Contoh Kalimat Positive Degree Lengkap berdasarkan Jenisnya

3 min read

contoh kalimat positive degree

Contoh kalimat positive degree bisa membantumu memahami lebih baik apa itu positive degree dan bagaimana cara penggunaannya. Sebelum menyimak apa saja contoh positive degree berdasarkan jenisnya, ada baiknya jika kamu memahami pengertiannya dengan baik terlebih dahulu. Kata degree, artinya tingkat dan positive degree menunjukkan tingkat dua benda atau orang yang sedang dibandingkan, apakah setara atau tidak.

contoh kalimat positive degree

Positive degree termasuk dalam Adverb dan Adjective. Untuk Adjective, terdiri dari tiga tingkat, yaitu Positive, Comparison dan Superlative. Jadi, positive degree menunjukkan tingkat adjective. Bagi Kamu yang belum memiliki kemampuan bahasa Inggris yang hebat, tidak perlu khawatir karena grammar ini memiliki konsep yang terbilang sederhana, sehingga bisa dipahami oleh banyak orang. 

Positive degree dibagi menjadi lima jenis dengan penggunaan kata yang berbeda-beda. Kali ini, kita akan membahas setiap jenis positive degree dan bagaimana cara penggunaannya. Contoh kalimat positive degree juga akan diberikan agar memudahkan kita untuk bahasa Inggris. Berikut jenis-jenis positive degree beserta contoh lengkapnya. 

Mengenal Positive Degree

Positive degree merupakan bentuk yang paling dasar dan paling sederhana dari sebuah adjective. Satu tingkat di atasnya adalah comparative dan tingkat yang paling tinggi adalah Superlative. Namun, perlu diingat bahwa positive degree tidak hanya bisa digunakan sebagai adjective, tapi juga adverb. Contoh adverb yang bisa digunakan adalah carefully, slowly, dan quickly

Positive degree memiliki perbedaan dengan comparative degree atau pun superlative degree, meskipun kata dasar yang digunakan sama. Pada akhirnya, arti atau maknanya juga akan berbeda dimana positive degree menunjukkan arti dasarnya. Kemudian comparative degree menunjukkan makna “lebih” dan superlative degree menunjukkan makna “paling”.

Positive degree memiliki bentuk dasarnya, sedangkan comparative degree memberikan imbuhan -er dan superlative degree memberikan imbuhan -est. Misalnya untuk positive degree berupa kata “happy”, maka bentuk comparative-nya adalah “happier” dan bentuk superlative-nya adalah “happiest”. Jadi, positive degree berbentuk dasar dan bukan comparative ataupun superlative. Berikut contoh kalimat positive degree:

  1. “My dad is handsome” (Ayahku tampan).
  2. “My sister is a small girl” (Saudara perempuanku adalah seorang gadis yang kecil).
  3. “Rafi is a rich actor” (Rafi adalah aktor yang kaya).
  4. “The sky is beautiful” (Langit itu cantik).
  5. “I am happy because I see your smile” (Aku senang karena aku melihat senyum mu).

Positive Degree dengan “As”

Jenis yang satu ini menunjukkan adanya dua orang atau benda yang sedang dibandingkan dengan kata “As”. Rumus penggunaannya adalah as + adjective/ adverb + as. Jadi, positive degree ini bisa digunakan untuk membandingkan adjective dan adverb. Bahkan, dengan rumus ini, Kamu bisa membuat kalimat negatifnya dengan menambahkan kata not atau less sebelum kata “As”.

Contoh kalimat positive degree untuk adjective:

  1. Your words are always as sweet as sugar (Kata-katamu selalu manis seperti gula).
  2. This result is as bad as yesterday (Hasil ini sama buruknya dengan kemarin).
  3. Samson is as strong as a elephant (Samson sama kuatnya dengan seekor gajah).

Contoh positive degree untuk adverb:

  1. The actor acts the scene as sorrowfully as possible (Aktor itu memerankan adegan sesedih mungkin).
  2. I slept as easily as how I fainted (Aku tidus semudah bagaimana aku pingsan).
  3. Tiara walked as lazily as my grandma (Tiara berjalan dengan malas seperti nenek ku).

Postive Degree dengan “Like”

Bukan hanya kata “As” yang bisa digunakan untuk menunjukkan positive degree. Kata lain yang bisa digunakan untuk menunjukkan positive degree adalah “Like”. Kata ini biasanya digunakan untuk membandingkan objek yang satu dengan lainnya. Sehingga perbedaan dari objek tersebut dapat lebih jelas lagi.

Untuk lebih memahami contoh kalimat positive degree dengan “Like”, ada baiknya jika kita mempelajari bagaimana rumus penulisan atau penyusunannya. Rumus positive degree dengan “Like” adalah “Positive Degree + Like + Objek”. Jadi, kata “Like” diletakkan setelah positive degree yang kemudian diikuti dengan objek. 

Contoh positive degree dengan kata “Like” adalah:

  1. I am short like my mother (Aku pendek seperti ibuku).
  2. My little sister is beautiful like a fairy (Adik perempuan saya cantik seperti peri).
  3. The watermelon is round like a ball (Semangka itu bulat seperti bola).
  4. The teacher is not fiece like what your think (Guru itu tidak galak seperti yang kamu pikirkan).

Dari contoh kalimat positive degree dengan “Like” tersebut, contoh nomor 1 sampai 3 menunjukkan makna yang positive dan contoh terakhir menunjukkan makna yang negatif, artinya ada kata “not” sebelum adjective atau positive degree. Makna negatif tersebut menunjukkan ketidaksetaraan antara hal yang dibandingkan.  

Positive Degree dengan “Alike”

Kata “Alike” artinya sama sehingga digunakan untuk membandingkan dua hal yang sama atau memiliki kesetaraan atau tingkat yang sama, baik itu sifat, jumlah, bentuk, ciri dan lain sebagainya. Rumus penulisan kalimatnya adalah “Subjek + Positive Degree + Degree + Objek + Alike”.

Contoh kalimat positive degree dengan “Alike” adalah:

  1. The two delicious sandwich taste alike, I love it (Kedua sandwich tersebut enaknya terasa sama, aku suka itu).
  2. The clothes dirty look alike, so I have to wash it (Baju-baju itu kotornya terlihat sama, jadi Aku harus mencucinya).
  3. The school building big are alike (Bangunan sekolah itu besarnya sama).

Pada contoh nomor 1 dan 2 di atas, setelah kata “Alike” masih ada kalimat keterangan yang melengkapi kalimat. Berbeda dengan contoh ketiga dimana kalimatnya diakhiri dengan kata “Alike”. Jadi, kata “Alike” memang bisa digunakan di akhir kalimat atau masih ada keterangan lebih yang mengikutinya. 

Positive Degree dengan “As + subject”

Jenis yang terakhir adalah positive degree dengan “As + subject” sehingga secara tidak langsung, Kamu sudah mengetahui bagaimana rumus penyusunannya. Umumnya, adjective yang digunakan diletakkan di bagian awal sebelum kata “As”. Pada pembahasan sebelumnya, setelah subjek, kata “As” diulang kembali, namun untuk jenis ini tidak. 

Contoh kalimat positive degree dengan “As + subject”:

  1. Salma kindness is as her mother’s kindness (Kebaikan Salma sama seperti kebaikan ibunya).
  2. This lightness of this shoes is as a cake (Sepatu ini ringan seperti kue).
  3. The shallow swimming pool is as my swimming pool at home (Kolam renang itu sama dangkalnya seperti kolam renang saya di rumah).

Itulah tadi informasi mengenai jenis positive degree beserta rumus penggunaan dan contoh kalimatnya. Untuk meningkatkan pemahaman dan latihan dalam penyusunan grammar ini. Jadi, Kamu harus lebih banyak menguasai adjective dan adverb, sehingga lebih mudah menyusun contoh kalimat positive degree

Baca juga Pengertian Adverb Fungsi dan Jenisnya

Rekomendasi :  Perbedaan Afternoon dan Evening serta Cara Penggunaannya

Kampung Inggris Search :

    positive degree, contoh degree, rumus positive degree adverb
votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments