presentasi bahasa inggris

Presentasi adalah salah satu kunci sentral untuk mengungkapkan apa yang kita pikirkan. Melalui presentasi yang hebat, kita bisa meyakinkan audiens untuk meyakini apa yang kita sampaikan. Oleh karena itu, metode presentasi adalah salah satu yang harus kamu pelajari saat belajar bahasa Inggris.

Tapi…presentasi dalam bahasa Indonesia aja sulit, apalagi presentasi dalam bahasa Inggris? Tenang, kamu nggak perlu khawatir, karena di bawah ini, Kampung Inggris LC akan memberimu tips presentasi dalam bahasa Inggris yang lengkap, plus contoh-contohnya. So stay tuned di halaman ini sampai akhir bahasan ya!

Common Words Yang Digunakan dalam Presentasi Bahasa Inggris

First of all, kami akan memberimu tahu tentang ungkapan-ungkapan apa saja yang perlu kamu gunakan saat presentasi bahasa Inggris. Berikut ini adalah ungkapan-ungkapan sopan yang paling umum digunakan, mulai dari introduction sampai closing statement.

Membuka Presentasi

Kesan pertama adalah segalanya saat kamu memulai presentasi, apa pun bahasa yang digunakan. Jika kesan pertamanya saja sudah kacau, maka kesan-kesan berikutnya akan bertambah kacau.  Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan greetings yang tepat, ya!

Berikut ini beberapa contoh greetings yang bisa kamu gunakan sebelum presentasi bahasa Inggris.

  • Good morning/Assalamu’alaikum, thank you for coming to my/our presentation…
  • Ladies and gentlemen, I’m glad to see you all here to witness our greatest invention…
  • Good morning, It’s such a honour to see you all here in my/our presentation about…

Memperkenalkan Diri/Tim

Sebelum masuk ke topik inti presentasi, hal yang tidak boleh dilewatkan sebelumnya adalah memperkenalkan diri/tim. Proses perkenalan ini merupakan bagian dari attitude yang harus dipenuhi orang-orang yang memulai presentasi. Singkatnya, perkenalan sama pentingnya dengan greetings.

Berikut ini adalah contoh cara memperkenalkan diri/tim saat memulai presentasi bahasa Inggris.

  • First, let me introduce myself, my name is…and I come from…Today we will show you about…
  • First of all, let me introduce myself/our team, my name is…and my name is…(masing-masing mengenalkan diri sendiri jika presentasinya bertim)
  • Hi, my name is…and these are my partners, this is…, and…, and she is…We come from California University (or likewise)

Membuka Topik Pembahasan

Setelah memperkenalkan diri, hal selanjutnya yang harus diperkenalkan adalah topik presentasi yang akan diangkat. Cara mengangkat topik presentasi sebenarnya bebas, bisa dengan menyampaikan tujuan presentasi seperti biasa. Atau kamu juga bisa memulainya dengan menyampaikan masalah. Anyway, cara terakhir lebih sering dilakukan oleh para public speaker dunia.

Tapi sekarang, kita akan membahas cara konvensional menyampaikan tujuan presentasi lebih dulu. Berikut ini beberapa contoh state of topic yang bisa kamu gunakan.

  • In this opportunity, I/we would like to present about…
  • The purpose of my/our presentation this morning is…
  • In this presentation, we will discuss about…/we’re going to discuss about…/we’ll talk about…

Untuk cara yang kedua, nanti kamu simak di bagian terakhir bahasan ini ya, jadi baca sampai akhir!

Menyampaikan Materi Utama

Saat menyampaikan materi, sebaiknya kamu menggunakan paradigma piramida terbalik. Paradigma ini secara berurutan meliputi masalah, sumber masalah, kondisi ideal, dan solusi. Dan saat menyampaikan solusi, jangan lupa menyampaikannya dengan berurutan pula. Jangan sampai audiens malah gagal paham dengan topik yang diangkat.

Saat menyampaikan materi utama, kamu bisa menggunakan metode sequence (first, secondly, next, beforehand, etc). Supaya lebih komunikatif, kamu bisa menggunakan yang namanya transition/linking words.

Supaya lebih jelas, berikut ini beberapa contoh cara menyampaikan materi pokok:

  • First, let’s take a look on this, what you can see from here? What I see here is…Secondly…Next…
  • Because of this…
  • For example…

Di bagian ini, kamu bebas menggunakan frasa apa saja, asal ingat: sampaikan secara berurutan.

Melakukan Sesi Tanya Jawab

Setelah semua materi tersampaikan dengan baik, jangan lupa melakukan sesi tanya jawab. Ini penting, karena kamu akan terkesan sangat egois kalau sampai tidak memberi kesempatan audiens bertanya.

Keuntungan lain dari menyediakan sesi tanya jawab adalah memperluas kesempatanmu untuk melakukan persuasi pada audiens. Jadi audiens yang awalnya ragu bisa diyakinkan di sesi tanya jawab ini.

Berikut ini beberapa ungkapan yang bisa kamu gunakan untuk membuka sesi tanya jawab:

  • Anybody would like to ask?
  • Just freely interrupt us if you have any question
  • Is there any question? We would be very glad to answer…
  • And now, we will open the question and answer (QnA) session, just feel free to ask anything to us…

Cara Menutup Presentasi

Setelah sesi QnA selesai, kamu bisa menutup presentasimu saat itu juga. Akan tetapi ingat, berikan kenangan terakhir yang berkesan bagi para audiens. Buat mereka mengingat apa yang telah kamu sampaikan dalam presentasi tersebut.

Kalau bisa, kamu bisa menjalin kedekatan emosional dengan audiens di sesi penutup ini. Jika emosional mereka berhasil kamu genggam, pasti mereka akan memberikan standing applause untukmu.

Berikut ini beberapa cara menutup presentasi berkesan yang bisa kamu gunakan:

  • So the points are…
  • In conclusion/summary…
  • To conclude this presentation…
  • In short…

Dan kamu juga perlu menambahkan salam terakhir bagi para audiens-mu, berikut ini contohnya:

  • Thank you very much for this wonderful morning, may all those we have shared be beneficial for all of us
  • Thank you for your great attention, ladies and gentlemen…Let’s wish that all what we shared here be beneficial for us in the future
  • Well, I just can say thank you for your attention today, may all the great is always following us

Contoh Tokoh Dunia yang Punya Presentasi Memukau

As promised, Kampung Inggris LC punya beberapa contoh tokoh dunia dengan presentasi yang luar biasa memukau. Meski ada di antara tokoh-tokoh ini yang sudah meninggal, keindahan teknik presentasinya masih belum ada yang mengalahkan. Just check them on this list, fellas!

Eric Schmidt

Eric Schmidt adalah tokoh terpenting Google setelah pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin. Sejak awal Google berdiri pada tahun 2000 lalu, Eric Schmidt-lah yang terpilih menjadi CEO-nya. Meski saat ini Schmidt sudah berhenti dari Google, presentasi-presentasinya tentang Google akan selalu terkenang.

Schmidt punya pembawaan yang tenang dan santai saat berbicara. Setiap kali memulai pembicaraannya, ia tipe public speaker yang tidak banyak berbasa-basi. Biasanya ia akan memberikan greetings dan langsung menyampaikan masalah.

Steve Jobs

Hingga saat ini, presentasi Steve Jobs masih disebut-sebut sebagai presentasi terbaik yang pernah diberikan seorang public speaker. Steve Jobs bukan hanya mengandalkan kemampuannya dalam memilih kata-kata, tapi juga media presentasi yang memukau.

Saat berbicara, Steve Jobs membuat seolah-olah panggung presentasi itu miliknya. Inventor Apple ini bicara dengan nada yang biasa, tapi kata-katanya benar-benar menyihir penonton. Coba saja cari presentasinya di Youtube, kamu pasti akan terkagum-kagum juga.

Scott Harrisson

Scott Harrison adalah pendiri dari gerakan sosial yang mendunia, Charity: Water. Semasa kecil hingga remaja, Scott sempat terjerumus dalam kehidupan yang gelap, bahkan pekerjaan pertamanya ia dapatkan di klub malam.

Akan tetapi hidupnya berubah setelah ia memutuskan ke luar dari klub dan menerjunkan diri dalam dunia jurnalis. Setelah bertahun-tahun, akhirnya Scott memutuskan mendirikan sebuah gerakan sosial yang bertujuan membantu negara-negara yang mengalami krisis air.

