belajar bahasa inggris otodidak

Kata orang-orang sih, belajar bahasa Inggris itu sulit, tapi nyatanya nggak gitu juga kok! Seperti kata Albert Einstein, when there is a will there is a way, atau simpelnya “ada niat ada jalan”. Selama kamu bersungguh-sungguh belajar, kamu pasti bisa cerdas berbahasa Inggris dengan cepat.

Mau tahu bagaimana cara mudah belajar bahasa Inggris secara otodidak? Pastikan kamu resapi tiap poin di bawah ini ya, karena Kampung Inggris membuatnya khusus untukmu.

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Tidak semua orang dianugerahi untuk belajar bahasa Inggris di tempat beken seperti Kampung Inggris Pare. Yep, we totally understand that. Mungkin sekarang kamu sedang menabung sedikit demi sedikit supaya bisa datang ke sini. Nah, sambil menabung, kamu bisa belajar bahasa Inggris otodidak terlebih dulu, begini caranya.

1.Berangkatlah Dari Sesuatu yang Kamu Sukai

Pertama-tama sebelum belajar bahasa Inggris otodidak, kamu harus tahu apa yang paling kamu sukai dulu. Saat kamu berangkat dari sesuatu yang kamu sukai, kamu pasti mau terus mempelajarinya sampai akhir.

Misalnya nih, kamu adalah seorang remaja yang sangat mengidolakan Harry Potter. Suatu saat nanti, kamu ingin datang ke Inggris, mengunjungi tempat-tempat syuting film yang kamu sukai itu. Bahkan, kamu ingin sekali bertemu dengan para pemainnya!

Meski impian ini terkesan impossible, tetaplah percaya kalau itu akan terjadi. Jadikan itu motivasi untuk kamu terus mempelajari bahasa Inggris.

2.Tulis dan Hafalkan Lagu Barat Tiap Hari

Tidak bisa dipungkiri, kebiasaan mencatat lirik lagu favorit adalah salah satu cara mudah belajar bahasa Inggris otodidak. Meski terkesan seperti anak kecil, menuliskan lirik lagu Barat favorit akan membuat kita belajar bahasa Inggris secara tidak sadar.

Tiba-tiba, kita jadi mengerti arti bait per bait dari lagu tersebut. Kemudian kita juga bisa memahami aturan grammar yang terdapat di dalam lirik lagu. Benar-benar cara yang menyenangkan untuk mempelajari bahasa Inggris!

Akan tetapi jangan hanya belajar melalui lagu saja, ya. Pastikan kamu belajar dari media lain juga seperti film, buku, dan semacamnya. Karena to be honest, banyak lagu Barat yang tidak menggunakan grammar yang baik dan benar.

3.Sering Menonton Film Berbahasa Inggris

Selain mendengarkan lagu Barat dan mencatat liriknya, menonton film berbahasa Inggris juga bisa membantumu belajar bahasa Inggris otodidak. Dan to tell the truth, ada banyak orang yang mahir bahasa Inggris hanya karena menonton film lho!

Dengan menonton film, kamu bisa mempelajari pronunciation dan cara para native berkomunikasi. Selama 2 sampai 3 jam, kamu bisa membiasakan dirimu mendengarkan pronunciation para native. Dan secara tidak sadar mengingatnya saat nanti kamu bicara dalam bahasa Inggris.

Lebih dari itu, melalui film kamu bisa mempelajari yang namanya vowel. Seperti yang kita tahu, setiap negara yang menggunakan bahasa Inggris memiliki aksen masing-masing.

4.Membiasakan Diri Menonton Channel Youtube Luar Negeri

Di era ini, hampir semua orang suka streaming Youtube bukan? Salah satunya pasti kamu, ya kan? Nah, daripada kamu terus-menerus menonton channel berbahasa Indonesia, tidak ada salahnya ganti ke channel berbahasa Inggris.

Misalnya nih, kamu suka nonton channel prank. Sekali-kali, cari prankster lain dari luar negeri, jangan cuma nonton channel prank dari orang Indonesia saja. Bukannya tidak nasionalis, tapi ini guna melatih kemampuanmu berbahasa Inggris.

