Tips Membuat Story Telling Timun Mas dengan Menarik

3 min read

story telling timun mas

Story telling timun mas adalah salah satu cerita rakyat berupa dongeng yang sangat menarik untuk anak-anak. Cerita ini memang memiliki potensi yang besar dan menarik untuk dibuat sebagai hiburan bahkan untuk orang yang sudah dewasa sekalipun. Kamu hanya perlu mengetahui bagaimana cara untuk membuat cerita ini menjadi lebih menarik saat membawakannya dalam story telling. 

story telling timun mas

Kenali pokok dari cerita timun mas

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan dari cerita timun mas adalah mengenai konsep yang akan kamu tunjukkan dari cerita ini. Timun mas bisa menjadi sebuah cerita yang lebih menarik ketika kamu mampu membuat cerita ini menjadi secara dramatis. Salah satu cara untuk membuat cerita ini menjadi lebih dramatis adalah dengan mengenai pokok dari cerita timun mas ini sendiri. 

Timun mas pada dasarnya adalah sebuah cerita yang memiliki nilai magis dan juga nilai petualangan. Dua hal ini merupakan hal yang sangat menarik dan membuat siapa saja pasti tertarik untuk menontonnya. Kamu juga bisa mengambil sisi drama dari kisah ini mengenai orang tua yang tidak ingin berpisah dengan anaknya dan juga anak yang  jauh dari orang tuanya karena kejaran raksasa. Dari 3 hal ini, kamu bisa membuat cerita timun mas menjadi lebih kuat dan lebih menarik sebagai sebuah cerita yang modern. 

Buat karakter yang lebih kuat 

Karena pada dasarnya cerita timun mas merupakan cerita yang sudah menarik, hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah membangun karakter sesuai cerita. Membuat latar belakang karakter sangat penting untuk membuat audience berempati pada karakter yang kamu buat. Contohnya, dalam cerita Harry Potter penulis sangat baik dalam membuat karakter dari tokoh utama yang sendirian, sedih tapi kuat menghadapi segala sesuatu.

Kamu juga bisa mencontohnya dalam penggambaran sifat jahat atau antagonis dari cerita tersebut. Cerita  yang baik tidak hanya memiliki tokoh utama yang mengagumkan tapi juga memiliki tantangan yang tidak mudah untuk ditaklukkan. Pada cerita timun mas, kamu bisa membuat latar belakang buto ijo menjadi lebih kuat. Buat tokohnya terlalu kuat sehingga membuat gadis kecil seperti timun emas seakan tidak akan mungkin mengalahkan penjahat tersebut. 

Di sini kamu bisa membuat improvisasi dengan memperkenalkan karakter-karakter baru yang ditemui oleh timun emas dalam petualangannya. Hal ini akan membuat story telling mengenai timun mas kamu menjadi lebih menarik lagi baik untuk ditampilkan dalam sebuah panggung drama maupun digunakan untuk sebuah script. 

Perdalam konflik

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat cerita timun mas kamu menjadi lebih menarik adalah dengan memperdalam konflik yang ada di dalamnya. Bagi anak-anak konflik pengejaran timun mas yang disebabkan karena janji masa lalu antar orang tua dan juga raksasa memang sudah cukup mengerikan, akan tetap bagi orang dewasa konflik ini merupakan konflik yang terlalu ringan. 

Konflik seperti yang sudah disebutkan sebelumnya akan nampak kurang menarik untuk orang yang sudah dewasa oleh karena itu perlu dibuat menjadi lebih menarik dengan memberikan sentuhan dan inovasi.  Contohnya kamu bisa membuat penyebab timun mas ini dikejar adalah karena ia melakukan kesalahan atau hal-hal lainnya yang membuat raksasa menjadi murka. 

Perhatikan pembentukan karakter 

Dalam sebuah cerita yang baik, karakter yang dimiliki oleh pemain ada baiknya tidak diperhatikan pada publik dengan cara diceritakan dalam narasi. Akan lebih baik ketika audiencemu melihat sosok dari  pemeran utama melalui karakter yang kamu bentuk dari cerita. Oleh karena itu, pastikan kamu membuat adegan-adegan yang bermanfaat. 

Adegan-adegan yang tidak bermanfaat adalah adegan yang tidak membawa penonton untuk masuk ke dalam tujuan tapi membuat cerita berjalan di tempatnya. Jika kamu menemukan adegan ini dalam naskah story telling timun mas yang kamu buat maka sebaiknya hilangkan adegan itu meski kamu memberikannya sebagai hiburan atau komedi. 

Untuk kamu yang ingin memasukkan komedi dalam cerita, kamu tetap bisa melakukannya dalam adegan yang lebih bermanfaat. Jangan buang perhatian audiencemu dengan adegan yang tidak penting karena mereka mungkin akan merasa bosan dan mungkin meninggalkan pertunjukan kamu. 

Buat visualisasi

Selanjutnya cara untuk membuat cerita timun mas kamu menjadi lebih menarik adalah membuat visualisasi untuk cerita yang kamu buat. membuat visualisasi bisa menjadi salah satu hal yang tidak hanya membuat cerita timun mas lebih menarik tapi juga membuat kamu lebih mudah dalam penyusunan alur. 

Visualisasi membuat kamu menjadi lebih imajinatif. Ini adalah salah satu alasan mengapa mengapa menggunakan visualisasi merupakan salah satu cara terbaik dalam membuat sebuah cerita. Ketika kamu membuat bayangan cerita di kepala kamu maka akan lebih mudah bagi kamu untuk membuat cerita menjadi lebih luas dan lebih detail. 

Ya, detail merupakan hal yang penting dalam membuat sebuah cerita terutama cerita yang magical dan juga bertema petualangan seperti cerita timun mas yang ingin kamu angkat dari cerita lawas. Membangun detail akan membantu audiencemu untuk bisa masuk ke dalam dunia cerita timun mas yang kamu ciptakan. Ini akan menjadi sebuah hal yang menarik dan pastinya membekas di hati dan pikiran para audiencemu. 

Berikan kejutan

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk membuat cerita timun masmu menjadi lebih menarik adalah dengan membuat kejutan dalam cerita. Kejutan seperti plot twist atau hal-hal lain yang mungkin membuat cerita kamu lebih menarik sangat penting dalam story telling. Terutama ketika kamu akan membuat cerita timun mas yang lawas menjadi cerita yang baru. 

Mengapa? Hal ini disebabkan karena cerita timun mas merupakan cerita yang sangat kondang. Hal ini menyebabkan setiap orang yang mungkin membaca cerita timun mas buatan anda bisa menebak ending dari cerita tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk membuat kejutan ketika mengangkat cerita lawas menjadi cerita yang lebih modern. 

Demikian adalah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk membantu kamu membuat cerita timun mas menjadi lebih menarik. cerita baru dari timun mas ini bisa kamu buat gunakan untuk  cerita dalam blog kamu atau bisa juga digunakan untuk pementasan. 

Untuk kamu yang ingin membuat cerita timun mas versi baru untuk panggung. Kamu juga bisa membuat cerita ini dengan menggunakan teknik-teknik pembuatan skenario cerita yang bisa kamu lihat dari artikel kami sebelumnya. 

Dari cerita yang kamu buat ini, jika kamu beruntung, kamu juga bisa membuat cerita ini menjadi lebih terkenal dan mendapatkan tawaran yang menarik untuk mempublikasikannya lo. Oleh karena itu, buat karya story telling timun mas kamu dengan serius ya! selamat berkarya!

Baca juga 4 Tips Ini Akan Memudahkan Anak-Anak Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
×

Panduan Belajar di Kampung Inggris