Presentasi pertamanya mengenai Charity: Water menjadi salah satu presentasi terbaik di abad ini. Scott dengan pembawaannya yang rendah hati berhasil meyakinkan masyarakat dunia bergabung dalam gerakannya. Model presentasi Scott Harrison adalah model story telling.

Sheryl Sandberg

Suka nonton siaran TED Talk? Berarti hidup kamu berfaedah banget! Salah satu presentasi terbaik yang ada di TED Talk adalah milik salah satu direktur Facebook, Sheryl Sandberg, dengan tema “Why We Have Too Few Women Leaders?”

Saat menyampaikan presentasi, Sheryl Sandberg langsung to the point menyampaikan masalah yang diangkat. Selain itu di sela-sela presentasinya, ia menyelipkan sedikit humor yang relevan dengan topik presentasi.

Selain teknik presentasinya yang benar-benar persuasif, penampilan Sheryl Sandberg benar-benar “fashionable”. Fashionable yang dimaksud di sini bukan mengenakan pakaian gaya terkini, tapi pakaian yang benar-benar sesuai dengan tema presentasinya.

Amy Tan

Amy Tan adalah salah satu penulis buku terbaik yang dimiliki oleh Amerika. Sebenarnya Amy Tan adalah keturunan imigran China, tapi berkat perjuangannya ia berhasil menjadi penulis buku populer hingga saat ini.

Sama seperti Sheryl Sandberg, Amy Tan memberikan presentasi yang sama memukau di TED Talk. Amy Tan mengangkat topik tentang kreativitas.

Yang membuat presentasinya sangat dikenang adalah pembawaannya yang santai dan sedikit dibubuhi humor. Akan tetapi ia berhasil membuat pertanyaan-pertanyaan mind blowing yang membuat pemirsa mempertanyakan kreativitas dalam dirinya.

Tony Robbins

Tony Robbins menjadi public speaker selanjutnya yang punya presentasi luar biasa berpengaruh. Saat kamu menonton presentasi-presentasinya, pikiranmu akan terbuka sehingga kamu akan lebih semangat melakukan rencanamu.

Saat presentasi, Tony Robbins sangat aktif dalam bergerak. Pria yang tahun ini berusia 59 tahun ini berani memeragakan apa yang akan disampaikannya pada  penonton. Selain itu, Tony juga sangat murah senyum, dan pandai memberikan motivasi-motivasi yang realistis.

Saking dalamnya efek presentasi-presentasi Tony Robbins, selama dua tahun berturut-turut ia dinobatkan sebagai public speaker dunia paling berpengaruh.

Daniel Pink

Terakhir dan nggak kalah keren, Dan Pink berhasil menggebrak dunia bisnis karena presentasinya pada tahun 2009. Dengan gaya presentasinya yang persuasif dan dibumbui humor, Dan Pink berhasil menyadarkan perusahaan-perusahaan Amerika kalau cara berbisnis mereka salah.

Dalam presentasi berjudul ‘The Puzzle of Motivation” ini, Dan Pink tidak memotivasi orang-orang. Tapi Dan Pink menyadarkan orang-orang yang mendengarnya bahwa memberi motivasi itu penting. Terutama bagi perusahaan-perusahaan yang ingin sukses dan punya karyawan yang loyal.

Menurut Dan Pink, perusahaan yang ingin memiliki karyawan loyal harus belajar mengenali motivasi intrinsic karyawan-karyawannya. Dengan belajar mendengarkan cerita dan kisah hidup karyawan, perusahaan akan menjalin ikatan emosional dengan mereka. Sehingga akhirnya perusahaan akan makin solid.

 

Demikianlah tips presentasi dalam bahasa Inggris yang bisa kamu praktikkan! Jadi sebelum presentasi, ingat-ingat tips yang sudah Kampung Inggris LC berikan untukmu ya! Kamu juga bisa belajar bahasa Inggris tentang presentasi melalui materi berikut:

video presentasi dalam bahasa Inggris

Kalau kamu ingin presentasimu lebih lancar, kamu harus sering-sering melatih diri supaya makin jago speaking. Jika butuh pembimbing, kamu bisa datang langsung ke Kampung Inggris Pare kok buat belajar. Langsung saja klik button di bawah ini kalau kamu tertarik belajar sekarang juga ya, semangat!