orang tua belajar bahasa inggris?

Belajar tidak mengenal batasan umur. Hal serupa berlaku dalam belajar bahasa Inggris yang bisa dipelajari oleh siapapun; bahkan oleh orang tua.

Belajar Bahasa Inggris Dapat Dimulai Kapanpun

Usia anak – anak merupakan salah satu waktu terbaik untuk memulai belajar sesuatu. Sedangkan waktu terbaik lain adalah saat ini. Usia sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk enggan belajar sesuatu yang baru. Les atau kelas bahasa Inggris kebanyakan diisi oleh anak muda atau pun anak – anak; tetapi bukan berarti orang tua tidak dapat belajar bahasa internasional tersebut.

Kebanyakan orang tua atau mereka yang sudah cukup berumur enggan untuk belajar bahasa baru. Tetapi mempelajari bahasa Inggris dengan metode yang tepat bisa menjadi solusi bagi Anda dan mereka yang tidak lagi muda. Ada beberapa hasil penelitian yang menyebutkan bahwa otak seseorang yang telah berumur tetap dapat menyerap informasi dan mempelajari hal – hal baru. Termasuk di dalamnya adalah mempelajari bahasa baru.

Tantangan Orang Tua Dalam Mempelajari Bahasa Inggris

Ada beberapa tantangan yang umumnya dialami oleh orang tua yang baru mulai mempelajari bahasa Inggris. Kondisi ini salah satunya memang disebabkan oleh menurunnya daya adaptasi. Salah satu tantangan besar yang kadang menyulitkan adalah pronunciation atau pengucapan vocabulary dalam bahasa Inggris. Mengucapkan kosa kata dengan tepat bisa menjadi hal sulit terutama jika dituntut untuk mengucapkannya seperti para native speaker. Faktor aksen yang telah mendarah daging umumnya membuat lidah lebih sulit mengucapkan fonem baru yang sebelumnya tidak dikenal.

Salah satu solusi belajar bahasa inggris untuk orang tua terkait tantangan tersebut adalah mempelajarinya dari orang yang memiliki bahasa ibu sama. Akan lebih mudah meniru pronounciation dari orang Indonesia yang berbahasa Inggris dibandingkan dengan meniru pengucapan seorang native speaker. Berada di lingkungan orang Indonesia yang berbahasa Inggris akan menjadi sebuah keuntungan besar bagi seseorang yang baru memulai belajar bahasa tersebut setelah cukup berumur. (Baca: 5 Cara Agar English Pronunciation Makin Oke)

Mengatasi Kesulitan Belajar Grammar

Tantangan besar lain dari orang tua yang baru memulai untuk belajar bahasa Inggris umumnya ada pada bagian grammar. Struktur bahasa Inggris yang dipelajari dengan grammar umumnya memberi kesulitan tersendiri; sama seperti bagian rumit terstruktur lain seperti syntax dan tenses. Orang yang telah berumur umumnya lebih mudah belajar vocabulary baru jika dibandingkan dengan belajar struktur bahasa.

Cara praktis mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan praktek. Ketika seseorang secara berulang – ulang mendengar dan mengucapkan kalimat dalam bahasa Inggris; kerangka logika bahasa tersebut akan semakin dikenali. Mempelajari struktur bahasa dengan memanfaatkan belajar vocabulary baru dan praktek dalam percakapan bisa menjadi pilihan terbaik mempelajari bahasa Inggris setelah berusia tua. (Cara Praktis Memperkaya Perbendaharaan Vocabulary Bahasa Inggris)

Metode Belajar Yang Tepat Untuk Orang Tua

Proses belajar yang dilakukan oleh orang tua hampir pasti berbeda dengan anak – anak atau seseorang yang masih muda. Selain faktor umur dari segi fisik; kondisi psikologis orang tua juga berbeda. Dua hal tersebut membuat proses belajar yang ideal bagi orang tua menjadi berbeda jika dibandingkan dengan anak – anak.

Orang tua merupakan sosok manusia mandiri dan telah memiliki bekal atau kekayaan pengalaman hidup. Dua aspek tersebut merupakan bagian dari empat asumsi Andragogi yang dikemukakan oleh Malcolm Knowles yang menulis buku The Modern Practice of Adult Education. Sedangkan dua hal lain adalah kemampuan orang dewasa untuk langsung menerapkan dan merasakan pelajaran baru sebagai bagian dari kehidupan sehari – hari. Sedangkan satu hal terakhir berkaitan dengan kesiapan orang tua untuk belajar selalu ditentukan oleh keinginan dan kebutuhannya untuk belajar.

Berdasar 4 poin tadi; orang tua sebaiknya diarahkan untuk belajar bahasa Inggris dengan cara – cara yang dikaitkan dengan kehidupan sehari – hari. Bercakap – cakap dalam bahasa Inggris bisa menjadi cara terbaik untuk mempelajari bahasa tersebut. Duduk di kelas untuk sekedar mendengarkan pelajaran tentang grammar akan minim manfaat bagi orang tua, berbeda dengan dilanjutkan mengaplikasikannya dalam percakapan layaknya hidup sehari – hari.

Manfaat Mempelajari Bahasa Inggris Bagi Orang Tua

Mempelajari hal baru akan memberi banyak manfaat. Sama halnya dengan belajar bahasa inggris yang dilakukan oleh seseorang yang telah tidak muda lagi. Proses belajar akan menjaga otak tetap aktif berpikir sehingga terus dilatih. Efek positif yang umumnya dirasakan adalah daya ingat yang membaik serta peningkatan kinerja otak secara umum. Belajar hal baru seperti bahasa bisa dikatakan merupakan salah satu bentuk olahraga otak. Otak yang jarang digunakan dan tidak dilatih akan lebih beresiko mengalami pikun dibandingkan otak yang terus dinamis dan belajar hal – hal baru.

Sedangkan proses belajar bahasa inggris yang melibatkan pertemuan dan interaksi dengan orang – orang baru juga bisa menjadi kegiatan yang menyegarkan secara psikologis. Bertemu teman dan bersama – sama melakukan aktivitas yang disukai merupakan bentuk lain dari penyegaran pikiran atau refreshing. Terlebih lagi ketika proses mempelajari bahasa Inggris melibatkan menonton film atau menyanyikan lagu; maka aktivitas menyenangkan dan menantang akan semakin banyak ditemui.

Seperti halnya belajar bahasa inggris di Kampung Inggris LC. Metode belajar di Kampung Inggris LC ini bisa juga dijadikan pilihan untuk Anda yang bisa dikatakan tidak lagi muda tetapi masih memiliki keinginan kuat untuk belajar bahasa inggris.

Lingkungan belajar yang bersahabat dengan pengaplikasian langsung sangat bisa mendukung Anda untuk belajar bahasa inggris dan bisa menguasai bahasa inggris dalam usia yang tidak lagi muda.

Contohnya seperti salah satu alumni English Master 22, Ir Syaifudin asal Jakarta yang bisa Anda simak melalui video dibawah ini:

Yup, usia bukan alasan untuk tidak melakukan UPGRADE kemampuan termasuk kemampuan bahasa inggris. Lingkungan yang tepat bisa membuat Anda mampu menguasai bahasa inggris dengan baik. Dan Anda bisa mendapatkannya di Kampung Inggris LC.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut Anda bisa langsung melakukan KONSULTASI dengan CS kami di nomor:

0852 3111 1117 atau 0858 8888 1117