Pahami Word Formation Belajar Bahasa Inggris Lebih Dalam

3 min read

word formation

Teori mengenai word formation masih sangat jarang diberikan kepada siswa di sekolah, biasanya teori ini disampaikan di bangku perkuliahan atau tempat kursus. Hal ini disebabkan karena teori ini termasuk dalam pembahasan dengan tingkat kesulitan sedang. Pengaplikasiannya hanya sekedar teori saja, sangat jarang diaplikasikan untuk sehari-hari.

Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, istilah ini memiliki arti pembentukan kata. Memang pada dasarnya, teori ini mempelajari bagaimana suatu kata bisa terbentuk menjadi kata yang biasa digunakan sehari-hari. Dalam teori ini juga, dapat ditelusuri mengenai keaslian sebuah kata, apakah asli Bahasa Inggris atau bukan.

Pengertian lebih lengkapnya, word formation adalah proses pembentukan kata yang diberi awalan (prefix) atau diberi akhiran (suffix) untuk memberikan makna yang baru. Tambahan yang dimaksud adalah imbuhan, jika suatu kata dalam Bahasa Inggris diberi imbuhan maka akan berbeda arti dan kelas katanya.

Teori tentang pembentukan kata ini memang banyak, mengingat sangat banyak sekali kosa kata yang dimiliki Bahasa Inggris. Maka dari itu para ahli bahasa membaginya kepada beberapa bagian, sesuai dengan aturan pola yang dimiliki oleh setiap kata, untuk lebih memudahkan orang-orang dalam mempelajari materi pembentukan ini.

word formation

Pembagian Jenis Word Formation Sesuai dengan Pola Kata

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa pola ini memiliki beberapa jenis pembagian bentuk kata. Pembagian jenis kata tersebut, akan memudahkan Anda untuk bisa menghafal dan memahami teori ini. Untuk lebih jelasnya simak uraian mengenai jenis-jenis pembentukan kata berikut ini:

  1. Conversion

Conversion merupakan proses word formation yang tidak merubah bentuk kata aslinya dari kata yang digunakan. Sebagai contohnya ada bottle dan butter. Kedua kata tersebut jika diterjemahkan secara literal maka termasuk jenis kata benda. Kata tersebut dapat berubah menjadi kata kerja tanpa perlu mengubah kata aslinya. Contoh kalimatnya:

  • Can you bottle the water? (bisakah kamu memasukan air ke dalam botol itu?)
  • You can butter the bread (kamu bisa memberi mentega ke roti itu)
  1. Blending

Pembentukan kata yang kedua yaitu blending, yaitu pembentukan kata dengan cara menggabungkan dua kata dan menghilangkan beberapa hurufnya. Kata yang sangat familiar dalam blending ini adalah brunch, yaitu gabungan antara breakfast dan lunch, maka arti terjemahannya adalah “sarapan sekaligus makan siang” digabungkan dalam sekali makan.

  1. Compounding

Hampir sama dengan sebelumnya yaitu blending, namun bedanya compounding ini tidak menghilangkan huruf. Jadi pengertiannya adalah menggabungkan dua kata, tanpa menghilangkan huruf yang ada dari keduanya. Contohnya seperti homework, yang memiliki arti pekerjaan rumah atau PR, merupakan gabungan dari dua kata yaitu home dan work.

Pembagian Jenis Pembentukan Kata Sesuai dengan Pola Kata

  1. Inflection

Jenis ini, hanya perlu menambahkan imbuhan diakhir atau suffix dengan huruf “s”. Contohnya “Sana gives so much chocolates to his mother” arti terjemahannya adalah “Sana memberi banyak coklat untuk ibunya”, bisa dilihat dengan jelas pada kata “gives” dan “chocolates” keduanya menggunakan suffix “s”.

  1. Coinage

Cara word formation dengan coinage ini, yaitu menyebutkan kata untuk mewakili kata asalnya. Biasanya orang menyebutkan merk terkenal, untuk mewakilkan nama barang tertentu. Untuk lebih jelasnya simak contoh kalimat ini, “can you give me aqua?” artinya “bisakah kamu memberi saya air?” berarti aqua mewakilkan air.

  1. Clipping

Penggunaan cara clipping yaitu dengan menghilangkan beberapa huruf, biasanya akan menghasilkan kata yang baru. Seperti kata gasoline, yang sekarang lebih dikenal dengan kata gas saja. Kemudian kata influenza, yang sekarang lebih dikenal dengan kata flu saja untuk mewakilkan gejala pilek. Seolah-olah menghasilkan kata yang baru.