5.Mengubah Preferensi Google Search Menjadi Bahasa Inggris

Selama ini, pernahkah kamu mengecek bahasa apa yang digunakan akun Google-mu? Sebenarnya kita bisa mengatur sendiri preferensi Google Search berdasarkan bahasa yang kita sukai. Dan ini bukan hanya akan memengaruhi bahasa Google. Tapi juga memengaruhi hasil pencarian yang muncul di halamanmu!

Saat kamu mengubah bahasa Google-mu menjadi “English”, hasil pencarianmu juga akan berubah menjadi bahasa Inggris. Situs-situs yang muncul pun menggunakan bahasa Inggris, jadi kamu bisa melatih bahasa Inggrismu dengan membaca situs-situs tersebut.

6.Kurangi Penggunaan Translator Otomatis

Cara mudah belajar bahasa Inggris otodidak berikutnya adalah: kurangi penggunaan translator otomatis. Lah, emangnya itu mudah ya? Bukannya itu hanya akan mempersulit kamu dalam menerjemahkan bahasa Inggris?

Yep, indeed, using the translator machine would help you a lot. But you’re going to kill your brain cells and its learning ability. Jadi kalau kamu beneran mau expert berbahasa Inggris, ya kamu harus mau mengurangi penggunaan translator otomatis, lalu belajar menerjemahkan sendiri pakai kamus.

Kalau kamu meragukan kemampuanmu menerjemahkan, kamu bisa meminta koreksi dari orang yang lebih ahli bahasa Inggris dibandingkan kamu.

7.Menetapkan Target Belajar Bahasa Inggris Tiap Hari

Kalau kamu memang berniat mendapat nilai bahasa Inggris advanced hanya dengan belajar otodidak, brace yourself.

Kamu perlu mengerahkan usaha 200% lebih keras dibanding teman-temanmu yang belajar bahasa Inggris bersama tutor. Kamu perlu menekan dirimu 2 kali lipat lebih kuat dibanding teman-temanmu yang datang ke Kampung Inggris Pare.

Setiap harinya, pastikan kamu punya target belajar, dan ikuti hal tersebut dengan konsisten! Pastikan kamu memiliki target yang terukur dan kuantitatif. Misalnya mempelajari 20 vocab baru per hari, 1 bentuk tenses per hari, dan semacamnya.

8.Membiasakan Diri Membaca Tulisan dalam Bahasa Inggris

Nah ini juga penting! Kalau kamu ingin proses belajar bahasa Inggris-mu makin lancar, kamu kudu membiasakan diri membaca segala sesuatu dalam bahasa Inggris.

Kamu suka baca-baca novel di Wattpad? Ganti preferensi novelmu dengan novel-novel berbahasa Inggris! Suka baca fanfiction Korea? Move on dari penulis berbahasa Indonesia, dan ganti ke penulis FF berbahasa Inggris. Suka baca berita atau artikel tips? Cari situs dan blog yang menyediakan tulisan dalam bahasa Inggris.

Yes, cara belajar bahasa Inggris otodidak satu ini memang tidak mudah. Tapi memang inilah jalan yang harus kamu tempuh jika ingin expert hanya dengan belajar sendiri tanpa tutor.

9.Sering-Sering Mengerjakan Soal Bahasa Inggris

Di waktu-waktu luangmu, kamu perlu sering-sering mengerjakan soal bahasa Inggris. Cara mendapatkan soal-soal tersebut gampang kok! Kamu cukup mendownload soal-soal latihan gratis di internet, mencetak, lalu mengerjakannya tiap hari.

Kalau bisa sih, satu hari bisa menyelesaikan satu paket soal bahasa Inggris. Setelah mengerjakan keseluruhannya, kamu bisa mengecek di kunci jawaban dan mengoreksi jawabanmu.

Mengerjakan soal-soal semacam ini bisa dibilang wajib jika kamu ingin mahir berbahasa Inggris. Terutama jika kamu ingin mendapat nilai bagus di tes TOEFL atau IELTS.

10.Mempraktikkan Bahasa Inggris dalam Kehidupan Sehari-hari

Last but not least, cara mudah belajar bahasa Inggris terbaik adalah: mempraktikkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Gunakan bahasa Inggris sebanyak dan sesering mungkin, tidak usah malu dan takut salah. Mulai dari membaca, menonton, menulis, chatting di sosial media, gunakan bahasa Inggris.

Kalau perlu, masuklah ke forum-forum belajar bahasa Inggris dunia. Temui orang-orang dari seluruh dunia dan praktikkan bahasa Inggris-mu bersama mereka. Semakin kamu rajin mengasah dirimu, semakin pasti pula kemampuanmu dalam berbahasa Inggris.

Media Yang Bisa Kamu Gunakan untuk Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Butuh media yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris dengan efektif? Nah, berikut ini Kampung Inggris LC akan memberimu beberapa media yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Inggris otodidak. Jadi disamping melakukan cara-cara di sub sebelumnya, kamu bisa juga menggunakan media-meda di bawah ini.

1.Duolingo

Buat kamu yang belum kenal, Duolingo ini adalah aplikasi smartphone nomor satu yang paling disukai untuk belajar bahasa. Fitur yang dimiliki aplikasi satu ini sangatlah lengkap, bahkan fitur ini juga punya pengingat supaya kamu belajar secara rutin.

Melalui Duolingo, kamu bisa mempelajari berbagai kosakata baru per harinya. Kamu juga bisa mengerjakan kuis-kuis dan mendapatkan kunci jawabannya. Selain itu, ada juga fitur listening dan speaking untuk mengecek fluency bahasa Inggrismu.

2.Official Youtube Kampung Inggris LC

Siapa pun yang kenal Kampung Inggris Pare, pasti tahu yang namanya Language Center, atau umum disebut “Kampung Inggris LC”. Nah, supaya memudahkanmu belajar bahasa Inggris, kamu bisa membuka official Youtube Kampung Inggris LC. Di sana ada berbagai materi dari tutor bahasa Inggris di LC.

Untuk mencarinya, kamu tinggal ketik “Language Center Pare” atau “Kampung Inggris LC” di kolom pencarian Youtube. Setelah itu, kamu bisa subscribe langsung ke akun official Kampung Inggris LC.

3.Kampung Inggris Pare.Info

Situs yang sedang kamu baca ini juga keren lho buat belajar bahasa Inggris! Materi yang kami sajikan lengkap banget, dan kamu juga bisa request materi kalau mau. Selain itu, kamu juga bisa menanyakan materi yang tidak kamu mengerti. Dijamin, admin situs ini akan menjawabnya untukmu!

Kamu tinggal klik akun https://kampunginggrispare.info/ dari PC atau smartphone kamu. Setelah itu, di bagian bawah kiri kamu bisa melihat tab English Learning. Silakan menjelajah materi di situs ini lebih banyak lagi!

4.BBC English Learning

BBC English Learning adalah situs buatan perusahaan berita asal Inggris, yaitu BBC. Di situs ini, ada segudang materi bahasa Inggris yang bisa kamu baca dan pelajari. Selain itu, kamu juga bisa memilih level pembelajaran yang ingin didapatkan, mulai dari basic hingga advanced.

Akan tetapi buat kamu yang berencana belajar bahasa inggris dari nol, situs ini kurang direkomendasikan. Sebab materi-materi situs ini menggunakan full bahasa Inggris. Meski materinya lengkap kamu mungkin akan kesulitan mempelajarinya.

5.IG Kampung Inggris LC

Kalau kamu suka scrolling akun Instagram, nggak ada ruginya lho kalau kamu follow IG official Kampung Inggris LC. Langsung saja ketik username “@kampunginggrislc” di kolom search IG-mu, dan langsung follow akun IG berfaedah satu ini!

Tiga kali sehari, kamu akan mendapat materi bahasa Inggris yang bagus untuk menambah wawasanmu. Kamu bisa langsung menyimpan postingan-postingan yang ada di akun IG ini. Atau mencatat materi-materi baru yang kamu dapatkan dari IG LC ke buku catatanmu.

 

Nah, itulah panduan lengkap belajar bahasa Inggris otodidak yang bisa kamu gunakan! Jadi jangan minder ya, kalau kamu belum sempat ke Kampung Inggris Pare, kamu bisa kok belajar bahasa Inggris mandiri.

Nanti kalau tabunganmu sudah cukup, cepat datang ke sini ya, ke Kampung Inggris LC tercinta! Di sini kamu akan dibimbing oleh tutor-tutor yang hebat, muda, enerjik, dan tentu saja expert berbahasa Inggris! Sekali kamu datang ke sini, dijamin kemampuan bahasa Inggris-mu akan meningkat pesat!

Kapan pun kamu bergabung bersama kami, Kampung Inggris LC akan selalu setia menunggumu, jadi tetap semangat!