sinonim kata big

Kalau kamu ingin proses belajar bahasa Inggris-mu lancar, salah satu hal yang harus kamu lakukan adalah menghafalkan vocabulary sebanyak mungkin. Apalagi dalam bahasa Inggris, satu kata bisa memiliki sangat banyak terjemahnya. Misalnya saja kata “besar”, yang kalau ditranslate ke Inggris akan banyak sekali padanannya. Apa saja bahasa Inggris untuk kata “besar”? Simak daftar sekaligus penjelasannya berikut ini.

Big

Translate pertama dan yang paling umum dari kata “besar” adalah big, yang secara definitif memiliki arti: ukuran yang melebihi ukuran rata-rata untuk benda sejenisnya. Kamu bisa menggunakan kata big untuk mendeskripsikan benda apa pun yang menurutmu berukuran besar.

Example:

  • I live in a big town called London (aku hidup di sebuah kota besar bernama London)
  • This is the biggest hall I ever visit! (ini adalah aula terbesar yang pernah aku kunjungi)
  • His cat is bigger than mine (kucingnya lebih besar dari kucingku)

Dalam contoh di atas, ada dua kombinasi state of adjective untuk big, yaitu biggest dan bigger. Biggest artinya “terbesar”, yang digunakan adalah imbuhan –est bukannya most. Sementara bigger (“lebih besar”)

Large

Translate kedua dari “besar” setelah big adalah large, yang secara singkatnya berarti “kuantitas, luas, kapasitas yang melebihi rata-rata” atau pendeknya: luas. Vocabulary large biasanya digunakan untuk mendeskripsikan tempat atau kapasitas.

Example:

  • This is a large room, but you live here alone? (ini kamar yang luas, tapi kamu tinggal di sini sendirian?)
  • She is a girl with the largest heart I ever know (dia adalah cewek berhati paling lapang yang pernah kukenal)
  • World is larger than your imagination (dunia itu lebih luas daripada imajinasimu sendiri)

Sama seperti big, state of adjective large menggunakan akhiran –est (bentuk superlative) dan –er (bentuk comparative).

Great

Dalam konteks sinonim dengan kata “big”, great memiliki arti “ukuran/kapasitas yang jauh melebihi rata-rata jenisnya” atau pendeknya: sangat besar. Sebagai kata deskriptif dari “besar”, great memiliki level yang berbeda dengan big atau large. Jika big dan large terikat dengan benda fisik/yang bisa terukur, maka great sebaliknya. Great bisa digunakan untuk mendeskripsikan benda fisik mau pun abstrak.

Example:

  • She will play its violin on this great hall (dia akan memainkan biolanya di aula yang sangat besar ini)
  • Parents are the greatest example for their children (orang tua adalah teladan terbesar untuk anak-anaknya)
  • The stronger you are, the greater challenge you will face (semakin kuat kamu, semakin besar tantangan yang akan kamu hadapi)

Enormous

Pengertian enormous hampir sama dengan great, sama-sama berlaku untuk benda fisik dan abstrak. Tapi biasanya enormous hanya digunakan untuk benda yang bisa diukur saja, misalnya debit air, jumlah, dan semacamnya. Secara singkatnya, enormous memiliki arti “sangat besar dari segi ukuran, kekuatan, mau pun kapasitas”.

Example:

  • Rhinoceros is an enormous animal after the elephant (badak adalah binatang sangat besar setelah gajah)
  • There is an enormous traffic jam right in front of us (ada kemacetan yang sangat parah tepat di depan kita)
  • Lack of sleep has enormous impact for the brain functionality (kurang tidur punya pengaruh sangat besar terhadap fungsi otak)

Lho, min? Kok nggak ada keterangan state of adjective untuk enormous sih? Yep, emang nggak ada. Sebab dalam bahasa Inggris, enormous dianggap sebagai ungkapan yang mewakili “sangat besar”. Jadi sebaiknya kamu menggunakan enormous untuk object yang sangat besar sampai tak ada tandingannya.

Huge

Terjemahan Indonesia dari huge adalah “memiliki ukuran besar yang tidak normal”. Ungkapan ini bisa kamu gunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sangat besar, padahal umumnya benda tersebut tidak memiliki ukuran sebesar itu. Dari segi kalimat, huge memiliki sifat seperti enormous, yang tidak memiliki state of adjective.

Example:

  • She has a huge mistake on him (dia punya kesalahan besar padanya)
  • There’s a huge wall on the house’s wall (ada lubang yang sangat besar di tembok rumah)
  • We must forgive each other for our huge fight last night (Kita harus saling memaafkan untuk pertengkaran besar kita semalam)

Gigantic

Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, gigantic sebenarnya memiliki arti yang sama dengan huge, yaitu “sangat besar”. Akan tetapi dalam bahasa Inggris, gigantic memiliki ukuran yang lebih besar dari huge, karena gigantic sebenarnya berarti “sangat besar sampai menyerupai raksasa”. Penggunaan gigantic sama fleksibelnya seperti “big”, dan gigantic tidak memiliki state of adjective.

