they they're their there

Banyak orang masih kesulitan membedakan they, their, there, dan they’re saat menggunakannya dalam kalimat. Bukan hanya orang yang baru belajar bahasa Inggris saja yang bisa melakukan kesalahan seperti ini. Bahkan para native speakers sendiri pun masih sering kesulitan membedakan keempatnya, dari segi tulisan mau pun bunyi.

Kenapa They, Their, There, dan They’re Terdengar Sama?

Sekarang, coba kamu lafalkan they, their, there, dan they’re secara berurutan, apa yang kamu rasakan? Apakah kamu bisa membedakan keempatnya? Atau jangan-jangan kamu mengucapkan keempat kalimat tersebut dengan pronunciation sama?

Sebenarnya their, there, they’re, dan they pronunciation-nya tidak 100% persis, sih. Meski sekilas, keempatnya memiliki perbedaan teknik pengucapan. Lantas mengapa banyak sekali orang yang kesulitan membedakan their, they’re, they, dan there?

Penyebabnya adalah karena they’re, they, their, dan there merupakan homophone. Dalam bahasa Inggris, homophone diartikan sebagai kata-kata yang memiliki susunan huruf dan pronunciation yang mirip, tapi artinya benar-benar berbeda.

Their, there, they, dan they’re memiliki banyak sekali perbedaan, mulai dari jenis, kegunaan, dan cara melafalkannya. Perbedaan-perbedaan tersebut akan dijelaskan dengan lengkap di subbab-subbab selanjutnya.

Jenis Kata

Berdasarkan pedoman  Dari segi jenisnya, they, their, dan they’re sebenarnya adalah turunan dari satu kata yang sama. Sedangkaan there merupakan salah satu bagian dari adverb of place, satu golongan dengan kata here.

They

Di dalam part of speech, ada setidaknya 9 jenis kata yang menyusun sebuah kalimat sempurna, salah satunya adalah pronoun.

Pronoun adalah kata ganti orang (nama) yang meliputi I, you, he, she, it, we, dan they. Lebih spesifik lagi, they merupakan bagian dari personal/subject pronoun untuk kata ganti orang yang jumlahnya jamak.

Singkatnya, berdasarkan jenis katanya, they termasuk ke dalam personal/subject pronoun.

Their

Selanjutnya kita akan membahas their, yang notabene adalah turunan dari kata they. Meski merupakan turunan dari they, their bukanlah pronoun, tapi adjectives. Lebih tepatnya, their merupakan bagian dari possessive adjectives.

Possessive adjectives adalah kata ganti orang yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan dari sebuah noun, yang letaknya sebagai subject kalimat. Selain their, possessive adjectives lainnya adalah my, your, our, his, her, dan its.

Jadi jika disimpulkan, berdasarkan jenisnya, their termasuk dalam possessive adjectives.

There

There adalah salah satu bagian dari adverb of place, kata bantu yang digunakan untuk menunjukkan lokasi dalam sebuah kalimat. Ada banyak jenis adverb of place, mulai dari here, up, down, around, nearby, dan sebagainya.

Selain sebagai adverb of place, there juga bisa menjadi subject. Saat menjadi subject, there artinya akan berubah, dari “di sana” menjadi “ada”. Tapi dalam bahasan ini, mari menganggap there sebagai adverb of place saja ya.

They’re

Dari segi pengucapan, they’re-lah yang paling mirip dengan their, akan tetapi keduanya tidak memiliki kemiripan sama sekali. Sebab seperti yang sudah dijelaskan, their merupakan possessive adjective. Sedangkan they’re – yang notabene adalah they are – adalah personal pronoun yang diimbuhi to be “are”.

Saat diucapkan, they’re sangat mirip penyebutannya dengan their dan there. Akan tetapi ketiganya punya perbedaan yang signifikan.

Penggunaannya Dalam Kalimat

Dikarenakan jenisnya saja sudah berbeda, penggunaan they, their, there, dan they’re dalam kalimat tentu saja berbeda. Terdengar sepele untuk dibahas? Hang on, kamu nggak tahu berapa banyak kesalahan yang terjadi di internet saat orang menggunakan keempat kata tersebut. Bahkan native sekali pun sering lupa menggunakan are di belakang they, padahal are dibutuhkan.

They

They adalah salah satu kata yang paling umum digunakan dalam menyusun kalimat. Penggunaannya bisa disandingkan dengan to be, bisa pula tidak. Semuanya tergantung pada bentuk tenses yang digunakan kalimat tersebut.

Di dalam kalimat, they hanya bisa menjadi subject, tidak bisa menjadi object. Jika dirumuskan, maka posisi they dalam kalimat adalah sebagai berikut:

Verbal They + to be + nominal
Nominal They + verb

Their

Sama seperti they, their juga bisa berposisi seperti subject, akan tetapi sebutan untuk their yang tepat tetaplah possessive adjective. Sebab saat their diletakkan di depan noun, maka their menjadi satu bagian dari noun tersebut. Sehingga yang menjadi subject kalimat tersebut tetaplah sang noun yang dilekati their.

Example:

  • Their car is broken (Mobilnya rusak)

Dalam kalimat tersebut, sekilas tampak their seperti berperan sebagai subject. Akan tetapi sebenarnya, yang menjadi subject adalah their car.

There

Saat digunakan dalam kalimat, there memiliki dua peran penting, yaitu sebagai subject dan object. Saat menjadi subject, kata “there” disepakati memiliki arti “ada” (berdasarkan verb agreement-nya). Sedangkan saat menjadi object, there menempati perannya sebagai adverb of place.

Example:

  • There was a nuclear attack at Hiroshima and Nagasaki (there sebagai subject)
  • There seems to be a big problem here
  • You can put your shoes on there! (there sebagai adverb of place)

They’re

They’re dalam tatanan grammar bahasa Inggris biasanya digunakan untuk menerangkan bentuk simple present tense bentuk nominal dan continuous tense. Contoh penggunaan they’re dalam kalimat bisa kamu lihat sebagai berikut.

Example:

  • They’re the best soccer team we ever have (They’re dalam kalimat berbentuk nominal)
  • They’re having hard times now, just leave them alone (They’re dalam kalimat berbentuk verbal)

Cara Melafalkan (Pronunciation)

Bukan hanya penggunaan di kalimat saja yang sering salah, penggunaan their, they, they’re, dan there dalam pengucapan juga lebih sering lagi salahnya. Kesalahan pronunciation terutama sering terjadi pada their dan there. Lalu sebenarnya, bagaimana cara pengucapan keempat kata homophone tersebut yang baik dan benar?

They

Menurut kamus Merriam – Webster, they diucapkan dengan cara /tha’/, dengan bunyi th yang berat dan a yang pelafalannya “ei” seperti a dalam bahasa Inggris umumnya. Di bagian akhir, kamu harus mengucapkan “ei” sejelas mungkin, sampai terdengar seperti “y” mati.

Sepertinya mengucapkan they lebih mudah ya? Yep! Kalau kamu ingin mengucapkan they, langsung saja ingat kalau pelafalannya seperti “thei”.

Their

Bunyi their dalam penulisannya adalah /thər/. Tanda ə disebut sebagai “schwa”, yang berbunyi seperti e dalam kata “keras”, dan sedikit cenderung ke i. Jadi singkatnya, tanda ə dalam they ini kalau dilafalkan seperti “ei”, dengan bunyi e seperti dalam kata “keras” dan “kena”.

Meski demikian, tanda schwa “ə” tidak selalu berbunyi “ei” di semua kata. Misalnya di kata “people” yang pronunciationnya /pē-pəl/, bunyi ə hanya cenderung seperti e dalam kata “keras”, tanpa bunyi samar i di belakangnya.

There

Kata there memiliki bunyi yang sangat mirip dengan their sampai-sampai native tidak terlalu menghiraukannya. Meski demikian karena kamu masih dalam tahap belajar, kamu tidak boleh menyepelekan perbedaan kecil dua kata tersebut.

There dalam pengucapannya berbunyi /ther/, dengan th yang berat dan bunyi e biasa seperti dalam kata “bebek”. Inilah letak perbedaan terbesar antara bunyi their dan there. Jika dalam their, bunyi e yang digunakan adalah e dalam (seperti di kata “kena”), sedangkan e dalam there adalah e luar (seperti di kata “lelang”)

They’re

Jika tidak jeli memahami konteks, kamu akan kesulitan membedakan their dan there. They’re menurut Merriam-Webster memiliki bunyi /thər/ pula, akan tetapi suara schwa “ə” yang lebih panjang. Jika dalam their huruf ə dibaca cenderung ke i, dalam kata they’re, huruf ə juga dibaca cenderung ke i, tap i-nya lebih panjang.

Jika kesulitan melafalkannya, bayangkan saja kamu sedang mengucapkan kata “they are”, yang bunyinya menjadi /tha’ier/.

Contoh Kalimat Yang Menggunakan They, Their, There, dan They’re

Di bawah ini, ada beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata they, their, there, dan they’re sekaligus. Coba praktikkan pengucapan kalimat-kalimat di bawah ini dan minta temanmu mengoreksi ucapanmu.

  • They’re washing their car on there
  • They’re doing the same thing inside their home on there
  • They’re worrying their truck that has been parked on there
  • They’re going to save their money to buy the mansion over there
  • I’m never going over there to their house again when they’re around

 

Nah, itu dia perbedaan they, their, there, dan they’re yang harus kamu ketahui! Jadi silakan dipraktikkan terus ya pronunciation-nya yang baik dan benar! Kalau kamu butuh partner untuk belajar, langsung datang ke Kampung Inggris LC di Pare! Di sini kamu bisa bertemu dengan tutor-tutor bahasa Inggris yang sudah expert di bidangnya.

Kalau mau belajar materi lainnya, langsung aja klik materi seru berikut ini: Jenis – Jenis Noun dalam Bahasa Inggris

Kampung Inggris Search :

  • perbedaan they dan there