Hambatan dan Kiat Belajar Grammar Bahasa Inggris

3 min read

belajar grammar

Memahami grammar bagi sebagian orang bukan hal yang mudah. Tak sedikit pula yang menyerah belajar Bahasa Inggris karena kesulitan belajar grammar. Kalau kamu juga mengalami hal ini, tak ada salahnya melihat kembali apa yang menjadi hambatan mempelajari grammar dan bagaimana cara efektif menguasai grammar.

belajar grammar

Hambatan Belajar Grammar

Mempelajari grammar merupakan keharusan kalau kamu ingin lancar berBahasa Inggris. Tanpa menguasai grammar, pengetahuan Bahasa Inggris terasa kurang lengkap. Bahkan dalam praktiknya kamu akan sering menemui kesalahan entah kesalahan penulisan maupun pengucapan.

Biasanya orang yang mampu menguasai grammar akan lebih mudah menguasai Bahasa Inggris. Tentunya kamu harus mengatasi beberapa hambatan dalam belajar grammar terlebih dahulu. Beberapa hambatan dalam mempelajari grammar tersebut seperti :

Malu dan tidak percaya diri

Rasa malu dan tidak percaya diri bukan hanya menghambat pembelajaran Bahasa Inggris, tapi juga menghambatmu untuk bisa mencapai hal yang lebih baik di masa depan. Rasa malu ini bisa disebabkan karena omongan teman atau sering dihakimi oleh orang tua. Bila rasa malu ini sudah sangat berdampak pada kehidupan sehari-hari atau kesehatan mentalmu, sebaiknya segera konsultasikan ke psikolog.

Namun, bila masih bisa kamu atasi sendiri, cobalah untuk mulai melakukan langkah-langkah kecil untuk menyukai grammar dan Bahasa Inggris. Hindari mengejek teman yang belum menguasai grammar atau belum bisa melafalkan Bahasa Inggris dengan benar. Mulailah untuk saling mendukung satu sama lain seperti mengajak belajar bersama sehingga bisa lebih fokus belajar.

Metode belajar salah

Metode belajar yang salah bisa membuat seseorang mudah putus asa atau mengalami kebosanan. Karena karakter ornag berbeda-beda, kamu harus tahu bagaimana caranya agar suasana belajar bisa lebih menyenangkan. Jangan mudah putus asa bila masih menemui kegagalan karena belajar Bahasa Inggris maupun grammar merupakan proses berkelanjutan.

Tak memiliki waktu untuk belajar

Permasalahan umum sulitnya belajar grammar adalah waktu yang terbatas. Tak semua orang memiliki waktu luang untuk mempelajari hal baru termasuk grammar. Terutama bagi para karyawan maupun mahasiswa yang hari-harinya selalu dipenuhi dengan tugas kuliah atau pekerjaan.

Susah menghafal kosakata Bahasa Inggris

Cara mudah menguasai Bahasa Inggris dan grammar yakni dengan menghafalnya. Tapi, tak semua orang bisa menghafal kosakata Bahasa Inggris karena jumlah kosakata yang banyak. Cara paling mudah mengatasi hal ini yakni dengan membiasakan diri menggunakan kosakata Bahasa Inggris sehari-hari atau ngobrol dengan native speaker. Dengan begitu kosakatamu pun akan bertambah setiap harinya.

Rekomendasi :  Perbedaan Concrete Noun dan Abstract Noun dalam Bahasa Inggris

Cara Belajar Grammar yang Mudah

Setelah mengetahu apa saja hambatanmu dalam mempelajari grammar, kini saatnya kamu mencari cara yang efektif agar bisa menguasai grammar. Cara mempelajari grammar yang terbaik bisa berbeda antara satu orang dengan lainnya. Oleh karena itu, kamu harus mencari cara yang cocok dan memudahkanmu menguasai grammar dan efektif menghindari rasa bosan. Beberapa cara mempelajari grammar yang bisa kamu lakukan contohnya :

1.    Memperhatikan hal dasar terlebih dahulu

Menguasai grammar memang tak mudah karena kamu harus mempelajari 16 tenses Bahasa Inggris. Apalagi mengingat semua aspek grammar nantinya akan kamu pakai baik ketika reading, speaking maupun listening. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ketika akan mempelajari grammar yakni dengan memperhatikan hal-hal dasar terlebih dahulu.

Hal-hal mendasar yang dimaksud adalah menguasai verb, simple tense, adjective, clausa, phrase dan lainnya. Dengan mempelajari hal-hal mendasar seperti ini, kamu bisa lebih mudah menguasai grammar terutama ketika hendak mempersiapkan ujian TOEFL dan IELTS. Kalau kamu menguasai komposisi clausa, phrase dan hal dasar dalam Bahasa Inggris, kamu bisa lebih mudah mendapatkan skor tinggi di kedua ujian tersebut.

2.    Pahami struktur atau formula Bahasa Inggris

Selain menguasai hal-hal mendasar dalam Bahasa Inggris dan grammar, kamu juga perlu memahami struktur Bahasa Inggris. Struktur Bahasa Inggris merupakan salah satu bagian tersulit dalam mempelajari grammar. Hal ini karena kamu juga harus mengetahui kapan penggunaannya. Bila kamu sudah hafal struktur Bahasa Inggrisnya, maka akan lebih mudah menguasai grammarnya.

3.    Disiplin

Mempelajari grammar dan Bahasa Inggris juga perlu sikap disiplin. Kuatkan tekadmu belajar grammar dengan mulai mendengarkan lagu berBahasa Inggris. Bila menonton film, biasakan menonton film berBahasa Inggris tanpa subtitle sehingga kosakatamu akan kian bertambah.

Bila kamu membaca novel atau cerpen berBahasa Inggris, cobalah menerjemahkannya ke Bahasa Indonesia. Kamu bisa mengandalkan kamus bukan Google Translate. Demikian pula ketika membaca cerpen berBahasa Indonesia, terjemahkan ke Bahasa Inggris. Lalu, mintalah temanmu yang lebih ahli untuk mengoreksinya. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah menghafal struktur Bahasa Inggris dan memperkaya kosakatamu.

4.    Praktik

Selanjutnya yakni dengan mempraktikkan apa yang sudah kamu pelajari. Sesekali ajak sahabatmu berbicara dalam Bahasa Inggris atau mengerjakan soal Bahasa Inggris bersama-sama. Dengan begitu kamu bisa menemukan di mana kesalahanmu baik dalam penulisan maupun pengucapan.

Rekomendasi :  Ingin Tau Tips Belajar Bahasa Inggris Online Mudah?

Selain itu, kamu juga bisa mulai berteman dengan native speaker. Bicaralah dengan native speaker sesering mungkin sehingga rasa percaya dirimu akan kian tumbuh. Berbicara Bahasa Inggris juga akan melancarkan pelafalan kata-kata Bahasa Inggris.

Demi mempermudah praktik pembelajaran grammar dan Bahasa Inggris, terapkan langkah think, write down dan talk. Yang dimaksud dengan think yakni mengingat struktur grammar yang sebelumnya sudah kamu pelajari. Kemudian tuliskan ke dalam bentuk kalimat dengan memakai aturan grammar yang tepat (write down). Terakhir ucapkan kalimat tersebut untuk kamu dengarkan kembali sehingga bisa dikoreksi bagian mana saja yang masih harus diperbaiki (talk).

5.    Memanfaatkan teknologi

Belajar grammar kini kian mudah. Tak harus selalu membaca buku atau membawa buku Bahasa Inggris kemana-mana. Kamu bisa mengakses pembelajaran grammar secara online memanfaatkan smartphone di genggaman.

Apalagi kini semakin banyak kursus online yang menyediakan layanan pembelajaran grammar. Kursus grammar online ini biasanya menawarkan metode pembelajaran yang lebih interaktif, segar dan menyenangkan sehingga tak membosankan. Materinya pun bisa kamu dapatkan secara online sehingga bisa dibaca kapan saja.

6.    Kursus Bahasa Inggris

Bila ingin mendapatkan pengalaman belajar Bahasa Inggris dan grammar yang lebih lengkap, kamu bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris. Biasanya lembaga kursus Bahasa Inggris menawarkan tutor berpengalaman bahkan native speaker. Hal ini tentu akan memudahkan para peserta kursus bila ingin mengobrol langsung menggunakan Bahasa Inggris atau memperoleh pengetahuan yang lebih luas perihal grammar serta penggunaannya setiap hari.

7.    Siapkan kamus

Kamus Bahasa Inggris akan selalu kamu butuhkan. Demi mempermudah akses ke kamus Bahasa Inggris, kamu bisa memasang aplikasi kamus ke dalam smartphone dan laptopmu. Dengan begitu kapan saja kamu kesulitan mencari makna kata yang masih asing, kamu bisa mencari jawabannya.

Sebenarnya belajar grammar bisa lebih menyenangkan dan jauh dari kesan bosan bila kamu berada di lingkungan yang mendukung. Pilih lembaga kursus yang ramah dan memotivasimu belajar Bahasa Inggris dan jangan mudah putus asa. Niscaya kamu bisa lebih cepat menguasai grammar.

Baca juga Mengapa Belajar Grammar Itu Penting

 

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
×

Panduan Belajar di Kampung Inggris

Rekomendasi :  Memahami Perbandingan dengan Memakai Compare With dan Compare To