Penggunaan Dan Perbedaan Gonna Wanna Gotta

3 min read

gonna-wanna-gotta

gonna-wanna-gotta

Dalam aktivitas sehari-hari, pasti kamu sering mendengar atau membaca kata Gonna wanna gotta. Selain kata tersebut pasti kamu juga tidak asing dengan kata gotcha, ain’t, kinda, musta di dalam bahasa Inggris.

Kata-kata tersebut memang sering digunakan untuk percakapan bahasa Inggris non formal. Kamu tidak akan menemukan arti kata tersebut di kamus. Karena gonna wanna gotta merupakan salah satu informal contractions atau singkatan tidak resmi.

Karena kata Gonna wanna gotta merupakan singkatan, kamu perlu mengetahui darimana singkatan ini lalu kamu akan mengerti artinya. Karena bersifat informal, kata tersebut umumnya dipakai saat berbicara saja dan tulisan non formal.

Meski begitu, kata gonna wanna gotta secara umum sudah digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Jadi dengan mengetahui pengertian serta penggunaan kata tersebut, kedepannya pasti akan bermanfaat untukmu.

Asal kata Gonna Wanna Gotta

Kata Gonna sendiri adalah singkatan dari Going to. Selain will, Going to juga dapat digunakan dalam future tense. Gonna adalah singkatan dari Going to, maka dari itu, arti Going to dengan Gonna pun sama.

Sedangkan Wanna, merupakan singkatan dari Want to yang memiliki arti ingin melakukan sesuatu. Namun tidak hanya itu saja, Wanna juga singkatan dari Want a dengan arti yang sama, ingin melakukan sesuatu.

Dan kata Gotta berasal dari dua singkatan yaitu got to dan got a. Kedua singkatan tersebut memiliki bentuk asli yang lebih panjang lagi. Yaitu have got to dan have got a. Untuk pengertiannya, got to adalah alternatif untuk menggantikan must atau have to berarti harus.

Untuk got a sama dengan have a yang memiliki arti punya sebuah. Lagu Black Eyed Peas dengan judul I Gotta Feeling berarti saya memiliki firasat.

Penggunaan Gonna Dalam Kalimat

Jika kamu masih ingat dengan materi simple future tense, tentu kamu akan tahu bagaimana menggunakan going to dengan tepat dalam kalimat. Untuk menggunakan kata gonna juga sama dengan going to.

Untuk menggunakan kata gonna menjadi sebuah kalimat akan lebih mudah jika kamu sudah mengetahui rumus simple future tense. Namun jika kamu belum pernah mengetahui penggunaan going to dalam rumus tersebut, berikut penjelasannya.

Penggunaan Gonna Dalam Kalimat Positive

Cara menggunakan atau rumus going to dalam future tense:

To be + going to + Verb 1. Sebagai contohnya. I am going to call the police. Untuk menggunakan kata gonna juga memiliki aturan yang sama. Yaitu To be + gonna to + Verb 1 menjadi I am gonna call the police.

Jika diperhatikan dan di bandingkan antara kedua kalimat diatas. Semua susunannya sama dan yang berubah hanyalah bentuk going to menjadi gonna. Untuk kalimat nominal atau tidak mengandung verb juga berlaku aturan yang sama.

Perhatikan contoh berikut. To be + going to + be contoh kalimatnya I am going to be your partner for the culture project. Jika menggunakan kata gonna juga memakai aturan yang sama, menjadi I am gonna be your partner for the culture project.

Penggunaan Gonna Dalam kalimat negative

Dalam kalimat negative penggunaan kata serupa dengan going to pada future tense. Seperti To be + not + going to + verb 1 atau I am not going to go to the festival tonight. Jika menggunakan gonna, cukup mengganti going to.

Penggunaan Gonna Dalam Kalimat Interrogative

Ada sedikit perubahan dalam menggunakan kata gonna ke dadala kalimat tanya. Yang perlu kamu perhatikan jika subjek berupa we atau first person plural, you baik second person singular atau second person plural. Maka are biasanya dihilangkan.

We dan you adalah dua subjek yang perlu kamu perhatikan jika menggunakan gotta kedalam kalimat interrogative. Selebihnya sama dengan cara penggunaan going to di dalam future tense.

Contoh menggunakan Going to. To be + subject + going to + verb 1. Contoh kalimat Is he going to see you, Nan?. Menggunakan Gonna. To be + subject + gonna + verb 1. Contoh kalimat Is she gonna see us, Riz?

Penggunaan kata gonna dalam kalimat interrogative pada subject we dan you. Menjadi seperti ini. Dari Where are you going to go this night? Menjadi Where you gonna go this night?

What are we going to do in Aclyar Beach? Menjadi What we gonna do in Aclyar Beach?

Kesalahan Dalam Penggunaan Kata Gonna

Beberapa kesalahan yang sering terjadi jika kamu hanya mengenal kata gonna. Antara lain:

  • Kamu mungkin akan mengucapkan I gonna yang seharusnya I’m gonna. Karena pemakaiannya lebih ke situasi non formal.
  • Kamu mungkin mengucapkan I’m gonna to. Padahal gonna sendiri adalah singkatan going to. Jadi hanya ada dua pilihan, I’m gonna atau I’m going to.

Penggunaan Wanna Dalam Kalimat

Penggunaan wanna dalam kalimat dikelompokkan kedalam tiga kelompok, yaitu sebagai want to, want a dan want to dalam kalimat interrogative. Wanna yang merujuk pada want to  tidak bisa dipakai jika subjeknya He, She atau It. Karena akan menjadi Wants to.

Contoh wanna sebagai Want to. I want to eat your pizza. Menjadi I wanna go to my dance rehearsal. Contoh lainnya, Hi, we want to make two dress for our wedding. Menjadi Hi, we wanna make two dress for our wedding.

Untuk wanna sebagai want a. Kata yang harus muncul setelahnya harus kata benda atau noun. Misalnya, I wanna new watch. Adalah bentuk tidak resmi dari I want a new watch. Contoh lainnya, I wanna shoes dari I want a shoes.

Untuk penggunaannya sebagai want to dalam kalimat interrogative, kalimatnya biasanya disingkat juga seperti Do you want to go with me? menjadi wanna go with me?.

Penggunaan Gotta Dalam Kalimat

Gotta merupakan singkatan dari got to yang memiliki arti harus dan Got a yang berarti memiliki sebuah atau punya sebuah. Contoh penggunaan kata gotta sendiri cukup banyak di beberapa kalimat. Berikut beberapa contohnya:

I’ve gotta / I gotta buy some cake for my father. Contoh lainnya, I know that you are sad, but we’ve gotta keep moving. Contoh lainnya, my dog is sick, I gotta go to the veterinarian. Lalu, I gotta write two articles a day for my web.

Itulah beberapa hal tentang gonna wanna gotta yang harus kamu ketahui untuk memperdalam skill bahasa Inggrismu. Dalam penggunaannya, yang harus kamu ingat bahwa gotta adalah singkatan tidak resmi dari American English jadi jangan digunakan untuk acara resmi.

Dalam percakapan sehari-hari atau situasi informal, wanna sering digunakan. Sama dengan gotta yang merupakan singkatan tidak resmi dalam America English. Semoga artikel ini bisa membantumu dan terimakasih sudah berkunjung.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments