contoh percakapan dalam bahasa inggris

Sedang mencari contoh percakapan bahasa Inggris untuk dipraktikkan? You’re so lucky, karena berikut ini, Kampung Inggris LC akan memberikanmu beberapa percakapan dari berbagai topik. Dan anyway, kami juga menyediakan terjemahannya buatmu. So stay tuned and just choose which one suitable for you!

Percakapan Bahasa Inggris untuk Perkenalan

Titis: Hello, what’s your name? Are you a newcomer here? I never see you before

(Hai, siapa namamu? Apakah kamu pendatang baru? Soalnya aku belum pernah melihat kamu sebelumnya)

Aga: Hi! Yeah, I’ve just arrived last night, I’m Aga from Kediri

(Hai! Ya, aku baru saja sampai tadi malam, aku Aga dari Kediri)

Titis: Wow, Kediri? What a far place!

(Wow, Kediri? Jauhnya!)

Aga: Yeah, I know it’s quite far from Bali. Anyway, what’s your name? Do you live here?

(Ya, aku tahu itu cukup jauh dari Bali. Ngomong-ngomong, siapa namamu? Apa kamu tinggal di sini?)

Titis: My name is Titis, I live three houses from here

(Namaku Titis, aku tinggal di rumah ketiga dari sini)

Aga: So we’re neighbours! Would you like to come by? Let’s have a cup of coffee!

(Jadi kita bertetangga! Maukah kamu mampir? Ayo minum kopi bersama!)

Titis: Sorry Aga, I have to go to the park now; my grandma is asking me to pick her up

(Maaf ya Aga, aku harus ke taman sekarang; nenekku memintaku menjemputnya)

Aga: Oh dear, maybe we can try it another time

(Yah, sayangnya, mungkin kita bisa mencobanya lain kali)

Titis:  Yeah, we absolutely can! Why not coming to my house tomorrow? My family and I are going to hold a birthday party for my brother

(Ya, tentu saja! Kenapa tidak datang ke rumahku besok? Aku dan keluargaku akan mengadakan pesta ulang tahun untuk adikku)

Aga: That’s great; I’ll come in, thank you for the invitation

(Itu keren; aku akan datang, terimakasih untuk undangannya)

Titis: It’s okay, nice to meet you Aga

(Tidak masalah, senang berkenalan denganmu Aga)

Aga: Nice to meet you too, Titis

(Senang berkenalan denganmu juga Titis)

Percakapan Bahasa Inggris untuk Meminta Tolong

Nova: I’m so occupied now, I don’t know if I could handle all these tasks or not

(Aku sangat sibuk sekarang, aku tidak tahu apakah bisa menghandel semua tugas ini)

Adel: Don’t worry, I’ll help you, Miss Nova, let’s share the tasks.

(Jangan khawatir, aku akan membantumu Miss Nova, mari berbagi tugasnya)

Nova: It’s very kind of you to help me, Miss Adel!

(Kamu baik banget mau membantuku, Miss Adel!)

Adel: No problem, but I don’t understand where to start, just give me the commands

(Tidak masalah, tapi aku tidak paham bagaimana memulainya, jadi beri aku perintah, ya)

Nova: Hmm…okay, first would you like to copy these papers? We’re going to need it for the meeting

(Hmm…baiklah, pertama-tama, maukah kamu mengkopi semua lembaran ini? Kita akan memerlukannya dalam rapat nanti)

Adel: Yes, but Miss Nova, can I ask a favour? Please answer the call if my hand phone rings

(Ya, tapi Miss Nova, boleh aku minta tolong? Tolong jawab telponnya jika ponselku bordering)

Nova: So you’re going to leave it here?  Sure, just count on me

(Jadi kamu akan meninggalkan ponselmu di sini? Tentu, serahkan saja padaku)

Adel: Okay, I’ll be back on 15 minutes then

(Ok, aku akan kembali dalam 15 menit kalau begitu)

Nova: Yes, please, Miss Adel, thank you very much for your help

(Ya Miss Adel, terimakasih banyak ya untuk bantuannya)

Percakapan Bahasa Inggris untuk Membicarakan Cuaca

Daffa: Let’s play on the outside; playing football is better on the yard!

(Ayo bermain di luar saja, main sepakbola lebih baik dilakukan di kebun!)

Radit: No, it’s going to rain, the sky is cloudy!

(Tidak, sepertinya ini akan hujan, langitnya berawan!)

