Perbedaan Either dan Neither dalam Bahasa Inggris

3 min read

perbedaan either neither

Either dan neither adalah kata dalam Bahasa Inggris yang cukup membingungkan dalam penggunaannya. Meskipun hanya berbeda satu alfabet saja, namun kedua kata ini punya fungsi yang berbeda. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai either dan neither sehingga kamu nantinya dapat mengerti perbedaan serta cara penggunaannya.

perbedaan either neither

Sebelum menggali mengenai perbedaan dari kedua kata ini, either dan neither sama-sama dapat digunakan pada percakapan sehari-hari dalam Bahasa Inggris. Mereka dapat digunakan sebagai kata ganti (pronoun), kata sambung atau konjungsi (conjunction), kata sifat (adjective), dan kata kerja (adverb).

INSERT GAMBAR 1 – EITHER ATAU NEITHER

Perbedaan either dan neither

Secara garis besar, either sebagai kata ganti, kata sambung serta kata sifat berarti memilih salah satu (the one) atau memilih yang lain (the other), sedangkan pada kata kerja either berarti begitu juga (likewise, also). Either digunakan pada kalimat bersifat positif serta untuk memberikan pilihan pada dua pilihan yang telah ditetapkan.

INSERT GAMBAR 2 – EITHER

Either

A. Either pada kata ganti (pronoun)

Contoh either sebagai kata ganti (pronoun), digunakan untuk memilih salah satu atau yang lainnya (the one or the other):

“You may wear either the shirts for today’s meeting.” Meaning, you may wear the one shirt or the other shirt for today’s meeting.

“Kamu boleh mengenakan kemeja apapun untuk pertemuan hari ini.” Maksudnya adalah kamu bisa memilih untuk mengenakan kemeja apapun.

Penggunaan either disini membebaskan kamu atau objek untuk memilih atau menyetujui sebuah pernyataan.

“Either one of the movies would make the audiences enjoy to watch it.”

“Salah satu dari dua film tersebut pasti akan membuat para penonton menikmatinya.”

B. Either pada kata sambung (conjunction)

Contoh either sebagai kata sambung (conjunction), digunakan bersamaan dengan kata atau (or) dan memberikan pilihan (choices) yang jelas:

“I will choose either white shirt or black shirt for today’s meeting.” Meaning, I will choose one of these two selection.

“Aku akan memilih antara kemeja putih atau kemeja hitam untuk pertemuan hari ini.” Maksudnya adalah aku dapat memilih salah satu dari kedua pilihan ini.

Penggunaan either ditaruh sebelum dua pilihan pada kalimat dan ditambah atau (or) pada pilihannya.

“Andrea offering either fried rice or fried noodle for lunch.”

“Andrea menawarkan nasi goreng atau mie goreng untuk makan siang.”

Rekomendasi :  Perbedaan Life, Live, Lives, dan Alive dalam Bahasa Inggris

C.  Either pada kata sifat (adjective)

Contoh either sebagai kata sifat (adjective), digunakan untuk memilih salah satu benda atau orang (one or the other of two people or things):

“I can take either car to today’s meeting.” Meaning, I can choose between 2 cars I want to drive to the meeting.

“Aku dapat memilih mobil mana saja untuk pertemuan hari ini.” Maksudnya adalah aku bisa memilih salah satu dari dua mobil untuk aku kendarai.

Penggunaan either pada kata sifat bertujuan untuk memberikan kamu pilihan untuk memilih antara salah satu orang atau benda.

“You can pay either payment to buy milk tea.”

“Kamu bisa melakukan pilihan pembayaran untuk membeli milk tea.”

D.  Either pada kata kerja (adverb)

Contoh either sebagai kata kerja (adverb), digunakan untuk memberikan informasi tambahan (in addition):

“The phone is great and its price is not expensive either.” Meaning, the phone is great and in addition to that it is not expensive.

“Ponsel itu bagus dan harganya juga tidak mahal.” Maksudnya adalah, ponsel tersebut bagus dan untuk memberikan penambahan informasi juga bahwa harga ponsel tersebut tidak mahal.

Pada penggunaan kata kerja, either digunakan pada kalimat bersifat negatif.

“If Jonathan is not going to the party, I won’t either.”

“Jika Jonathan tidak pergi ke pesta, aku juga tidak akan pergi.”

INSERT GAMBAR 3 – NEITHER

Neither

Sedangkan neither pada penggunaan kata ganti, kata sambung serta kata sifat berarti tidak salah satu (not the one) atau tidak memilih yang lain (not the other), dan pada kata kerja neither berarti tidak sama sekali atau juga tidak (also not). Neither digunakan pada kalimat bersifat negatif serta digunakan untuk menolak.

A.  Neither pada kata ganti (pronoun)

Contoh neither sebagai kata ganti (pronoun), digunakan untuk tidak memilih salah satu atau pilihan lainnya (not the one or not the other):

“You may use neither these headphones.” Meaning, you may not use any of the headphones.

“Kamu tidak boleh menggunakan headphone-headphone ini.” Maksudnya adalah kamu tidak diperbolehkan untuk menggunakan kedua headphone tersebut.

“Neither of these photos was photographed by Alex.”

“Tidak ada satupun foto ini yang di potret oleh Alex.”

B. Neither pada kata sambung (conjunction)

Contoh neither sebagai kata sambung (conjunction), penggunaan neither diikuti dengan kata nor yang menjelaskan bahwa kedua pilihan dari orang, benda, aksi, ataupun lainnya tidak benar atau tidak dipilih :

“I will drink neither coffee nor tea this morning.” Meaning, I will not drink coffee and I will not drink tea this morning.

“Aku tidak akan minum kopi ataupun teh pagi ini.” Maksudnya adalah aku tidak minum kopi dan juga tidak minum the pagi ini.

Rekomendasi :  Berikut Ini Tips Bagi Kamu Tentang Cara Belajar Bahasa Inggris

Neither pada kata sambung, penempatannya sebelum memberikan pembanding dan ditambahkan nor pada kedua hal yang dibandingkan.

“Victor will play neither guitar nor piano for his show.”

“Victor tidak akan memainkan gitar ataupun piano untuk pertunjukkannya.”

C. Neither pada kata sifat (adjective)

Contoh neither sebagai kata sifat (adjective), neither pada kata sifat bermakna tidak keduanya (not either):

“I’m not sure, neither glasses fits with me.” Meaning, I’m not sure fit with the one glasses and not fit with the other glasses.

“Aku tidak yakin, tidak ada diantara kacamata ini yang cocok untuk aku.” Maksudnya adalah aku tidak yakin cocok menggunakan kacamata ini, dan juga tidak cocok menggunakan kacamata lainnya.

 

“I may listen neither song.”

“Aku bisa saja tidak mendengarkan lagu apapun.”

D.  Neither pada kata kerja (adverb)

Contoh neither sebagai kata kerja (adverb):

“If Fiona doesn’t want to go to swimming, neither do I”. Meaning, if Fiona doesn’t want to swimming, I don’t want to go.

“Jika Fiona tidak mau pergi berenang, aku juga tidak pergi.” Maksudnya adalah jika Fiona tidak pergi berenang, aku juga tidak akan pergi berenang.

INSERT GAMBAR 4 – ME EITHER OR ME EITHER

Me either dan me neither

Kamu bisa menggunakan kedua kalimat ini untuk menggambarkan persetujuan pada suatu kalimat negatif, makna dan penggunaannya pun sama. Misalnya:

“I don’t want to say goodbye.”

“I know, me either.”

“Aku tidak mau mengucapkan selamat tinggal.”

“Aku tahu, aku juga.”

Atau

“I hate the plot of the movie!”

“Me neither!”

“Aku benci alur cerita film itu!”

“Aku juga!”

Kesimpulan

  • Baik either ataupun neither dapat digunakan sebagai kata ganti (pronoun), kata sambung (conjunction), kata sifat (adjective), dan kata kerja (adverb)
  • Either digunakan apabila pada sebuah kalimat kamu dapat memilih salah satu dari dua pilihan.
  • Neither digunakan apabila pada sebuah kalimat kamu menolak memilih salah satu dari dua pilihan.
  • Kamu dapat menggunakan “me either” ataupun “me neither” untuk memberikan persetujuan pada kalimat yang bersifat negatif.
votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments