determiners adalah

Meski jarang disebutkan, determiners adalah salah satu bagian dari part of speech yang harus dipahami setiap orang yang belajar bahasa Inggris. Determiners adalah noun yang dapat membantumu menyusun kalimat yang memiliki rentang nilai, secara kuantitas maupun kualitas.

Rentang nilai yang dimaksud misalnya lebih dekat, lebih jauh, sekitar, lebih baik, lebih buruk, satu, sedikit, banyak, dan semacamnya. Determiners juga bisa menjelaskan tentang kepemilikan sebuah benda.

Ingin tahu lebih banyak tentang pengertian determiners? Berikut ini penjelasan lengkap tentang determiners, jenis, dan contohnya untukmu, LCers!

Definite Articles

Dalam bahasa Inggris, articles adalah determiner yang digunakan untuk merujuk sekumpulan benda, baik itu benda hidup atau pun benda mati. Biasanya baik pengucap atau yang mendengarkan sudah paham benda apa yang dirujuk dalam kalimat tersebut.

Selain itu, biasanya definite articles juga digunakan untuk menyebut benda yang tak bisa dikuantifikasi dan pengertiannya sudah mutlak diketahui

Noun yang termasuk dalam definite article adalah the, contoh penggunaannya adalah sebagai berikut.

Example:

  • Give me the hammer, my hands are full
  • She borrows me the car she bought yesterday
  • I want to tell you the truth about myself

Coba perhatikan contoh-contoh di atas, apakah kamu sudah paham bagaimana cara menggunakan the? Definite article the bisa kamu gunakan untuk dua hal, yaitu (1) untuk menyebut noun yang sudah diketahui lawan bicara, dan (2) untuk menyebut noun yang pengertiannya sudah diketahui secara umum, contohnya truth, best, most, dan sebagainya.

Indefinite Articles

Indefinite articles adalah pasangan dari definite articles, tapi kebalikan dari definite, indefinite articles memiliki jumlah yang jelas. Dalam bahasa Inggris, yang termasuk dalam indefinite articles adalah partikel a dan an. Contoh penggunaannya indefinite articles bisa kamu lihat sebagai berikut.

Example:

  • I bought a pair of shoes when I was coming to a mall yesterday
  • The children see an elephant at the zoo and becomes so happy
  • She has a big mansion on that big mysterious hill

Saat menggunakan indefinite article “a/an”, lawan bicaramu tidak memahami secara spesifik wujud benda yang kamu ceritakan. Akan tetapi lawan bicaramu sudah cukup memahami apa yang kamu katakan.

Demonstratives

Demonstratives adalah kata bantu yang digunakan untuk menunjukkan benda beserta letaknya, meliputi this, that, these, those, dan it. Saat kamu menggunakan demonstratives, lawan bicaramu akan langsung tahu letak dari benda yang kamu maksudkan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung melihat di tabel demonstratives beserta contohnya sebagai berikut.

DEMONSTRATIVES MEANING EXAMPLE
This Ini This is the gown I have to wear tonight
That Itu (subyek) That is awesome! I never see you become so beautiful!
It Itu (obyek) Don’t mention it, I must not be that beautiful
These Ini (jamak) These makeup make my face heavier
Those Itu (jamak) Those are suitable for you, believe me

Selain untuk menunjukkan benda beserta letaknya, demonstratives juga bisa digunakan untuk menunjukkan benda beserta pemiliknya. Ini terutama berlaku untuk benda-benda yang abstrak.

DEMONSTRATIVES MEANING EXAMPLE
This Ini This feeling breaks me from inside
That Itu (subyek) That ideals will change you become an inferior person
It Itu (obyek) It doesn’t matter if you want to leave me
These Ini (jamak) These thoughts can make me crazy
Those Itu (jamak) Those arguments are actually useless

Di dalam contoh-contoh di atas, lawan bicaramu tidak mengerti sepenuhnya di mana noun yang ditunjuk demonstratives berada. Akan tetapi dia sudah bisa paham dengan apa yang kamu katakan.

Possessive Determiners

Possessive determiners adalah kata bantu yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan dari suatu benda secara subyektif. Biasanya, possessive determiners akan diikuti langsung dengan noun yang dimiliki pengucap. Macam possessive determiners antara lain my, your, his, her, our, their, dan its.

Penggunaan possessive determiners harus diikuti dengan noun yang melekat padanya. Jika tidak, maka possessive determiners tersebut jadi tidak berarti, dan kalimatnya menjadi tidak utuh. Contoh penggunaan possessive determiners bisa kamu lihat sebagai berikut.

Example:

  • This is my dearest phone, I bought it when I was a kid
  • Your car is so cool, how much it cost?
  • Her father tells me to avoid her because she has a fiancée already
  • His grades always the highest in his class
  • We have to strengthen our commitment if we want be the champion
  • This is their trophy when they won the Premier League 10 years ago
  • Pangolin likes to roll up its body when it feels threatened

Quantifiers

Quantifiers adalah kata bantu yang digunakan untuk menjelaskan kuantitas dari suatu benda. Akan tetapi saat menggunaakan quantifiers, kamu tidak perlu mengungkapkan jumlah benda secara real. Quantifiers hanya menjelaskan kuantitas benda secara perkiraannya saja.

Determiners yang termasuk dalam quantifiers misalnya seperti some, many, much, a lot of, most, any, a few, a little, dan semacamnya.

Example:

  • I have some questions to ask you
  • There are a lot of reasons I call you here
  • We’ve used up the most of it
  • Is there any cheese left for me? I want to put it on my burger
  • Don’t add too much sugar on your coffee

Numbers

Kamu mungkin sudah bisa menerka apa itu numbers? Jika quantifiers digunakan untuk menunjukkan kuantitas tanpa menyebutkan angka spesifik, numbers digunakan untuk menyebutkan kuantitas dengan spesifik.

Saat menggunakan numbers, kamu harus menambahkan “s/es” di setiap noun yang mengikutinya. Selain itu, kamu tidak bisa lagi menggunakan indefinite articles untuk mendahului noun. Semua noun yang menggunakan determiner numbers harus memakai definite articles.

Example:

  • There’s just the two of us here
  • You can’t just leave the three of us here!
  • I buy three watermelons in way back home
  • Don’t forget to wash the dishes when I’m not at home

Distributives

Distributive determiner, atau distributives, adalah kata bantu yang digunakan untuk menyebutkan sesuatu yang sebenarnya satu kelompok secara terpisah. Kata yang termasuk ke dalam distributives adalah each, any, either, or, every, nor, dan neither. Contoh penggunaan distributives bisa kamu lihat sebagai berikut.

Example:

  • I don’t understand either (aku tidak mengerti juga)

Di dalam kalimat tersebut, sang pengucap menyebutkan kalimat tersebut sebagai tanda bahwa dia sama tidak mengertinya dengan temannya yang sebelumnya. Jadi dengan menyebutkan kalimat “I don’t understand either”, dia memasukkan diri ke dalam kelompok orang yang sebelumnya tidak mengerti.

Contoh lain dari penggunaan distributives bisa kamu lihat sebagai berikut:

  • I wouldn’t do that, neither now nor later
  • I didn’t understand any of it, so please tell me once again
  • Each student must fill out the registration form

Difference Words

Difference Words adalah kata bantu yang digunakan untuk menyebutkan sesuatu yang lain dari obyek yang dibicarakan. Yang termasuk dalam difference words adalah other, another, else, any else, dan semacamnya. Berikut ini merupakan contoh penggunaan difference words dalam kehidupan sehari-hari.

Example:

  • Let’s see the other places we haven’t visit
  • You can search another girl better than me
  • Is there anything else do you need in this grocery?

Pre-determiners

Last but not least, pre-determiners adalah kata bantu yang digunakan untuk menunjukkan derajat sifat suatu benda atau kondisi. Kalau dalam bahasa Indonesia, derajat pre-determiners ini misalnya betapa, agak, lumayan, sangat, dan sebagainya. Sedangkan dalam bahasa Inggris, kata-kata ini misalnya seperti what, such, quite, rather, a bit, dan semacamnya.

Example:

  • He’s such a gorgeous boy, I never met a boy like him before!
  • What an amazing performance they ever have!
  • I’ve just met rather a good-looking person

Itulah pembahasan lengkap mengenai pengertian determiner, macam-macam, dan contohnya untukmu. Diingat baik-baik ya materi yang telah kamu baca, karena determiner adalah salah satu topik paling krusial yang harus kamu pahami saat belajar bahasa Inggris.

Kalau kamu kesulitan memahami determiners atau bagian dari part of speech lainnya, langsung datang saja ke Kampung Inggris Pare! Di sini, kamu bisa belajar lebih baik bersama tutor Kampung Inggris LC dan sesama member yang ada di sini. Jadi kalau kamu mau belajar bahasa Inggris dengan lebih baik, langsung datang ke Kampung Inggris LC ya!