Daffa: But the cloud is so gloomy, it’s no use if we start the game now, look it’s already drizzling outside

(Tapi awannya benar-benar mendung, tidak ada gunanya kita mulai main sekarang, lihat, sudah mulai gerimis)

Radit: But I want to play now, so sad

(Tapi aku ingin bermain sekarang, sedihnya)

Daffa: Don’t be sad Radit, let’s play when the rain stops

(Jangan sedih Radit, ayo bermain saat hujannya berhenti)

Radit: But when? It’s rainy season now, there won’t be any sunshine for a long time

(Tapi kapan? Sekarang musim hujan, tidak akan ada cahaya matahari untuk waktu yang lama)

Daffa: Really? I’ve watched the weather news yesterday, and tomorrow the summer will start!

(Sungguh? Aku sudah menonton berita cuaca lho kemarin, dan besok musim panas akan dimulai!)

Radit: Are you serious?

(Apa kamu serius?)

Daffa: Yeah! Let’s play the football tomorrow!

(Ya! Ayo bermain sepakbola besok!)

Percakapan Bahasa Inggris untuk Liburan

Sri: Summer is coming; do you have any plan on spending your holiday, Nanda?

(Musim panas tiba, apa kamu punya rencana untuk menghabiskan waktu liburanmu, Nanda?)

Nafis: Not really, I’ve been busy with my freelance jobs

(Tidak begitu, aku sangat sibuk dengan kerja purnawaktu-ku)

Sri: Oh, come on; let’s have a vacation for two or three days!

(Oh, ayolah, ayo berlibur untuk dua atau tiga hari saja!)

Nafis: Hmm…let me consider it first, okay?

(Hmm…biar aku mempertimbangkannya dulu, ya?)

Sri: To be honest, if you keep making yourself occupied you’ll be aging prematurely

(Jujur saja, jika kamu terus menyibukkan diri seperti ini kamu akan cepat tua)

Nafis: Okay, so where will we go?

(Baiklah, jadi kita mau ke mana nih?)

Sri: Do you like to travel to the beach? I heard that Balekambang beach is getting more beautiful now

(Apa kamu suka jalan-jalan ke pantai? Aku dengar pantai Balekambang jadi semakin bagus sekarang)

Nafis: Hmm…Okay, I heard about it, too, but what if we just go to Bromo? I want to see the sunrise on that awesome mount

(Hmmm, baiklah, aku juga mendengar itu, tapi bagaimana jika kita pergi ke Bromo saja? Aku ingin melihat matahari terbit dari gunung yang menakjubkan itu!)

Sri: Sure, no problem! I’d love to come to Bromo, too!

(Tentu saja! Aku suka datang ke Bromo juga kok!)

Nafis: So do you agree with me?

(Jadi kamu setuju denganku?)

Sri: Yes, I can’t agree more with you

(Ya, sangat setuju)

Percakapan Bahasa Inggris untuk Mohon Permisi

Nanda: Good morning, Sir, may I ask your time?

(Selamat pagi, Sir, bolehkah saya minta waktu Anda sebentar?)

Teacher: Yeah, what happens?

(Ya, ada apa?)

Nanda: Sorry Sir, may I ask your permission to skip the History class tomorrow? My mother asks me to accompany her to a dentist

(Maaf Sir, bolehkah saya mohon izin tidak mengikuti kelas Sejarah besok? Ibu saya meminta saya menemaninya ke dokter gigi)

Teacher: Couldn’t you just skip another class? We’ll have an examination tomorrow, Nanda

(Tidak bisakah kamu meninggalkan kelas yang lain saja? Kita punya ujian besok, Nanda)

Nanda: I beg your pardon, Sir, my mother has been having a toothache since three days ago. No one can accompany her to the dentist but me

(Mohon maaf, Sir, ibu saya mengalami sakit gigi sejak tiga hari yang lalu. Tidak ada yang bisa menemaninya ke dokter gigi selain saya)

Teacher: Can you go back to school afterward?

(Bisakah kamu kembali ke sekolah setelah itu?)

Nanda: Certainly Sir, I’ll return as fast as I could

(Tentu saja, Sir! Saya akan kembali secepat yang saya bisa!)

Teacher: Okay, I’ll give you a chance to take a follow-up exam tomorrow afternoon, just go to my room at 4 o’clock

(Baiklah, saya akan memberimu kesempatan untuk mengikuti ujian susulan besok sore, datang saja ke ruangan saya pada pukul 4)

Nanda: Thank you for your kindness, Sir!

(Terimakasih atas kebaikan Anda, Sir!)

Percakapan Bahasa Inggris untuk Membeli Barang

Buyer: Ma’am, I’m looking for vegetables for my baby, do you have any?

(Bu, saya sedang mencari sayur-sayuran untuk bayi saya, apakah Anda punya?)

Seller: What kind of vegetables do you need, Madam?

(Sayur apa yang Anda butuhkan, Nyonya?)

Buyer: I don’t know what kind of vegetable that’s suitable for my baby, can you help me to choose?

(Saya tidak tahu apa jenis sayur yang cocok untuk bayi saya, bisakah Anda membantu saya memilih?)

Seller: Oh, you can choose the spinach, carrots, or broccoli, but make sure you crush it with a blender first

(Oh, Anda bisa memilih bayam, wortel, atau brokoli, tapi pastikan Anda melumatnya dengan blender dulu ya)

Buyer: Okay, I’ll buy them, and…Do you have any brown rice?

(Baiklah, saya akan membelinya, dan…apakah Anda punya beras merah?)

Seller: How much do you need?

(Berapa banyak yang Anda butuhkan?)

Buyer: Just half a kilogram, please

(Setengah kilogram saja, tolong)

Seller: Okay, these are your vegetables and this is the brown rice

(Oke, jadi ini sayur-sayur dan beras merah Anda)

Buyer: How much is it, Ma’am?

(Berapa harganya, Bu?)

Seller: The spinach is 3000 rupiahs, carrots 2000, broccoli 5000, and the brown rice is 5000. So the total is 15000 rupiahs, Madam

(Bayamnya 3000 rupiah, wortel 2000, brokoli 5000, dan beras merahnyaa 5000, jadi totalnya 15 ribu rupiah, Nyonya)

Buyer: Okay, I’ll take it, here is the money, Ma’am

(Baiklah, saya akan mengambilnya, ini uangnya Bu)

Seller: Thank you, so here is the change, 85000 rupiahs

(Terimakasih, jadi ini kembaliannya ya, 85 ribu rupiah)

Percakapan Bahasa Inggris Tentang Hobi

Eka: Hi, Kiki, are you busy now?

(Hai, Kiki, apakah kamu sibuk sekarang)

Kiki: No, what’s up Eka?

(Tidak, ada apa Eka?)

Eka: Let’s watch a movie together in the cinema this evening!

(Ayo nonton film bersama di bioskop petang ini!)

Kiki: Sorry, what kind of movie?

(Maaf, filmnya tentang apa ya?)

Eka: It’s a Japanese movie; the title is Weathering With You

(Itu film Jepang, judulnya Weathering With You)

Kiki: Sorry, but I’m not really into the Japanese movies, I prefer Korean dramas

(Maaf, tapi aku tidak terlalu suka film-film Jepang, aku lebih tertarik pada drama Korea)

Eka: C’mon! It’s just a movie, it doesn’t even have episodes, I need someone to accompany me!

(Ayolah! Itu cuma sebuah film, nggak ada episodenya kok! Aku butuh seseorang untuk menemaniku nih!)

Kiki: Is it your hobby? Do you only like to see the Japanese movies?

(Apakah itu hobimu? Apa kamu cuma suka nonton film-film Jepang?)

Eka: No, my hobby is playing an RPG game, watching Japanese movies is only my side hobby

(Tidak, hobiku adalah bermain game RPG, menonton film-film Jepang hanyalah hobi sampinganku)

Kiki: Listen, we have a different hobby, Eka, my hobby is to watch Korean dramas. We can’t force each other to love the same things!

(Dengar, kita punya hobi yang berbeda, Eka, hobiku adalah menonton drama Korea. Kita tidak bisa memaksa satu sama lain untuk menyukai hal yang sama!)

Eka: I know that, but do you really refuse my offer? I’ll pay for your movie ticket!

(Aku tahu itu, tapi apakah kamu benar-benar menolak tawaranku? Aku akan membayar tiket filmnya, deh!)

Kiki: Hmm…okay, maybe I can go with you tonight, but I’ll pay my own ticket

(Hmm…baiklah, mungkin aku bisa pergi denganmu malam ini, tapi aku akan membayar tiketku sendiri)

Eka: Really?  Do you really want to watch this movie with me?  Thanks a bunch!

(Sungguh? Apa kamu mau menonton film ini bersamaku? Terimakasih banyak!)

Kiki: Anything for you, sis

(Apa pun untukmu, sobat)

 

Itulah contoh percakapan bahasa Inggris yang bisa kamu pakai untuk praktik bersama teman-temanmu. Tetap semangat untuk praktik speaking ya, supaya makin lancar bahasa Inggrisnya!

Kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris lebih mendalam lagi, datang aja ke Kampung Inggris Pare! Di sini, kamu bisa ketemu banyak tutor bahasa Inggris yang muda, keren, dan enerjik. Dan lebih dari itu, kalau kamu ke Kampung Inggris LC, kamu nggak bakal menyesal deh! Karena LC adalah lembaga kursus bahasa Inggris terbaik di Indonesia, apalagi di Pare!