

 

My family and I will miss your husband so much; we know that we couldn’t make your pain go. But I hope you’ll be less worried to know that my family will take care of your children for awhile

(Keluargaku dan aku akan sangat merindukan suamimu, aku tahu kami tidak akan bisa membuat rasa sakitmu hilang. Tapi kuharap kamu akan sedikit lega mengetahui keluargaku akan merawat anak-anakmu untuk sementara waktu)

 

Daniel, I just want you to know that I’m here if you need a shoulder or ear or anything, please don’t mind to call me, I’ll always be there as your support system

(Daniel, aku hanya ingin kamu tahu bahwa aku siap jika kamu membutuhkan sandaran, tempat curhat, atau apa pun, tolong jangan sungkan menelponku, aku akan selalu ada untuk mendukungmu)

 

Dear Charlie, my family and I are so sad to hear your sudden loss, may God take your brother to the best place in His side

(Charlie, aku dan keluargaku sangat sedih mendengar kehilanganmu yang tiba-tiba, semoga Tuhan menempatkan saudaramu di tempat terbaik di sisi-Nya)

 

Please accept our deepest condolence on the loss of your son; words can’t express our broken hearts when hearing the news. He’s such a good boy with a nice smile; he always smiled and helped people whenever he could, God must be very love him

(Tolong terima belasungkawa terdalam kami atas kepergian puteramu; kata-kata tidak bisa menggambarkan betapa hancurnya hati kami saat mendengar berita tersebut. Dia adalah seorang anak yang baik dengan senyum yang manis, dia selalu tersenyum dan menolong orang kapanpun dia bisa, Tuhan pasti sangat mencintainya)

 

Clara, you’re such an amazing girl, you’re the best person I ever met in my 18 years of my life. You’re so kind, you helped people without thinking twice, and you didn’t mind to befriend with a nerdy introvert like me. I don’t believe God missed you more than anyone and called you first. Please, be safe in Heaven, Clara, you’ll always in my thoughts and prayers.

(Clara, kamu adalah gadis yang hebat, kamu adalah orang terbaik yang pernah kutemui di 18 tahun hidupku. Kamu sangat baik, kamu menolong orang lain tanpa berpikir dua kali, dan kamu tidak keberatan berteman dengan kutu buku yang introvert seperti aku. Aku tidak percaya Tuhan sangat merindukanmu dan memanggilmu lebih dulu. Baik-baik di Surga sana, ya Clara, kamu akan selalu ada di ingatan dan doaku)

 

Please accept our heartfelt condolences on the loss of your loved one, Anita, may God always be in your favor. Call us anytime if you need us, my family and I will always there to give you support

(Tolong terima belasungkawa dari hati kami terdalam atas kepergian orang yang kau cintai, Anita, semoga Tuhan selalu melindungimu. Telpon kami kapan pun kamu membutuhkan, aku dan keluargaku akan selalu ada untuk memberimu dukungan)

 

Itulah cara mengungkapkan belasungkawa dalam bahasa Inggris beserta contoh-contohnya. Saat ada temanmu yang berduka, jangan lupa untuk menyampaikan rasa simpatimu, karena itu merupakan satu bentuk dukungan. Tidak peduli jika itu hanyalah kata-kata, siapa tahu kata-kata darimu bisa melegakan rasa sedihnya.