Perbedaan Like dan Alike

Sebagai orang yang belajar bahasa Inggris, kamu pasti paham kalau ada banyak sekali vocab membingungkan dalam bahasa Inggris. Beberapa vocab yang membingungkan termasuk like dan alike. Tapi kamu nggak usah khawatir lagi, karena di bawah ini, kamu akan dapat keterangan lengkap mengenai perbedaan like dan alike untukmu.

Like

Like, dalam bahasa Inggris, memiliki dua peran, yaitu sebagai verb dan adjective. Dikarenakan jenisnya berbeda, maka like sebagai verb dan like sebagai adjective punya arti yang berbeda pula. Kalau kamu nggak hati-hati, maka kamu akan bingung membedakan like sebagai verb dan adjective. Lantas apa bedanya?

Sebagai verb, like memiliki arti “menyukai/menginginkan”, ini membuat like sepadan dengan love, be attached of, admire, relish, dan consider.

Sedangkan sebagai adjective, like memiliki arti yang sangat kontras dengan bentuk verb-nya. Like sebagai adjective memiliki arti “seperti”, yang membuatnya sepadan dengan equal, similar to, identical to, dan the same as.

Dikarenakan punya dua bentuk yang berbeda, like pun memengaruhi susunan grammar kalimat yang mengandungnya. Supaya lebih paham tentang penggunaan like, kamu bisa melihat contoh berikut.

Example:

Sebagai verb

  • I like to buy a cup of coffee, I’m freezing
  • I like her appearance so much, she’s so fashionable
  • She likes to buy useless things and waste her money

Sebagai adjective

  • I look like a clown with this apparel
  • You and I are like brothers to each other
  • He’s like having thousands of burden in his shoulder

Alike

Dalam bahasa Inggris, alike memiliki arti yang agak mirip dengan “like” sebagai adjective. Menurut Cambridge Dictionary, alike berarti similar to each other atau “mirip satu sama lain”.

Sekilas, alike dan like tampak memiliki arti yang sama, bukan? Meski sama-sama adjective dan berarti “menyerupai”, kedua kata ini tetaplah berbeda lho.

Like sebagai adjective umumnya menjadi predicate dalam sebuah kalimat, sedangkan alike tidak bisa demikian. Alike dalam sebuah kalimat hanya bisa menjadi object atau adverb, tanpa bisa menjadi predicate. Perbandingan perbedaan like dan alike seperti ini:

  • I look like Hermione Granger from Harry Potter (aku terlihat seperti Hermione Granger dari Harry Potter)
  • Hermione Granger and I are alike in appearance (Hermione Granger dan aku terlihat sama dari segi penampilan)

Selain dari segi posisinya dalam kalimat, like dan alike juga sedikit berbeda dari segi arti. Bisa kamu lihat, like memiliki arti “seperti”, dan alike berarti “sama”. Dari sini saja bisa kita simpulkan kalau diurut derajat kemiripannya, kata alike lebih tinggi dari like.

Supaya lebih paham penggunaan alike dalam kalimat, berikut ini beberapa contoh kalimatnya buatmu.

Example:

  • I wish my dream who’s alike with yours, could become true
  • Our business are alike, why not we cooperate?
  • My fate is alike with yours, breaking up with girlfriend just because a sheer problem

Jadi sudah paham apa perbedaan like dan alike kan, LCers? Kalau masih belum cukup ngerti juga, langsung aja belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris LC! Di sini, kamu bisa mempelajari lebih banyak vocabulary yang lebih sulit lagi, jadi sepulang dari sini kamu bisa langsung jago!

Ingin baca materi keren lainnya dari Kampung Inggris LC? Coba baca artikel keren satu ini: Perbedaan Between dan Among