Contoh Soal Procedure Text Dan Penjelasannya

3 min read

contoh soal procedure text

Apa itu procedure text? Procedure text merupakan suatu teks berbentuk kalimat prohibition dan juga imperative. Contoh soal procedure text bersifat instruksi sehingga jenis soalnya lebih bersifat teknis. Procedure text dalam Bahasa Inggris lebih menekankan pada tata cara atau tahapan-tahapan dalam melakukan sesuatu.

Ada berbagai macam contoh dari procedure text sendiri seperti membuat kue, cara memperbaiki alat elektronik ataupun hal-hal lain yang berkaitan dengan procedural. Namun, apa saja hal-hal yang berkaitan dengan procedure text, selain itu jika menemukan soal demikian, bagaimana cara untuk menjawab soal tersebut?

contoh soal procedure text

Hal-Hal Dasar yang Berkaitan dengan Procedure text

Untuk bisa menjawab dan mempelajari contoh soal procedure text, maka setidaknya Anda harus mengetahui hal hal dasar yang berkaitan dengan procedure text terlebih dahulu. Secara umum, ada tiga hal dasar yang berkaitan dengan procedure text. Hal dasar tersebut antara lain:

  1. Generic structure: generic structure menjelaskan tentang bagaimana penyusunan procedure text sehingga membuatnya berbeda dengan susunan teks yang lain.
  2. Social function: social function menjelaskan hal dasar terkait kegunaan dan juga tujuan mengapa procedure text harus ditulis.
  3. Languange Feature: Languange feature menjelaskan tentang ciri-ciri umum terkait kebahasaan yang harus digunakan untuk membuat contoh soal procedure text.

Dengan adanya pemahaman yang utuh dan menyeluruh terkait tiga hal dasar yang berkaitan dengan procedure text, maka kemungkinan Anda untuk bisa menjawab contoh soal teks prosedur akan semakin mudah. Hal ini dikarenakan pokok-pokok yang harus dipahami sudah dikuasai dengan baik.

Jenis-jenis Procedure text yang Harus Anda Ketahui

Di pelajaran sekolah menengah, Anda biasanya sudah dikenalkan dengan contoh soal procedure text yang berkaitan dengan resep makanan. Namun sebenarnya procedure text tidak hanya terbatas soal makanan saja, secara umum ada tiga jenis procedure text yang biasa dibuat.

Jenis-jenis procedure text tersebut antara lain procedure text tentang penjelasan bagaimana suatu hal bisa bekerja. Jenis ini biasanya berupa instruksi manual untuk mengoperasikan suatu alat atau perangkat. Contohnya yaitu how to use microwave. Jenis procedure text kedua menjelaskan tentang pembuatan suatu hal yang berbentuk objek.

Contoh soal teks prosedur yang biasa Anda temukan di sekolah yakni seperti resep masakan, cara membuat layang-layang. Kalah dalam Bahasa Inggris identik dengan judul how to. Jenis procedure text terakhir yaitu tata cara yang berkaitan dengan perilaku manusia. Contoh teks prosedur seperti ini yaitu How to Make Live Happily (bagaimana cara hidup dengan bahagia)

Rekomendasi :  Berbagai Penggunaan Kata Like yang Tepat dalam Bahasa Inggris

Contoh Soal Procedure text yang Bisa Anda Pelajari

Untuk bisa mahir dalam menjawab contoh soal procedure text, maka Anda harus melakukan latihan sesering mungkin. Sebagai bahan latihan, berikut akan diberikan beberapa contoh soal yang bisa Anda pelajari untuk meningkatkan kemampuan:

How to Clean and LCD Screen of Laptop

  1. Shake up the liquid of LCD cleanser and spray to microfiber cleanser surface
  2. Clean the LCD Screen surface with microfiber cleanser until make it as bright as new one

You can also clean the LCD cleanser with the another step:

  1. Shake up the liquid of LCD cleanser an after that put it 15-20 cm away from LCD screen
  2. Spray on the LCD screen, before that you must switch off the laptop first
  3. Cleanse gently using the brush or microfiber cleanser.

Questions:

  1. What should you do to liquid LCD cleanser first?
  2. Clean it
  3. Spray it
  4. Shake it away
  5. Put it way
  6. Before cleaning the screen surface, you must spray the liquid of LCD cleanser directly or spray it on
  7. The paper
  8. The brush
  9. The microfiber cleanser
  10. Your fingers

Strategi Belajar Soal Procedure text, Beri Jawaban Sesuai Jenis Teks

Untuk bisa menjawab contoh soal procedure text dengan mudah, maka Anda harus memiliki strategi belajar yang sesuai dan tepat. Untuk bisa menjawab soal, Anda harus mengetahui hal-hal apa saja yang sering ditanyakan dalam soal. Secara umum, jenis-jenis pertanyaan yang sering ditanyakan dalam soal procedure text antara lain:

  1. Menentukan jenis teks apa yang dihadirkan pada soal procedure text
  2. Menyebutkan bahan atau alat yang diperlukan selama praktik langkah prosedur
  3. Menjelaskan langkah-langkah atau metode yang dipaparkan pada procedure text
  4. Menentukan tujuan komunikasi dari procedure text

Strategi untuk menjawab contoh soal procedure text ini bisa dibedakan dari jenis pertanyaan yang sering diajukan. Untuk menjawab soal terkait jenis teks, beberapa model pertanyaan yang sering diajukan biasanya berkaitan dengan genre atau jenis teks. Istilah yang sering digunakan antara lain “kind of text” atau “the genre of the text”. Jika ada pertanyaan seperti itu, maka Anda harus memberikan jawaban sesuai dengan jenis teks.

Strategi Belajar Soal Procedure text, Pelajari Tujuan dan Bahan

Untuk menjawab soal yang berkaitan dengan tujuan procedure text beberapa model pertanyaan yang sering diajukan antara lain “What is the goal of the text?”. Jika terdapat soal dengan ciri-ciri seperti itu, maka anda harus menjawab dengan kalimat “to show how to…” dan dilanjutkan dengan kalimat yang sesuai dengan judul procedure text yang dilampirkan.

Rekomendasi :  Apa Perbedaan Breath dan Breathe Dalam Bahasa Inggris?

Untuk menjawab contoh soal procedure text yang berkaitan dengan bahan-bahan yang dibutuhkan, maka kalimat pertanyaan yang sering diajukan yaitu “how much/many…”. Jika ada pertanyaan seperti itu, maka Anda harus memperhatikan kata kunci yang terdapat dalam teks dan pilihlah jawaban yang sesuai.

Untuk menjawab soal yang berkaitan dengan langkah-langkah, kalimat pertanyaan yang sering diajukan yaitu: “What should we do?” atau bisa juga dengan “What should we do after…”. Jika ada pertanyaan seperti itu, maka Anda harus memperhatikan kata kunci yang dihadirkan pada procedure text dan pilihlah jawaban yang sesuai. Jawaban yang berkaitan dengan langkah-langkah biasanya ada setelah kata yang mengindikasikan penomoran seperti first, second, next, finally, dan lain sebagainya.

Itulah tadi pembahasan lengkap terkait contoh soal procedure text. Jika Anda bisa memahami jenis dan struktur procedure text secara keseluruhan, maka untuk bisa menemukan jawaban yang benar tidaklah sulit karena bisa diidentifikasi berdasarkan struktur teks yang dihadirkan pada contoh soal.

Cara Mengerjakan Soal Procedure text

Jika sudah mengenal dan memahami hal-hal mendasar terkait procedure text, maka Anda sudah bisa mulai mencoba menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan dalam contoh soalnya. Agar jawaban benar, maka jangan tergesa-gesa dalam mengerjakan soal. Pahami dulu struktur procedure text mulai dari tujuan, langkah-langkah pembuatan, dan juga alat dan bahan yang dilampirkan.

Untuk bisa mempelajari berbagai jenis teks Bahasa Inggris, maka Anda harus bisa mengenali ciri-cirinya dengan baik. Semakin sering Anda mempelajari dan membaca berbagai contoh soal procedure text, maka semakin mudah Baca juga Contoh Narrative Text Fable, Pengertian dan Penggunaannya

Kampung Inggris Search :

    Contoh Soal Essay Procedure Text how to use
4.6 5 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments