pengertian homophone

Pagi LCers! Saat belajar bahasa Inggris, kamu pasti sering menemukan kata-kata yang artinya berbeda, tapi pronunciation-nya hampir mirip atau bahkan sama. Gara-gara itu, kamu dan temanmu bisa bertengkar, memperebutkan siapa yang benar dan siapa yang salah.

Oke, sebelum itu terjadi, sini LC beritahu: kalian berdua mungkin saja sama-sama benar. Bingung kenapa itu terjadi? Ini penjelasannya.

Apa Itu Homophone?

Jika kamu menemukan dua kata dalam bahasa Inggris yang hampir mirip atau sama bunyinya, itu berarti kamu telah menemukan homophone.

Homophone adalah dua atau lebih kata yang memiliki pronunciation hampir mirip atau bahkan sama. Meski demikian, biasanya kata-kata mirip tersebut memiliki arti yang benar-benar berbeda. Oleh karena itu, jika tidak hati-hati, orang yang mendengar bisa salah pengertian.

Example:

  • She rose from her sitting down, and took the rose she wanted.

Di dalam kalimat tersebut, ada satu kata yang disebut dua kali, yaitu rose. Bentuk kata dan cara pengucapannya sama, akan tetapi jelas bahwa kata tersebut berbeda pengertian.

Rose yang pertama merupakan bentuk V2 dari “rise” yang artinya bangkit. Sedangkan rose yang kedua merupakan noun yang memiliki arti mawar.

Seseorang yang masih baru belajar bahasa Inggris pasti akan kebingungan mendengar kalimat semacam ini.

Contoh Homophone dalam Kehidupan Sehari-Hari

Menurut English Centre, ada setidaknya 88 kata dalam bahasa Inggris yang memiliki 3 homophone sekaligus. Selain itu, ada juga 24 kata yang memiliki 2 homophone, 2 kata memiliki 5 homophone, dan 1 kata yang memiliki 7 homophone sekaligus.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu berdebat dengan temanmu lagi saat bertemu dengan kata-kata yang bunyinya hampir mirip atau sama. Sebab kata-kata tersebut mungkin adalah homophone.

Supaya kamu bisa belajar bahasa Inggris lebih baik lagi, berikut contoh homophone dalam bahasa Inggris yang bisa kamu hafalkan.

belajar bahasa inggris homophone

Tips Membedakan Homophone

Salah satu tanda bahwa proses belajar bahasa Inggrismu menampakkan kemajuan adalah saat kamu bisa membedakan homophone. Akan tetapi untuk mencapai itu, butuh proses panjang dan belajar yang lebih rajin. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membedakan dan memahami homophone.

Perbanyak Penguasaan Kosakata Bahasa Inggrismu

Jika kamu masih minim dalam menghafal vocabulary bahasa Inggris, kamu akan lebih mudah kebingungan saat mendengar kata-kata homophone. Saat kamu menonton film atau mendengarkan orang bicara dengan homophone, kamu akan sulit memahami artinya.

Yep, kekurangan dalam pemahaman homophone bisa jadi salah satu alasan kenapa kamu kesulitan dalam pelajaran listening.

Ingat Apa Saja Homophone yang Dimiliki Satu Kata

Nah, sekarang kamu sudah mulai menghafal vocabulary, tapi masalahnya kamu masih kebingungan membedakan homophone. Lalu bagaimana solusinya supaya kamu bisa membedakan homophone dengan baik?

Tidak ada cara yang lebih ampuh selain mulai menghafal homophone dari sebuah kata. Misalnya untuk kata “night” dan “knight”, keduanya adalah homophone. Jadi setiap kali akan bicara menggunakan dua kata tersebut, kamu bisa mengingat keduanya punya pronunciation sama.

Pahami Konteks Pembicaraan

Jika kamu ingin memahami homophone dengan baik, kamu bukan hanya perlu belajar bahasa Inggris yang rajin. Kamu juga harus belajar memahami konteks pembicaraan (ya, otomatis kamu juga harus belajar listening dengan baik).

Misalnya saat seseorang membicarakan “rose” sebagai kata kerja, kamu harus bisa memahaminya. Jangan sampai salah paham menganggap rose sebagai mawar.

Example:

  • She’s your dear friend, right?
  • She’s your deer friend, right?

Gunakan Grammar Yang Baik dan Benar

Kesalahan grammar bisa menghancurkan segalanya! Terutama saat kamu bicara menggunakan kata-kata yang merupakan homophone. Contohnya sebagai berikut.

Example:

  • We need to get him to see (apa yang kamu maksud).
  • We need to get him to sea (apa yang temanmu dengar).

Dalam contoh di atas, grammarnya sudah benar. Tapi kalimat pertama tidak memiliki adverb, hasilnya? Orang yang mendengarkan kalimat pertama salah paham dan memiliki interpretasi lain.

Kamu tidak mau kan melakukan kesalahan semengerikan itu? Kamu akan mempermalukan diri sendiri kalau sampai melakukan kesalahan grammar seperti ini di hadapan native English. Jadi pastikan kamu menggunakan grammar yang baik dan benar ya, terutama saat mengucapkan kata yang merupakan homophone.

Tingkatkan Kemampuan dalam Pronunciation

Homophone jumlahnya sudah sangat banyak, jadi jangan memperparah kebingunganmu dengan ketidakpekaan terhadap pronunciation.

Gara-gara salah pronunciation, sebuah kata yang sebenarnya bukan homophone bisa terdengar mirip dengan kata lain. Kalau kesalahan ini dilakukan terlalu sering, maka dampaknya speaking-mu akan semakin kacau. Apalagi kalau kamu dan lawan speaking-mu sama-sama melakukan banyak errors dalam pronunciation.

Omongan kalian tidak akan terarah, dan para native English yang mendengarkan akan menertawakan kalian.

 

Itulah informasi lengkap mengenai pengertian homophone dan contoh-contohnya dalam bahasa Inggris. Pastikan kamu camkan materi ini baik-baik ya, karena serius topik homophone ini sangatlah penting.

Kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris lebih baik – terutama di materi homophone – sebaiknya kamu datang langsung ke Kampung Inggris Pare. Karena seriously, di sini kamu bisa praktik lebih sering dengan teman-teman dan tutor bahasa Inggris yang ahli.