perbedaan which dan that kampung inggris

Pernahkah kamu menemukan kalimat yang menggunakan “which” dan “that” di tengah-tengahnya? Ternyata kamu nggak bisa menggunakan kata “which” dan “that” dalam clauses seenaknya, lho! Tahukah kamu perbedaan pengggunaan which dan that dalam kalimat? Ayo dipelajari perbedaannya bersama Kampung Inggris LC di bawah ini!

Which dan That

Which dan that dalam bahasa Inggris termasuk dalam relative pronoun, kata ganti yang digunakan untuk menghubungkan dependent dan independent clause. Sebagai relative clause, sebenarnya which dan that punya arti yang sama, yaitu: “bahwa”. Akan tetapi dalam praktiknya, which dan that memiliki fungsi yang perbedaannya cukup signifikan.

Which

Which adalah relative clause yang berlaku baik untuk defining dan non-defining clauses. Dalam keadaan informal, which lebih banyak digunakan dibandingkan that. Contoh pengggunaan which dan that dalam kalimat bisa kamu pahami di bawah ini ya, LCers.

Example:

  • My cousin, which has just proposed you, is a policeman (DEFINING CLAUSES)
  • A lion, which is included as a carnivore, lives inside the forest (NON-DEFINING CLAUSES)

Sebagai catatan, defining clauses adalah klausa yang dependent clause-nya mengandung informasi penting. Sedangkan sebaliknya non-defining clauses adalah klausa yang dependent clause-nya tidak memengaruhi arti kalimat, meski dihilangkan. Lebih detil tentang defining dan non-defining clause akan kita bahas di materi selanjutnya ya, LCers!

That

Berbeda dengan which, that hanya berlaku untuk defining clauses saja. Biasanya clause yang menggunakan that juga tidak dipisahkan dengan koma. Biasanya that sebagai relative pronoun digunakan dalam kondisi-kondisi formal. Penggunaannya dalam percakapan informal masih bisa diterima, tapi tidak seumum “which”.

Supaya kamu paham perbedaan which dan that, berikut ini ada contoh kalimat yang menggunakan that untukmu.

Example:

  • A couch that you bought yesterday is so expensive
  • I need to tell you that he really loves you, but don’t have enough time to say it
  • She’s too dedicated to her work that people suspect her to be a spy

Di dalam contoh-contoh di atas, kamu bisa memerhatikan bahwa clause yang di-bold memiliki pengaruh penting pada keseluruhan kalimat. Jika dependent clause yang di-bold tersebut dihilangkan, maka kalimat tersebut akan kehilangan maknanya. Inilah fungsi that yang sesungguhnya, yaitu untuk mengawali dependent clause dalam defining clauses.

Lalu tanyamu, apakah boleh that digunakan dalam non-defining clauses? Sarannya admin sih, jangan. Kalau kamu ingin mengucapkan non-defining clauses, lebih baik pakai “which” saja.

Cara Mudah Mengenali Perbedaan  Which dan That

Gimana, LCers, udah paham perbedaannya which dan that? Kalau masih kurang lengkap, nih Kampung Inggris LC akan memberimu cara mudah mengenali perbedaan which dan that. In fact, relative pronoun which dan that cukup mudah dikenali penggunaannya.

  • Which biasanya didahului dengan koma, sedangkan that tidak didahului koma
  • Kalimat yang dimulai dengan “which” (yang berada di dalam koma) tidak memengaruhi arti bila dihapus. Sedangkan kalimat yang dimulai “that” akan berpengaruh signifikan jika dihapus.
  • Which bisa menggantikan that, sedangkan that tidak bisa menggantikan which
  • Which digunakan dalam konteks informal, sedangkan that dalam konteks formal

 

Itulah perbedaan which dan that sekaligus cara mudah mengenalinya, LCers! Sekarang nggak usah bingung-bingung lagi mau menggunakan which atau that ya. Kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris lebih jauh lagi, kamu bisa langsung datang ke Kampung Inggris Pare. Di Kampung Inggris LC nanti, kamu bisa mempraktikkan penggunaan which dan that lebih dalam lagi bersama teacher dan teman-temanmu.

Ingin belajar materi bahasa Inggris lain yang juga seru dari Kampung Inggris LC? Coba kamu klik materi keren satu ini: Penggunaan Either, Neither, dan Both dalam Bahasa Inggris

Kampung Inggris Search :

  • which dan that