common mistakes in speaking English

Speaking adalah salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang pelajar yang mempelajari bahasa Inggris. Skill ini gampang – gampang susah. Seringkali kalian melakukan common mistakes in speaking English. Kesalahan tersebut seringkali dilakukan saat kalian berbicara bahasa Inggris mulai dari kesalahan yang kecil sampai yang besar. Inilah beberapa kesalahan yang harus kalian hindari saat berbicara dengan bahasa Inggris.

Common Mistakes in Speaking English

1. Pilih Different with atau Different from

Kalian pastinya seringkali dihadapkan terhadap suatu kondisi yang menyudutkan kalian. Misalkan kalian merasa bahwa sifat dan wajah kalian berbeda dengan seseorang berinisial Bunga. Di kondisi ini kalian akan berusaha dan sekuat tenaga untuk membela diri dengan menyatakan bahwa kalian berbeda dengan dirinya. Di dalam bahasa Inggris kalian akan berucap “I am different with her” atau I am different from her.

Jika kalian memakai kalimat pertama, maka itu salah besar. Kesalahan tersebut seringkali dilakukan oleh banyak orang. Pilihlah kalimat kedua karena ini merupakan jawaban yang tepat untuk menyatakan bahwa kalian berbeda dengan dirinya.

Contoh Kalimat

  • My bag is different from Anne’s bag.
  • Atha’s skirt is different from my skirt.

2. Pilih Same with atau Same as

Common mistakes in speaking lainnya adalah dua penggunaan kata same. Ada dua  kata yang sering diucapkan yaitu same with dan same as. Lalu, manakah yang benar dari kedua kata tersebut? Same berarti sama dan digunakan saat kalian ingin bilang bahwa sesuatu itu sama.

Apakah kalian memakai same with atau same as? Pastinya kalian akan merasa familiar dengan pemakaian same with karena kata ini lebih sering dipakai untuk percakapan sehari – hari. Tetapi, ternyata pilihan kata itu sangat salah. Jawaban yang tepat adalah same as yang berarti sama dengan. Pastikan kalau kalian saat ini memakai kata same as bukan same with.

Contoh Kalimat

  • Rina’s hat is same as mine
  • Your idea is same as my idea.
  • Your pen is same as mine.

3. Pilih Angry to atau Angry With

Kata – kata lain yang sering membuat kalian bingung adalah angry to atau angry with. Bila kalian sedang bertengkar dan marah, maka kalian ingin berbicara dengan bahasa Inggris maka kalian akan menyebut kata angry. Tetapi, manakah yang benar antara “Are you angry to me?’ atau “Are you angry with me?”.

Bila kalian memilih kalimat kedua maka itu sudah sangat tepat. Kata angry diikuti dengan kata with jadi yang benar adalah angry with. Tetapi, terkadang banyak orang salah memakai kata yaitu lebih memilih angry to me.

Contoh Kalimat

  • I’m angry with you because you stole my wallet.
  • Nara is angry with me because her boyfriend sent me a message.

4. Pilih Kind to atau Kind With

Kesalahan umum lainnya yang sering muncul di dalam speaking adalah kind  to dan kind with. Bila kalian ingin berkata “Orang itu benar- benar baik pada aku”. Maka kalimat yang tepat seperti apa? Apakah “That person is really kind to me” atau “That person is really kind with me”?

Kalimat kedua adalah jawaban yang tepat karena kata kind ini diikuti dengan kata with bukan to. Jadi, pastikan kalau kalian menambahkan kata with setelah kata kind. Jangan sampai salah.

Contoh Kalimat

  • My grandma is really kind with me. I love her so much.
  • The strangers are kind with the beggar.

5. Pilih Happen with atau Happen to

Kalian pasti seringkali mengucapkan kedua kata diatas. Manakah yang tepat apakah happen with atau happen to? Dari dua kalimat “What happen with you?” dan “What happen to you?”, manakah yang paling tepat? Ternyata kalimat pertama kurang tepat untuk diucapkan. Maka kalian harus menghindari dan memperbaiki pengucapannya. Padahal kalimat pertama seringkali dipilih dalam speaking.

Jawaban yang tepat adalah “What happen to you?”. Kata happen diikuti atau ditambahi to sehingga kalian harus paham bahwa kata happen selalu diikuti to dan menjadi happen to. Jangan pakai asas kira – kira untuk mengucapkan kalimat dalam bahasa Inggris. Setiap kata dan kalimat pasti ada rumusnya agar kalian berbicara bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Contoh Kalimat

  • That car accident happen to my friend.
  • Are you okay? What happen to you, guys?

Itu tadi LC’ers beberapa common mistakes in speaking yang harus sebisa mungkin dihindari. Kalian harus bisa menghafalkan dan memahami kombinasi kata yang seringkali muncul di dalam bahasa Inggris. Pastikan jika kata tersebut memakai pasangan yang tepat. Jangan lupa terus semangat belajar ya biar kamu gak melakukan kesalahan-kesalahan lagi ketika berbicara bahasa inggris.

Yuk baca juga Penggunaan Another, Other, dan The Other. Semoga bermanfaat !!!