Contoh Degree Of Comparation (Positive, Comparative, Superlative)

3 min read

contoh-degree-of-comparation

contoh-degree-of-comparation

Untuk memahami materi tentang degree of comparation, Anda sebaiknya mengetahui pengimplementasian contoh degree of comparation terlebih dahulu. Metode ini ternyata membuat lebih banyak pelajar bahasa Inggris merasa lebih cepat paham daripada pelajar yang tidak menggunakan contoh. Tidak hanya itu, meski sudah menguasai semua materi ternyata ada beberapa kalangan yang lupa saat sudah masuk ke soal.

Bahasan perbandingan dalam bahasa Inggris menurut sebagian orang itu tidak mudah dipahami. Apalagi ada beberapa materi yang mengharuskan hafalan. Contohnya saja seperti bahasan di comparative degree irreguler yang memiliki tingkat kesukaran yang berbeda daripada jenis degrees of comparison lainnya.

Di beberapa soal ujian bahkan untuk tes kemampuan bahasa Inggris, materi ini seringkali masuk. Bagi sebagian orang yang menganggap remeh begitu saja, ternyata mereka pula yang akhirnya membuat kesalahan. Daripada waktu terus terbuang, ada baiknya Anda memahami materi yang dipaparkan mengenai contoh degree of comparation berikut ini.

Pengertian Degrees of Comparison

Memahami pengertian tidak kalah penting sebelum langsung masuk ke pembahasan contoh. Nama lain dari degrees of comparison ialah comparative degree. Degrees of comparison merupakan salah satu grammar dalam bahasa Inggris yang memasukkan kategori adjective, adverb ke dalam perubahan kalimatnya.

Hal yang perlu Anda pahami dan benar-benar ingat yaitu, di penggunaan perbandingan ini akan selalu digunakan adverb dan juga adjective. Bisa jadi dimaksudkan dua kata benda dan juga bisa lebih daripada itu untuk menjadi objek perbandingan. Contoh degree of comparation itu dibedakan menjadi tiga yaitu positive, comparative, dan superlative.

Contoh Kalimat Positive Degree of Comparation

Positive degree of comparation merupakan contoh degree of comparation yang memiliki kata keterangan atau adverb maupun kata sifat atau adjective. Bentuk yang digunakan pada perbandingan ini merupakan yang paling sederhana. Sederhana yang dimaksudkan ialah membuat contoh kalimat bentuk dasar atau asli dari adverb dan adjective itu sendiri tanpa adanya perubahan.

Contoh degree of comparation untuk kalimat positif:

  1. My mother is really smart and genius – Ibu saya sangat cerdas dan jenius
  2. I am known as a stubborn girl in my class – Saya dikenal sebagai perempuan yang sangat keras kepala di kelas.
  3. Anne is a really bad person – Anne merupakan wanita yang sangat jahat akalnya
  4. Beny is handsome, but sometimes he is a bit stupid – Benny merupakan seorang yang ganteng, tapi terkadang dia agak bodoh.
  5. The weather is really nice today – Cuaca sangat bagus hari ini
  6. My brother is a tall person – Saudara laki-laki saya merupakan seorang yang tinggi
  7. I can’t drive too fast – Saya tidak bisa berkendara terlalu cepat
  8. I want my children one day to be smart people – Saya ingin suatu hari anak saya menjadi orang-orang yang pintar
  9. I was so silly – Saya dulu sangat bodoh
  10. He was too selfish to be a leader – Dia seseorang yang terlalu egois untuk menjadi seorang pemimpin
Rekomendasi :  Pengertian Comparative Degree, Aturan, dan Contoh Kalimat

Masih banyak lagi contoh degree of comparation dalam kalimat positif dari beberapa yang sudah dibahas di atas. Jika Anda bermaksud untuk membuat bentuk positif, maka gunakan kata adverb dan adjective dasar. Hal ini dikarenakan tidak terdapat kata yang menunjukan perbandingan dalam kalimat degree of comparation.

Contoh Kalimat Degree of Comparation Positif

Penggunaan kalimat positif dalam degree of comparation salah satunya adalah as.. as. Berikut ini merupakan penerapannya dalam kalimat positif

Langsung saja masuk ke pembahasan contoh degree of comparation ya:

  • I am as pretty as Dewi – Saya secantik Dewi
  • Most people agree that USA is not as the same as China – Banyak orang yang setuju bahwasanya Amerika tidak sama dengan Cina.
  • I think this house is as nice as my previous one – Saya pikir rumah ini sama bagusnya dengan rumah saya yang sebelumnya.
  • My Indonesian teacher is as handsome as Korean teacher – Guru Indonesia saya sama gantengnya dengan guru Korea.
  • I hope that the weather today is as cloudy as yesterday – Saya berharap cuaca hari ini sama mendungnya dengan kemarin

Pastikan bahwa Anda sudah memahami penempatan dari kata sifatnya terlebih dahulu, dengan to be apa yang akan digunakan, sehingga Anda bisa membuat kalimat positif yang mengandung degree of comparison.

Contoh Kalimat Degree of Comparison Untuk Comparative

Ada beberapa aturan dalam penerapan degree of Comparison comparative, seperti aturan untuk kata sifat yang memiliki dua suku kata tidak bisa hanya dengan penambahan more saja. Atau bahkan ada adjective dan adverb yang berakhiran huruf tertentu harus ditambahkan huruf tertentu sebagai bentuk comparativenya.

Ada beberapa ciri dari kalimat comparative yang perlu Anda tahu. Pertama, akan selalu Anda temui kata than yang memiliki arti daripada. Tidak hanya itu, adanya penambahan kata more dan less itu sebenarnya juga termasuk ke ciri-ciri kata perbandingan atau contoh degree of comparation. Beberapa kata sifat dan adverb yang memiliki akhiran r/er ternyata juga bisa dikategorikan sebagai comparative.

Rekomendasi :  Bersiap Untuk Interview Kerja Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Comparative

  1. I am more diligent than my other classmates – Saya lebih rajin daripada teman sekelas saya yang lain
  2. I can handle myself better than my other families – Saya bisa mengendalikan diri saya lebih baik daripada keluarga saya yang lainnya.
  3. Mira is clever than me in some cases – Mira lebih pintar daripada saya di beberapa kasus atau hal
  4. My dress is dirtier than yours – Dres saya lebih kotor daripada dres kamu
  5. I look younger than before, don’t I? – Saya terlihat lebih muda daripada sebelumnya, bukan?
  6. I like this dress, because it is simplier than that one – Saya suka dengan dress ini karena terlihat lebih simpel daripada yang itu.
  7. I hope your house is bigger than mine – Saya harap rumah kamu lebih besar daripada rumah saya

Contoh Kalimat Degree of Comparison Jenis Superlative

Untuk jenis dan contoh degree of comparation yang satu ini paling mudah untuk Anda pahami, karena bermakna paling. Sehingga, ketika Anda menemui kalimat dengan awalan the dan penggunaan kata sifat dengan akhiran “es/est” dan lainnya, maka itu bentuk superlative.

Langsung masuk ke pembahasan contoh kalimat:

  1. I am the strongest one in this group – Saya yang paling kuat di group ini
  2. I found the easiest way to make a noodle – Saya menemukan cara terbaik untuk memasak mie
  3. King is the oldest one I have ever met – Mr. King merupakan seorang yang paling tua yang pernah saya temui

Itulah beberapa informasi mengenai degree of comparation yang harus Anda ketahui. Dengan memahami hal tersebut, tentu akan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda. Selain itu, masih ada banyak lagi jenis dan contoh degree of comparation yang bahkan bisa Anda buat sendiri sambil belajar.

Kampung Inggris Search :

    Buatlah contoh positive degree comparative degree superlative degree
4 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
×

Panduan Belajar di Kampung Inggris

Rekomendasi :  Ada Berapa Sih Aksen Dalam Bahasa Inggris?