perbedaan holiday dan vacation

Holiday dan vacation pastinya merupakan dua kata yang tak asing lagi. Kamu pasti sering mendengarnya apalagi saat weekend tiba. Kamu bisa  melakukan holiday atau vacation setelah semua pekerjaan, sekolah, atau kuliah selesai. Dengan holiday dan vacation, kamu bisa menenangkan pikiran kamu. Bisa dibilang kedua kata itu sering diartikan sebagai liburan. Tetapi sebenarnya terdapat perbedaan holiday dan vacation. Keduanya memiliki arti seputar liburan yang bisa digunakan sebagai kata benda dan kata kerja.

Holiday atau Vacation?

1. Makna Holiday

Bila kamu ingin berhenti melakukan rutinitas dan aktivitas yang rutin dilakukan sehari – hari, kamu bisa menyebutnya dengan holiday. Saat hari libur, biasanya orang – orang melakukan kegiatan refreshing yang berguna untuk menenangkan pikiran. Kamu bisa melakukan jalan – jalan, piknik, atau pun istirahat di rumah. Kata holiday itu berasal dari kata holy yang berarti suci dan day yang berarti hari. Ini berarti bahwa merupakan hari tertentu untuk memperingati satu hari khusus dalam suatu agama. Itulah mengapa dalam suatu negara, holiday bisa memiliki waktu berbeda. Sebagai contoh, saat hari raya Natal dan Lebaran, dijadikan sebagai hari libur sehingga kata holiday paling tepat. Kata holiday juga bisa digunakan sebagai hari libur lain seperti national holiday yaitu libur nasional karena alasan tertentu, summer holiday, winter holiday, dan lain – lain.

Jika dilihat lebih jauh lagi, secara gramatikal holiday ini adalah noun atau kata benda yang berarti liburan. Sedangkan bila kata holiday dipakai sebagai verb, holiday memiliki arti mengambil cuti dari kerjaan ataupun sekolah. Biasanya holiday ini seringkali digunakan oleh orang – orang dengan aksen British English yang berarti menghabiskan waktu untuk liburan atau pergi berlibur. Holiday seringkali dipakai untuk British English.

Contoh Kalimat:

  • Are you going on the holiday the end of this year?

Kalimat ini berarti bahwa Apakah kamu akan pergi liburan akhir tahun ini?

  • The summer holiday has come. We plan to go to Thailand.

Liburan musim panas telah tiba. Kita berencana pergi ke Thailand.

  • The Christmas Holiday is running for two days.

Kalimat ini berarti Liburan Natal akan berlangsung selama dua hari.

Perbedaan holiday dan vacation akan terlihat jelas bila kamu melihat penjelasan tentang vacation.

2. Makna Vacation

Setelah paham tentang holiday, saatnya kamu mempelajari tentang vacation. Apa yang akan kamu lakukan bersama keluarga pada masa holiday? Kamu bisa menjawabnya dengan vacation. Di negara seperti Inggris, penggunaan vacation adalah untuk libur panjang di musim panas dan pergi bersama keluarga. Bisa dibilang vacation ini adalah liburan dengan makna yang sempit. Bila holiday adalah hari libur yang umum, maka vacation adalah liburan yang dilakukan ke suatu tempat tertentu dengan tujuan refreshing dari kegiatan sibuk dan rutin sehari – hari. Tujuan vacation ini adalah untuk rekreasi.

Vacation juga mempunyai arti liburan dengan waktu yang jauh lebih panjang dibandingkan dengan holiday. Misalnya, saat kamu melakukan summer vacation, maka durasi liburannya jauh lebih panjang dibandingkan summer holiday. Jadi, holiday adalah hari libur dengan jangka waktu pendek yang biasanya berlangsung sehari atau dua hari. Sementara vacation adalah eksekusi hari libur (holiday) dengan jangka waktu liburan yang jauh lebih panjang bisa berhari – hari, berminggu – minggu, bahkan beberapa bulan. Namun, di beberapa negara, holiday dan vacation memiliki arti sama yaitu liburan. Kamu sudah tahu kan perbedaan holiday dan vacation? Intinya adalah penggunaan secara umum dan durasi waktu liburan yang dilakukan.

Contoh Kalimat:

  • David will have vacation in New York for one month.

Kalimat ini berarti David akan liburan ke New York selama 1 bulan.

  • In the New Year’s Eve Holiday, Jane and her family will go to Europe for a vacation.

Kalimat ini berarti Di liburan malam tahun baru, Jane dan keluarganya akan pergi ke Eropa untuk liburan.

  • My mom and dad are going to United Kingdom for enjoying a winter vacation.

Kalimat ini berarti bahwa ibu dan ayahku akan pergi ke Inggris untuk menikmati liburan musim dingin.

Dari penjelasan diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa perbedaan holiday dan vacation ini terletak pada makna yang muncul dalam kalimat. Kamu bisa semakin memahaminya dengan sering melakukan praktik. Semakin praktik sering dilakukan kamu sudah tidak akan lagi bingung dalam membedakan keduanya. Selamat praktik !!!

Baca juga: What Can I Do For You? Vs. What Can I Do You For?

Kampung Inggris Search :

  • arti vacation
  • beda holiday dan vacation
  • summer vacation artinya
  • summer vocation artinya