avenge atau revenge

Suka nonton The Avengers? Udah tahu belum apa artinya The Avengers? Atau jangan-jangan cuma asal nonton aja? Tenang…melalui artikel keren dari Kampung Inggris LC ini, kamu bakal belajar tentang pengertian “avenge”, sekaligus perbedaannya dengan “revenge”. Setelah belajar materi ini, dijamin kamu bakal makin luas deh pengetahuan bahasa Inggrisnya! Jadi apa artinya “avenge”? Apa bedanya dengan “revenge”? Ini keterangannya.

Avenge dan Revenge: Apa Bedanya?

Sebenarnya, avenge dan revenge memiliki arti yang sama, yaitu: balas dendam. Tapi pertanyaannya…kenapa nama skuad Nick Fury dinamai “The Avengers” bukannya “The Revengers”? Ini mungkin pertanyaan sepele, tapi kalau kamu memang punya tekad belajar bahasa Inggris yang kuat, kamu nggak bakal melewatkan keterangan satu ini.

Avenge

Jadi dalam bahasa Inggris, kata “avenge” dikenal sebagai verb, yang artinya membalas dendam atas ketidakadilan yang dialami orang lain. Akan tetapi dalam konteks “avenge”, ketidakadilan yang dialami terjadi atas dasar kesengajaan. Selain itu, tujuan dari “avenge” adalah memperjuangkan keadilan baik bagi diri sendiri mau pun orang lain.

Dikarenakan bentuk murninya sebagai verb, avenge sangat jarang ditemukan bentuk gerund-nya. Kata avenger memang bisa diubah menjadi avenger, tapi cukup jarang menemukan avenger diubah menjadi gerund “avenging”. Contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata avenge bisa kamu pahami di bawah ini.

Example:

  • I will avenge the death of our folks and relatives (Aku akan membalaskan kematian dari sanak saudara kita)
  • We need to avenge the bullies who underestimated us (Kita harus membalaskan para pembully yang sudah merendahkan kita)
  • The best avenge is to forgive, not to kill (Pembalasan dendam terbaik adalah dengan memaafkan, bukaan membunuh)
  • I don’t like to avenge people easily, because I like to live in peace (Aku tidak suka balas dendam pada orang dengan mudahnya, karena aku suka hidup damai)
  • Please avenge the wrong deeds those people have done (Tolong balaskan perbuatan tercela yang sudah dilakukan orang-orang itu)

Revenge

Selanjutnya, kita akan membahas tentang revenge, homophone yang punya arti dan pelafalan yang nyaris mirip dengan avenge. Dalam bahasa Inggris, revenge bisa menjadi verb mau pun noun, dengan arti membalaskan dendam atas kemalangan yang dialami seseorang.

Dari definisi di atas saja, kita sudah bisa menyimpulkan perbedaan avenge dan revenge nih, LCers! Berdasarkan konteksnya, kata revenge cenderung lebih emosional dan subyektif dibandingkan dengan avenge.

Mudahnya, perbedaan avenge dan revenge bisa kita pahami melalui analogy. Misalnya nih, kamu mengalami kekalahan karena seseorang menjegalmu di tengah lomba. Kalau kamu balas menjegalnya, itu berarti kamu melakukan revenge. Akan tetapi jika kamu melaporkan perbuatannya, kamu sedang melakukan avenge.

Supaya lebih paham mengenai penggunaan revenge dalam kalimat, berikut ini beberapa contoh yang bisa kamu baca.

Example:

  • She revenges the cyber bullies by reporting them to the police (Dia balas dendam pada para pembully internet dengan melaporkan mereka ke polisi)
  • When you do a revenge, you won’t be better than him (Saat kamu balas dendam, kamu takkan jadi lebih baik daripada dia)
  • I don’t like to revenge people because it’ll break our relationship (Aku tidak suka balas dendam ke orang lain karena itu hanya akan merusak citra kita)
  • Harry Potter never planned to revenge Voldemort, but he did want to avenge his parents’ death (Harry Potter tidak pernah berencana untuk balas dendam ke Voldemort, tapi ingin menuntut keadilan atas kematian kedua ortunya)
  • The best revenge for people who underestimate you is a tremendous successs (Balas dendam terbaik untuk orang yang suka merendahkan adalah sukses yang besar)

Kata Alternatif Untuk Avenge dan Revenge

Siapa sangka, ternyata selain avenge dan revenge, masih banyak lagi kata-kata yang punya pengertian hampir mirip. Beberapa contohnya Kampung Inggris LC cantumkan di bawah ini, ya, silakan dipahami dan diingat-ingat sendiri!

  • Vengeance: hukuman setimpal yang harus ditimpakan pada orang yang melakukan ketidakadilan/menyakiti orang lain
  • Retribution: karma, hukuman yang akan ditimpakan pada orang-orang yang melakukan vengeance atau aksi kriminal
  • Retaliation: pengertiannya sama seperti vengeance
  • Seeking for a Justice: mencari keadilan
  • Reprisal: membalas sebuah perbuatan dengan perbuatan lain yang setara/setimpal
  • Nemesis: namanya diambil dari salah satu dewi Yunani, artinya adalah balas dendam yang setara
  • Tit for tat: membalas perbuatan buruk dengan nilai yang setara

 

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai perbedaan avenge dan revenge! Jadi sudah benar-benar mengerti ya perbedaan avenge dan revenge! Kalau kamu ingin ilmu bahasa Inggris yang lebih advanced lagi, yuk datang langsung ke Kampung Inggris LC!

Di LC, kamu bisa bertemu dengan para tutor jenius dan partner kursus bahasa Inggris yang sepemikiran, serius deh! Tapi sebelum itu, coba kamu baca materi lain ini yang sama kerennya dengan ini: Tips Cepat Belajar Vocabulary