  1. Acronym

Mungkin untuk istilah acronym sudah tidak asing lagi, karena dalam Bahasa Indonesia juga memiliki istilah ini. Pengertiannya yaitu sebuah kata yang sebenarnya merupakan kependekan dari beberapa kata. Hampir mirip singkatan namun akronim memiliki huruf vokal di dalam kata-nya. Contohnya, WHO merupakan sebuah kata yang menjadi kependekan dari frasa World Health Organization. Lalu ada UNESCO, yang frasa asalnya adalah United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization .

Rekomendasi :  15 Kosa Kata Bahasa Inggris Resmi yang Sebelumnya Tidak Pernah Ada

Tambahan Jenis Word Formation Menurut Beberapa Ahli Bahasa

Pada umumnya, word formation hanya memiliki tujuh jenis saja seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Namun tidak sedikit sumber yang menyebutkan bahwa jenisnya ada sebelas. Jadi, kami akan menambahkan empat jenis pembentukan kata yang belum dijelaskan diatas. Simak uraian penjelasannya dibawah ini:

  1. Derivation

Merupakan proses pembentukan kata, dengan cara memberi affix atau imbuhan pada kata tersebut. Sehingga setelah diberi imbuhan, kata tersebut akan menghasilkan makna baru dan kelas kata yang baru pula. Contohnya kata act, yang merupakan verb. Lalu diberi imbuhan –ion menjadi ‘action’ sehingga berubah menjadi noun.

  1. Borrowing

Sesuai dengan makna terjemahannya, yaitu “meminjam”. Pembentukan kata dengan proses borrowing ini dengan meminjam kosa kata dari bahasa lain selain bahasa Inggris. Seperti kata burglar, accuse, dan masih banyak lagi biasanya kata tersebut meminjam dari bahasa Polandia, Belanda, Portugis, Arab dan lain-lain.

  1. Back

Back word formation merupakan proses pembentukan kata, dengan cara memisahkan imbuhan dari kata dasarnya. Pembentukan tipe ini juga disebut dengan pemotongan suatu bagian kata, yang menghasilkan perubahan kelas kata dari bentuk barunya. Contohnya kata editor berasal dari kelas kata noun, lalu dipotong menjadi edit yang kemudian masuk ke dalam verb.

  1. Onomatopoeia

Proses pembentukan kata yang terakhir, yaitu onomatopoeia merupakan dari suara yang mewakili suatu benda. Contohnya orang menyebutkan “miauw” untuk mewakili kucing, karena kucing biasanya mengeluarkan suara miauw tersebut. Contoh lainnya yaitu “cock-a doo” atau dalam bahasa Indonesia “kukuruyuk” untuk mewakili suara penyebutan ayam.

Jenis Pembentukan Kata Menurut Kelas Kata dalam Bahasa Inggris

Selain pembagian word formation menurut pola perubahannya, ada juga pembagian jenis pembentukan kata menurut kelas katanya. Mulai dari verb, adverb, dan lain-lain karena banyak sekali kosa kata dalam Bahasa Inggris yang harus dikelompokan. Simak penjelasannya dibawah ini untuk mengetahui jenis pembentukan kata menurut kelas kata:

  1. Verb Formation

Verb formation adalah pembentukan kata menjadi kata kerja, caranya yaitu dengan menambahkan suffix –ize dan –ify pada kata yang akan diubah. Bisa digunakan pada noun ataupun adjective (kata sifat), seperti American: Americanize, Legal: Legalize, Sync: Synchronize, Modern: Modernize. Contoh “we want to modernize the factory”.

  1. Adverb Formation

Merupakan pembentukan sebuah kata menjadi kata keterangan, yaitu dengan cara menambahkan imbuhan diakhir kata (suffix) –ly. Penambahan imbuhan tersebut bisa digunakan pada hampir semua kata adjective untuk bisa diubah menjadi adverb. Contoh Easy: easly, Quick: quickly, beautiful: beautifully, main: mainly. Contoh kalimatnya “he studied stupidly”.

Rekomendasi :  Ini Dia Tips Presentasi yang Baik Menggunakan Bahasa Inggris

Pembahasan dan pembagian mengenai pembentukan kata dalam Bahasa Inggris ini sangat banyak, begitu juga dengan penerapannya yang bisa digunakan sehari-hari. Namun, mungkin sangat jarang orang yang mengerti tentang materi word formation ini.

Baca juga Term dan Word

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
×

Panduan Belajar di Kampung Inggris

Rekomendasi :  Ini Dia Tips Presentasi yang Baik Menggunakan Bahasa Inggris