Pengertian, Jenis, Dan Contoh Complimenting

3 min read

complimenting adalah

Complimenting adalah ungkapan pujian yang harus kamu pelajari untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Untuk bisa berbahasa Inggris sehari-hari, maka kamu harus mengetahui beberapa ekspresi atau ungkapan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam memberikan pujian. Itulah mengapa kamu harus menyimak artikel ini sampai selesai.

complimenting adalah

Pujian bisa menjadi amunisi bagi seseorang untuk tampil lebih percaya diri, meningkatkan kinerja, menjaga kualitas pribadinya dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan, setiap orang yang mendapatkan pujian pasti merasa senang atas ungkapan tersebut, meskipun sebenarnya mereka melakukan sesuatu bukan karena ingin dipuji. Tapi tetap saja, pujian bisa berdampak baik bagi seseorang yang menerimanya.

Pemberian complimenting sama dengan memberikan pujian pada seseorang, hanya saja kamu harus menggunakan Bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang harus kamu kuasai apabila tidak ingin kalah dalam persaingan global yang semakin ketat. Complimenting adalah ungkapan pujian yang bisa kamu latih setiap hari agar kemampuan Bahasa Inggris Anda semakin meningkat.

Memberikan compliment pada seseorang, bukan masalah pemilihan kata yang tepat, tapi pengucapan pun juga perlu diperhatikan. Ekspresi ini digunakan untuk memberikan pujian sehingga suasana senang dan ceria pun harus dimunculkan ketika kamu mengatakan pujian tersebut. Dengan begitu, orang yang menerima pujian pun akan lebih merasakan pujian yang kamu berikan.

Pengertian Complimenting adalah ….

Untuk memahami compliment dengan baik, sudah seharusnya jika kamu mempelajari pengertiannya terlebih dahulu. Complimenting adalah pujian yang diberikan seseorang atas alasan tertentu. Biasanya, alasan tersebut antara lain karena pencapaian yang berhasil didapatkan, prestasi, kemampuan, penampilan fisik, selera pribadi, sifat dan sikap yang membuat kamu bangga atau kagum sehingga pujian pantas untuk diberikan.

Dalam bahasa Indonesia, compliment memang diartikan sebagai pujian. Pemilihan katanya pun hampir sama dengan bagaimana kamu memuji seseorang dalam Bahasa Indonesia. Perbedaannya hanya masalah bahasa, intonasi dan ekspresi yang diberikan saat memuji seseorang. Seperti yang kamu tahu, Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi orang-orang ‘Barat’ yang terkenal dengan ekspresinya yang kuat.

Compliment adalah ekspresi untuk memuji seseorang atas pencapaian, penampilan, kinerja atau kepribadian seseorang. Ekspresi ini bersifat positif karena dengan memuji seseorang, bukan hanya kamu saja yang merasa bangga atau senang tapi orang yang mendapatkan pujian pun akan merasa senang juga. Positifnya, apa yang dipuji tersebut akan terus dipertahankan atau bahkan ditingkatkan menjadi lebih baik lagi.

Agar penerima pujian merasakan ekspresi atau ungkapan ini dengan lebih mendalam, kamu harus memainkan intonasi ketika mengucapkannya. Karena ekspresi ini mengungkapkan rasa bangga, kagum atau takjub maka kamu harus menggunakan intonasi yang lebih tinggi atau terlihat antusiasi. Apabila kamu lemas atau menggunakan nada rendah, maka ungkapan tersebut akan terasa palsu.

Jenis Complimenting

Setelah memahami tentang pengertian complimenting, kini saatnya kamu mempelajari juga jenis complimenting yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak alasan mengapa kamu memberikan pujian pada seseorang. Dengan memahami jenis compliment ini, kamu bisa memberikan pujian berdasarkan alasan yang mendorong kamu mengungkapkan ekspresi tersebut.

Jenis compliment pertama adalah compliment pada achievements, skills, performance, talents atau abilities. Setiap orang tentu memiliki kemampuannya masing-masing yang layak untuk kamu puji. Tempat yang paling umum bagi kamu untuk mengungkapkan compliment jenis ini adalah di sekolah atau di tempat kerja karena di kedua tempat tersebut kemampuan dan performa akan dikeluarkan secara maksimal.

Berikutnya, jenis-jenis complimenting adalah compliments pada style, appearance atau personal taste in possessions. Ekspresi ini biasanya diberikan untuk memuji penampilan fisik mereka, pakaian yang dikenakan atau berhubungan dengan barang-barang yang dimilikinya, seperti mobil, rumah, dekorasi tempat tinggal, perabot, apartment dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut bisa menjadi alasan kamu memberikan pujian pada seseorang.

Jenis compliment yang ketiga adalah compliments on personality characteristics or personal qualities. Pujian bisa diberikan pada seseorang atas kualitas pribadi atau karaktersitik seseorang yang membuat kamu merasa kagum. kamu bisa memuji pendekatan, sikap, kemampuan seseorang dalam bersabar, memotivasi, bekerja keras, disiplin, mandiri dan lain sebagainya. Pujian ini bisa meningkatkan harga diri seseorang.

Cara Memberikan Complimenting

Seperti yang kamu ketahui bahwa hampir semua masyarakat Amerika Serikat mengungkapkan sesuatu dengan ekspresi yang begitu kuat, termasuk dalam membagikan pendapat mereka saat memuji seseorang. Tanpa perlu banyak berpikir, orang Amerika cenderung langsung mengungkapkan pemikiran mereka secara langsung dan begitu ekspresif sehingga orang yang mendapatkan pujian pun dapat langsung merasakannya.

Cara pertama untuk mengungkapkan complimenting adalah dengan memberikannya secara spesifik. Semakin spesifik pujian yang kamu berikan, maka orang yang menerima pujian akan lebih mengetahui apa yang harus diberikan. Misalnya, kamu memuji kedisiplinan seseorang saat menghadiri rapat, maka orang tersebut akan terus mempertahankan kedisiplinannya saat menghadiri rapat. Jadi, mulailah mengungkapkan pujian secara detail.

Cara kedua adalah don’t overdo it. Sebagian dari kamu mungkin menganggap bahwa memberikan pujian semakin banyak akan semakin baik. Tapi, sebenarnya hal tersebut salah. Terlalu banyak memberikan pujian, bisa menimbulkan kesan tidak tulus atau lebai. Cukup puji satu atau dua hal saja, jangan berlebihan. Kamu bisa memberikan pujian lain di waktu yang berbeda.

Cara ketiga mengungkapkan complimenting adalah menggunakan intonasi yang tepat. Compliment merupakan pujian yang mengandung antusias seseorang sehingga kamu harus senyum ketika mengungkapkannya. Dengan senyum, secara otomatis intonasi suara kamu akan meningkat secara alami yang menunjukkan bahwa kamu antusias ketika memberikan pujian tersebut. Jadi, intonasi nada pun juga perlu diperhatikan saat memberikan compliment.

Baca juga 1001 Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula Maupun Karyawan Online

Contoh Complimenting

Penjelasan secara teori saja pasti masih membingungkan kamu. Itulah mengapa perlu adanya contoh yang menjelaskan compliment secara lebih aplikatif. Contoh pertama untuk compliment on achievements, skills, performance, talents or abilities adalah “I love your performance on the stage” atau “I read your book. It was so well written!”.

Kedua, untuk jenis compliments on style, appearance or personal taste in possessions. Contoh complimenting “You look beautiful with this dress”, “That’s such a pretty shoes. You have great taste”, “I like your hair. It’s really cute”, dan lain sebagainya.

Contoh ketiga adalah untuk compliments on personality characteristics or personal qualities. Beberapa ungkapan yang bisa kamu berikan, “You’re always so happy. It cheers me up”, “Your child is such a good student. Everyone admires her”, “You’re such a hard-working person. It is so amazing”, dan lain sebagainya.

Itulah tadi informasi mengenai compliment, mulai dari pengertian, jenis-jenis compliment, cara mengungkapkan compliment hingga contoh compliment. Ungkapan ini menjadi bagian yang harus kamu kuasai apabila ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di dalam kehidupan sehari-hari. Mulai sekarang, kamu bisa melatih ungkapan ini dalam berbagai situasi dan kondisi. Jadi, latihan mengungkapkan complimenting penting untuk kamu.

Baca juga Perbedaan See, Look, Watch dalam Bahasa Inggris

3.3 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments