perbedaan because

Bahasa Inggris memang kaya! Satu kata saja bisa memiliki banyak sekali sinonim. Ini belum menghitung kata-kata yang pengertiannya mirip. Beberapa kata yang memiliki kemiripan tersebut misalnya because, since, as, due to, dan owing to.

Kelima kata tersebut sebenarnya memiliki satu arti: karena. Akan tetapi penggunaannya berbeda tergantung pada konteks kalimat. Lebih jelasnya tentang perbedaan because, since, as, due to, dan owing to bisa dilihat sebagai berikut.

Because (of)

Because adalah kata yang paling umum digunakan untuk menyatakan “karena”. Kata ini banyak dipakai baik dalam tulisan mau pun percakapan sehari-hari. Akan tetapi penggunaannya yang berulang-ulang dalam tulisan dapat mengurangi profesionalitas dari tulisan tersebut.

Oleh sebab itulah, dibanding menggunakan because, para penulis (ilmiah atau non-ilmiah) lebih suka menggunakan since, as, dan due to. Jadi buat kamu yang ingin menulis bahasa Inggris dengan baik, sebaiknya minimalisasi penggunaan because.

Tapi di percakapan sehari-hari, menggunakan because lebih direkomendasikan. Menggunakan kata seperti due to malah akan membuat percakapan terasa sangat kaku.

Because biasanya digunakan untuk menerangkan sesuatu yang belum diketahui akibatnya.

Example:

  • I was sick because of lack of sleep.
  • Don’t hate me because I don’t remember you.
  • Because of the raining, the station is closed temporarily.

Since

Since adalah kata kedua yang paling banyak digunakan untuk mengekspresikan “karena” setelah because. Selain bisa bermakna karena, since juga punya makna “sejak”. Akan tetapi since hanya bisa dimaknai sebagai sejak jika diikuti dengan keterangan waktu.

Penggunaan since sebagai karena lebih formal dibandingkan dengan because. Biasanya since digunakan di pembicaraan formal seperti pidato.

Since biasanya digunakan untuk menerangkan sesuatu yang sudah diketahui akibatnya. Atau sesuatu yang pasti terjadi karena suatu tindakan.

Example:

  • The photo looks blurry since it was taken with low-resolution camera.
  • Since you did it wrong, everything becomes messed up.

As

Selain memiliki arti sebagai, as juga bisa berarti “karena”. Dibandingkan dengan since, as lebih terkesan informal. Akan tetapi penggunaannya di percakapan sehari-hari juga tidak sesering because. Biasanya, as sebagai karena bisa sering kamu dengar di lagu-lagu atau puisi.

Sama seperti since, as digunakan untuk menerangkan akibat yang telah diketahui dan pasti terjadi. Akan tetapi derajat kepastian as lebih dalam daripada since. Bisa dibilang, as digunakan untuk menerangkan perbuatan yang akibatnya langsung terjadi.

Example:

  • My heart was broken as you said good-bye, I would never see you again.
  • The bell is ringing as we enter the church.

Due To

Due to memiliki arti yang sama persis dengan because of (bukan hanya because ya, tapi because of). Dibandingkan dengan karena, due to bisa dibilang memiliki arti “dikarenakan”.

Dibandingkan dengan semua kata pengganti “karena” di bahasan ini, due to-lah yang paling formal. Meski pun sangat formal, due to lebih banyak digunakan dibanding since. Sebagian besar karya tulis, pengumuman di tempat umum, dan berita menggunakan due to untuk menyebut “karena”.

Example:

  • Due to the rain and heavy weather, the flight is cancelled.
  • The tragic accident happened due to the workers’ demonstration.

Akan tetapi saat ini, penggunaan due to dianggap pemborosan kata oleh native English. Mereka menganggap due to malah membuat kalimat terkesan “redundant” dan “wordy”.

Owing To

Owing to memiliki arti yang sama dengan due to, yaitu dikarenakan. Akan tetapi selama ini penggunaan owing to lebih jarang dalam percakapan sehari-hari. Meski demikian baru-baru ini para native (terutama American) beranggapan penggunaan owing to lebih mending daripada due to.

Due to digunakan untuk menerangkan akibat yang mutlak, hendak, dan atau sedang terjadi. Akan tetapi owing to digunakan untuk menerangkan akibat yang belum terjadi. Kesimpulannya, derajat kepastian owing to lebih rendah dibanding due to.

Example:

  • Owing to losing his mother, Dan would not come to the school today.
  • The flight was cancelled owing to the heavy rain.

 

Demikianlah perbedaan because, since, as, due to, dan owing to yang perlu kamu ketahui. Jangan capek-capek belajar ya! Kalau kamu ingin belajar lebih banyak, yuk datang ke Kampung Inggris Pare sekarang juga! Mumpung masih muda, jangan sia-siakan kesempatanmu belajar bahasa Inggris!

Kampung Inggris Search :

  • for since owing to
  • tulisan grup kampung