Ketahui Struktur Recount Text Yang Baik dan Benar

3 min read

struktur recount text

Mengerjakan soal teks dalam bahasa Inggris mengambil porsi 70 persen dari keseluruhan soal. Oleh karena itu sangat penting menguasainya bila ingin dapat nilai yang bagus. Selain soal teks dapat dipelajari ada strukturnya yang bisa dijadikan panduan. Ada banyak cara untuk dapat mengerjakannya.

Terdapat beberapa jenis teks dalam bahasa Inggris. Semua memiliki manfaat dan kegunaannya masing-masing. Selain itu bentuk struktur dari teksnya pun berbeda-beda. Mengenalnya maka akan mempermudah menentukan jenis teks dan cara untuk mengerjakan soalnya. Bahkan anda bisa membuat contoh teks sesuai dengan yang diperintahkan.

pengertian-recount-text

Pengertian Teks Recount dalam Bahasa Inggris

Dari banyaknya jenis teks dalam Bahasa Inggris yang sering dibahas adalah Teks Recount. Dari katanya yang berarti “mengingat kembali” maka teks ini menjelaskan kejadian di masa lalu dan menggunakan tense bentuk lampau. Penjelasannya pun menjelaskan secara urutan mengenai apa saja yang telah terjadi atau baru saja selesai. Struktur recount text pun berbentuk memuat dari mulai apa, kapan dan dimana kejadiannya terjadi.

Ciri Teks Recount

Bagaimana caranya membedakan teks Recount dari teks lainnya? Memperhatikan beberapa ciri khasnya yang sudah menjadi bagian penjelasan untuk memastikan bahwa yang anda baca atau buat adalah benar teks berbentuk recount.

  1. Menggunakan Proper Noun. Kata benda yang digunakan adalah kata spesifik yang menunjukn orang dengan jelas dan tempat serta melakukan sesuatu dengan rinci. Hindari menggunakan noun yang tidak jelas pelakunya

Contoh :

He drive his car to the nearby village

Ia mengendarai mobilnya ke desa terdekat

Kecuali kalimat sebelumnya sudah menjelaskan siapa “he” maka hindari penggunaan Noun yang pelakunya tidak disebutkan nama atau diberikan informasi lebih.

Contoh :

 

Mr. Dowson takes his kids to a villa. He drives his car slowly because of the slippery road

Pak Dowson membawa anak-anaknya ke villa. Ia mengendarai mobilnya dengan berlahan karena jalanan yang licin.

  1. Huruf Kapital. Gunakan huruf Kapital untuk nama orang dan nama tempat. Karena itulah cara penulisan yang benar sesuai kaidah EYD maupun penulisan dalam bahasa Inggris.

Contoh:

Shinda and her family went to Japan

Shinda dan keluarganya pergi ke Jepan

Anita met her father ath the famous Bridge

Anita bertemu dengan ayahnya di jembatan terkenal itu

  1. Action Gunakan kata aktif untuk membuat kalimat. Selain lebih mudah akan menghindari menterjemahkan dari bahasa indonesia ke bahasa Inggris. Selain itu dalam teks recount akan lebih banyak digunakan kata kerja.
  2. Transitional marker. Sebagai penanda transisi dari satu kalimat kekalimat lainnya agar jalan cerita mengalir makan digunakan transitional marker seperti and then, afterthan, firstly atau finally.
Rekomendasi :  Idiom Untuk Mendeskripsikan Orang

Contoh:

We went to the beach. After that we find a spot near the water, then we changed our clothes.

Artinya

Kami pergi ke pantai. Setelah itu kami mencari tempat didekat air, kemudian kami berganti pakaian.

  1. Pakai bentuk lampau/past tense. Menjelaskan sesuatu yang terladi dimasa lalu, tentu harus mengunakan tata bahasa lampau juga. Namun hati-hati dalam membuat kalimatnya karena bisa saja ada paduan antara present tense dan past tense didalamnya.

Contoh :

Me and my friends went to Bandung last week. Were were having so much fun going to malls and many interesting places

Saya dan keluarga saya pergi ke Bandung minggu lalu. Kami bersenang-senang pergi kemall dan berbagai tempat menarik lainnya

Jenis Teks Recount

Apa saja yang bisa dijadikan materi untuk membuat sebuah struktur recount text yang baik dan benar? Karena walau membahas sesuatu yang terjadi dimasa lampau, ada beberapa hal yang termasuk dalam jenis recount

  1. Personal Recount

Paling mudah bercerita berdasarkan pengalaman sendiri. Selain isinya jadi lebih kaya, membentuk paragrap berdasarkan struktur recount text adalah latihan yang dibutuhkan angar dapat lancar membuat teks.

  1. Factual Recount

Bercerita tentang sesuatu yang terjadi dimasa lampau juga bisa melihat berbagai data yang terdokumentasi dengan rapi.

  1. Imaginative Recount

Bila merasa pengalaman pribadi kurang menarik atau bisa dibuat lebih fantastis. Penulis bisa menambahkan sesuai dengan imajenasinya

  1. Historical Recount

Bahasan tentang berbagai tempat yang memiliki nilai sejarang dan sangat berdampak pada jalannya cerita/.

Struktur Teks Recount dan Contohnya

struktur recount text

Secara struktural teks recount terbagi menjadi tiga bagian. Dalam contoh atau soal teks bisa lebih namun tidak akan kurang. Karena menjelaskan sesuatu yang terjadi di masa yang akan dijelaskan terlebih dahulu tentang pengalaman apa yang akan diceritakan. Lalu diikuti dengan serangkaian urutan kejadian kemudian ditutup dengan bagian penutup untuk menyelesaikan keseluruhan teks. Berikut adalah penjelasan tiap bagiannya

  1. Orientation: Latar belakang cerita yang memberikan gambaran besar mengenail siapa, dimana dan kapan aktifitas yang dijelaskan terjadi
  2. Events: Menjelaskan keseluruhan kejadian secara berurutan dan kronologis.
  3. Reorientation: penutup keseluruhan cerita yang berupa kesimpulan atau penyelesaian cerita.

Akan lebih mudah untuk memahami pembagian dari tahapan-tahapan pembentuk keseluruhan bila tidak diwakilkan dengan contoh teks recount sederhana seperti berikut.

Orientation :

Last week me and my mom went to the dentist. It was a building in a shopping mall. I got my teeth checked because it hurt really bad. So, we decided to go to the dentist.

Minggu lalu saya dan ibu saya pergi ke dokter gigi. Kantornya berada dalam bangunan pusat perbelanjaan. Saya pergi ke dokter gigi karena gig saya yang sangat sakit. Sehingga kami memutuskan pergi ke dokter gigi saja.

Perhatikan bentuk kalimatnya menjelaskan ada berapa orang yang terlibat dalam teks dan kemana mereka akan atau sudah pergi.

Events :

The doctor was really nice. He asked me to sit in a big chair. The chair have many lights and tools in it. The doctor examined my teeth carefully. Then tell me that he was going to pulled out my teeth. I let him.

Dokternya sangatlah baik. Ia memintaku untuk duduk di kursi paling besar. Kursinya memiliki banya cahaya penerangan dan peralatan dokter gigi. Kemudian si dokter memeriksa gigiku dengan hati-hati. Kemudian ia memberitahuku kalau ia akan mencabut gigiku. Lalu saya membiarkannya

Penggunaan kata kerja dan kalimat pada paragraph ini karena yang menentukan benar-salahnya soal adalah bentuk kalimatnya. Kalimat bentuk lampau yang paling cocok dengan jenis teks seperti ini, terutama untuk bagian events

Reoriantation :

Afterwards he gave me prescription for my teeth so it will not hurt anymore. I am happy my teeth is all better now.

Setelah selesai, ia memberikan saya resep untuk gigi saya itu, agar tidak terasa sakit lagi. Saya senang sekarang gigiku tidak sakit lagi

Penutup yang biasanya dikembalikan ke awal teks yakni bagian orientation. Kalau sesuai maka akan sesuai dengan bentuk teksnya. Inti dari paragraph biasanya akan dicantumkan pada awal paragrap atau diakhirnya.

Rekomendasi :  Mengenal Idiom Bahasa Inggris (Bagian 2)

Penjelasan diatas telah mengambarkan dan mencontohkan bagaimana struktur recount text yang baik dan benar. Text sering kali ditemukan dalam soal ujian maupun soal toefl. Selain mengenali struktunya, anda juga dapat mengerjakan soal berdasarkan teks recount tersebut. Berikut adalah contoh teks recount yang disertakan dengan soal dan jawabannya.

Kalau kamu butuh rekomendasi untuk belajar bahasa inggris, Kampung Inggris LC solusinya!

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
×

Panduan Belajar di Kampung Inggris

Rekomendasi :  Tips Belajar Bahasa Inggris: 8 Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris