Perbedaan Between dan Among

Apakah kamu udah tahu perbedaan “between” dan “among” dalam bahasa Inggris? Terjemahan bahasanya memang sama, yaitu “di antara” tapi pada kondisi manakah dua kata tersebut seharusnya dipakai? Belum tahu?

Tenang, kamu bukan satu-satunya pembelajar bahasa Inggris yang tidak paham penggunaan “between” dan “among”. Tapi melalui artikel ini, Kampung Inggris LC akan menjelaskan perbedaan keduanya untukmu, so stay tuned!

Between

First of all, kita akan membahas kata yang lebih umum digunakan terlebih dulu, yaitu “between”. Jika melihat terjemahan bahasa Indonesia-nya, between memiliki arti “di antara”. Akan tetapi terjemahan itu bisa membuat bingung, karena “among” terjemahannya juga jadi “di antara”.

Terus apa dong perbedaan yang real antara between dan among?

Oke, menurut Cambridge Dictionary, between adalah “di antara dua benda yang benar-benar terpisah tempatnya/benar-benar berbeda”. Between bisa kamu gunakan untuk menjelaskan posisi “di tengah-tengah” dua individu noun yang berbeda.

Example:

  • I’m sitting between Mark and Phil now
  • Can you tell the difference between a car and a motorcycle?
  • I couldn’t decide which is better between Samsung or iPhone

Di dalam contoh-contoh di atas, bisa dilihat bahwa “between” digunakan untuk dua noun yang benar-benar terpisah, tidak punya ikatan dan tidak berada dalam satu grup pula. Samsung dan iPhone memang berada dalam grup smartphone, tapi tetap keduanya merupakan individu merk yang terpisah. Sama halnya dengan contoh-contoh lainnya di atas.

Among

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai “among” yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan juga jadi “di antara”. Berbeda dengan between, among berarti “di antara sekumpulan benda yang jenisnya sama”.

Jika between hanya bisa menjelaskan posisi “di antara” dua noun, among bisa digunakan untuk menjelaskan posisi “di antara” lebih dari dua noun.

Example:

  • Choose which one you want to take among the girls
  • We find the lost kid among the crowd
  • My dream is to live among friendly neighbors

 

Jadi intinya, between bisa kamu gunakan saat ingin menjelaskan posisi di antara dua noun. Sedangkan among bisa kamu gunakan untuk menjelaskan posisi di antara sekumpulan noun.

Kalau kamu ingin belajar lebih banyak lagi tentang perbandingan vocabulary semacam ini, datang langsung ke Kampung Inggris!

Kampung Inggris LC adalah tempat belajar bahasa Inggris terbaik yang ada di Indonesia. Dengan metode pembelajaran terintegrasi di LC, kamu bisa belajar dengan berurutan dari basic sampai jago! Oleh karena itu, segera book your seat to learn di sini ya, langsung aja klik ke button di bawah ini.

Kalau kamu ingin belum sempat ke sini, yuk terusin belajar bahasa Inggrisnya! Klik materi satu ini: Comparative dan Superlative Degree