Example:

  • The truck has a gigantic size (Truk itu punya ukuran yang sangat besar)
  • Dad caught a gigantic bird, but then decided to release it (Ayah menangkap seekor burung yang sangat besar, tapi memutuskan untuk melepasnya)
  • People say there are some gigantic wolves live inside our forest (Orang-orang bilang ada beberapa serigala sangat besar tinggal di dalam hutan kita)

Giant

Giant memiliki arti yang sama persis dengan gigantic, yaitu sangat besar sampai menyerupai raksasa. Akan tetapi giant bisa digunakan untuk benda yang ukurannya di bawah gigantic. Berbeda dengan vocabulary untuk “besar” lainnya, giant adalah noun bukannya adjective. Selain itu, giant juga tidak bisa digunakan sebagai predikat kalimat.

Example:

  • The giant tree has lived for about 100 years (pohon raksasa itu sudah hidup selama sekitar 100 tahun)
  • This hotel has a giant swimming pool at the sixteenth floor (hotel ini punya kolam renang raksasa di lantai 16-nya)
  • I want to buy a bed with giant size (aku ingin membeli kasur dengan ukuran raksasa)

Massive

Dalam bahasa Indonesia sendiri, kata massive sudah diadaptasi menjadi “masif”, yang artinya “sangat besar dan menyeluruh”. Secara sifatnya, massive bisa disamakan dengan gigantic, akan tetapi massive bukan hanya berlaku untuk benda fisik, melainkan juga benda abstrak. Kata massive tidak memiliki bentuk comparative atau superlative.

Example:

  • There was a massive movement of students in Jakarta last night (ada pergerakan besar pelajar di Jakarta semalam)
  • The closing department store is having a massive discounts, let’s buy something there (Toko yang akan tutup itu sedang mengadakan diskon besar-besaran, ayo beli sesuatu di sana!)
  • The massive earthquake happened on Ambon a few days ago (Sebuah gempa bumi besar terjadi di Ambon beberapa hari yang lalu)

Colossal

Sama seperti massive, colossal juga sudah diterjemahkan dan diadaptasi ke bahasa Indonesia, dengan kata “kolosal”. Colossal dalam bahasa Inggris memiliki arti “sangat besar”, tapi penggunaannya cenderung untuk mendeskripsikan object yang misterius dan tidak biasa. Colossal lebih cocok diposisikan sebagai noun daripada adjective, sehingga tidak memiliki state of adjective.

Example:

  • According to the folks, there are many colossal snakes live inside Kalimantan forests (menurut legenda, ada banyak ular raksasa hidup dalam hutan-hutan Kalimantan)
  • Poland has made a colossal Jesus statue which is higher than the statue on Brazil (Polandia telah membuat sebuah patung Jesus raksasa yang lebih tinggi dari patung di Brazil)
  • A colossal US ship passed this harbour some hours ago (Sebuah kapal raksasa milik Amerika telah melewati pelabuhan ini beberapa jam lalu)

Monstrous

Pernah mendengar kata “monstrous”? Kalau belum, kata satu ini cocok juga nih kamu gunakan sebagai alternatif kata “big”! Dulunya, monstrous sebenarnya digunakan untuk mengekspresikan rupa yang mirip monster. Akan tetapi saat ini, monstrous mengalami pergeseran makna menjadi “sesuatu yang sangat besar dan tidak wajar ukurannya”. Dalam arti “besar”, monstrous hanya bisa digunakan untuk benda-benda fisik saja.

Example:

  • He can eat the monstrous hamburger all by himself just in 10 minutes (dia bisa menghabiskan hamburger raksasa itu sendirian hanya dalam 10 menit)
  • There was a monstrous typhoon on this area last week (ada sebuah angin topan raksasa di wilayah ini minggu lalu)
  • The tree has grown into a monstrous size (pohon ini telah tumbuh menjadi berukuran raksasa)

 

Selain kata-kata di atas, sebenarnya masih banyak lagi padanan kata untuk “big”, misalnya immense, tremendous, prominent, dan profound. Sambil belajar bahasa Inggris, kamu bisa menghafalkan vocabulary tersebut sedikit demi sedikit.

Selain itu jika kamu ingin meningkatkan penguasaan vocabulary-mu, jangan lupa sering-sering latihan soal ya! Semakin banyak kamu berlatih, kamu akan lebih mudah mengingat vocabulary yang telah kamu hafalkan.

Kalau kamu butuh bimbingan untuk mempelajari bahasa Inggris, coba deh datang ke Kampung Inggris LC! Langsung pilih paket kursus bahasa Inggris apa  yang cocok untukmu, dijamin proses belajarmu akan makin menyenangkan!

Ingin membaca materi seru dari Kampung Inggris LC lainnya? Coba langsung cek ke materi satu ini: Penggunaan In, On, At Dalam Bentuk Tempat dan Waktu

Kampung Inggris Search :

  • Kumpulan Kosa kata kampung inggris