belajar bahasa inggris tentang time of the day

Saat kita masih kelas satu atau dua SD, kita sudah diajari tentang greetings saat pertamakali bertemu seseorang. Beberapa yang umum misalnya “Hello!” atau “Good morning!”. Nah, kita juga mengenal bentuk-bentuk greetings lain yang berkaitan dengan waktu, misalnya good afternoon, good evening, dan good night.

Tapi ternyata, istilah-istilah waktu bukan hanya itu saja, lho. Ada setidaknya tujuh istilah waktu utama dalam bahasa Inggris. Selain itu, ada juga istilah seperti AM dan PM. Lalu sebenarnya, apa maksudnya? Berikut ini rinciannya ya, LCers!

Perbedaan AM dan PM serta Contohnya

Hingga saat ini, masih banyak pembelajar bahasa Inggris yang bingung membedakan AM dan PM. Terutama pembelajar yang baru di level basic atau intermediate. Tapi kamu nggak perlu bingung lagi, karena di bawah ini, Kampung Inggris akan menerangkan perbedaan AM dan PM untukmu.

Ante Meridiem (AM)

Istilah AM dan PM dalam bahasa Inggris digunakan dalam sistem 12/24 jam. Sama seperti orang Indonesia yang lebih suka menyebut pukul 19.00 menjadi jam 7 malam, orang Inggris dan Amerika juga begitu. Maka diciptakanlah sistem pembagian AM dan PM ini.

Firstly, mari kita membahas soal AM, atau kepanjangannya: ante meridiem. Istilah ante meridiem digunakan untuk jam 00.01 dini hari sampai 11.59 siang. Jadi jika kamu ingin menyebut pukul 6 pagi, dalam bahasa Inggris kamu bisa menyebutnya dengan “6 AM”.

Cara mudah mengingat penggunaan AM adalah sebagai berikut: Jika penyebutannya dalam sistem 12 atau 24 sama saja, maka yang digunakan adalah AM.

Example:

  • I used to go to school at 7.00 o’clock in the morning
  • I used to go to school at 7 AM (tidak usah ada keterangan waktu pagi)

Post Meridiem (PM)

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai post meridiem, atau singkatnya bisa disebut PM. Kebalikan dari AM, PM menerangkan waktu 12.01 siang sampai 23.59 malam. Jadi bentuk waktu PM hanya bisa digunakan untuk waktu siang menjelang sore hingga semenit sebelum tengah malam.

Mengingat bentuk PM lebih sulit daripada AM, tapi kamu pasti bisa memahami penggunaannya saat belajar bahasa Inggris. Intinya, PM bisa digunakan jika kamu ingin menyebut pukul 13.00 siang sampai 23.00 malam dengan sebutan jam 1 siang, jam 11 malam, dan sebagainya.

Example:

  • The show will be started on 19.00 o’clock in the evening
  • The show will be started on 7 PM

Istilah-Istilah Waktu dalam Bahasa Inggris

Setelah mempelajari perbedaan AM dan PM, selanjutnya kita akan mempelajari tentang istilah-istilah waktu. Ternyata, istilah waktu dalam bahasa Inggris bukan hanya morning, afternoon, evening, atau night saja lho!

Ada sekitar 8 istilah waktu pokok yang umum digunakan dalam bahasa Inggris, keterangan selengkapnya bisa kamu lihat di bawah ini!

Midnight

Midnight adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pukul 12.00 malam tepat, atau pukul 00.00 pas. Di waktu ini, kita tidak bisa mengidentifikasikan hari sebagai hari ini atau esok, karena midnight adalah waktu ketika hari berganti.

Meski demikian, orang-orang Amerika dan Inggris biasanya mengidentifikasikan midnight sebagai hari ini. Mereka menganggap hari berganti jika jarum jam sudah menunjukkan pukul 00.01.

Example:

  • It’s a Sunday midnight; the day will change in some seconds from now.

Dalam kalimat tersebut, hari itu masih disebut sebagai hari Minggu. Akan tetapi semenit berikutnya hari akan berganti menjadi Senin.

Dawn

Jika diterjemahkan menjadi bahasa Indonesia, dawn artinya fajar, atau saat matahari sedang terbit. Setiap negara bisa berbeda-beda waktu dawn-nya, tapi di Indonesia dawn terjadi sekitar pukul 4 sampai 5 pagi.

Example:

  • I always wake up around the dawn
  • It doesn’t matter that she’s still sleeping this hours, she’s been woken up till the dawn
  • The darkest hour usually comes before the dawn
  • Don’t wake until the dawn, you’ll get sick!

Morning

Sebenarnya dawn juga bisa dikategorikan sebagai morning, akan tetapi bentuk waktu morning lebih luas penggunaannya. Sebab yang dimaksud waktu morning adalah mulai pukul 00.01 sampai pukul 11.59 AM.

Ada tiga jenis bentuk waktu morning yang biasa digunakan oleh orang-orang Inggris dan Amerika, yaitu early morning, morning, dan late morning.

  • Early morning: istilah yang digunakan untuk menyebut pukul 00.01 sampai pukul 05.00 AM. Dalam bahasa Indonesia, istilah yang paling cocok untuk menyebut “early morning” adalah “waktu subuh”.
  • Morning: sebenarnya cocok digunakan untuk semua waktu pagi. Tapi morning paling cocok digunakan untuk mengekspresikan pukul 06.00 sampai 10.00 pagi.
  • Late morning: istilah ini dalam bahasa Indonesia punya sebutan “pagi menjelang siang”, yaitu pukul 10.30 sampai 11.59 siang.

Example:

  • You always wake in the early morning and do the jogging for 30 minutes
  • School starts at 7 AM in the morning, so make sure you come punctually
  • They’ve just came in the late morning

Noon

Selanjutnya adalah bentuk waktu siang, yang dalam bahasa Inggrisnya disebut noon. Waktu noon ini hanya terjadi selama semenit, yakni pada waktu 12.00 sampai 12.01 saja. Noon adalah kebalikan dari istilah midnight.

Jika midnight diartikan sebagai “tengah malam”, maka noon memiliki arti “tengah hari”. Akan tetapi istilah ini sangat jarang digunakan dibandingkan dengan midday.

Example:

  • Finally, we came to the airport around noon
  • By noon, the clouds started gloomy, it looked like it was nearly raining
  • She goes to school around noon, I guess

Midday

Midday adalah bentuk waktu yang digunakan untuk menyebut waktu siang setelah noon, tepatnya pukul 12.01 sampai pukul 02.00 siang.

Dibandingkan dengan noon, midday lebih sering digunakan baik oleh orang Inggris maupun Amerika. Penggunaan noon hanya digunakan dalam kondisi-kondisi tertentu saja, misalnya seperti untuk menjelaskan kondisi mendekati tengah hari.

Example:

  • We will have a lunch around the midday
  • She doesn’t want to come unless on the midday
  • The midday sun is so hot, therefore don’t forget to use the sunscreen

Afternoon

Seperti namanya, afternoon artinya adalah “setelah siang hari” atau dengan kata lain, sore hari. Berbeda dengan morning, tidak ada waktu khusus untuk menyebut kapan the real afternoon terjadi. Ada istilah early dan late afternoon, tapi tidak ada waktu khusus untuk “afternoon” saja.

  • Early Afternoon: istilah untuk menyebut pukul 02.00 sampai 04.00 sore
  • Late Afternoon: istilah yang digunakan untuk menyebut pukul 04.30 sore sampai matahari terbenam

Example:

  • If you’d like so, we can go on the early afternoon
  • If you come on the late afternoon, you’ll be late
  • I will take you home around the afternoon

Dusk

Selanjutnya, kita akan membahas istilah yang menjadi lawan kata dari dawn, yaitu dusk. Istilah dusk digunakan untuk menerangkan waktu sekitar matahari terbenam (sunset). Sama seperti dawn, waktu dusk berbeda-beda terjadinya tergantung tiap wilayah. Tapi di Indonesia umumnya dusk terjadi pukul 05.00 sampai 06.00 sore.

Example:

  • Don’t let the children go outside home when the dusk approaches, that’s what myth said
  • People used to get cursed between the dusk and midnight, so be careful
  • We will continue our adventure after the dusk

Evening

Di dalam istilah bahasa Inggris, waktu setelah matahari terbenam disebut sebagai “evening”. Waktu evening terjadi tepat setelah waktu dusk, yaitu sekitar pukul 06.01 sampai waktu tidur umumnya.

Istilah evening sering menimbulkan kontroversi, bahkan di antara orang-orang native English sendiri. Banyak yang berbeda pendapat tentang batas waktu evening sebenarnya, karena waktu tidur orang berbeda-beda.

Akan tetapi umumnya batas waktu evening adalah sekitar pukul 10.00 sampai 11.00 malam. Sebelum waktu tersebut, maka sebutannya bisa early evening, evening, atau late evening.

  • Early Evening: istilah yang digunakan untuk menyebut petang awal, yaitu sekitar satu jam setelah matahari terbenam.
  • Evening: istilah untuk menyebut waktu petang yang utama, yaitu sekitar pukul 07.00 sampai 09.00 malam.
  • Late Evening: istilah untuk menyebut waktu di atas pukul 09.00 sampai pukul 11.00 malam.

Example:

  • Sasha will hold a birthday party for her son on the early evening this day
  • Will you take Mikasa go out this evening? If you won’t do so, I’ll do it myself otherwise
  • Dad usually return home after work on the late evening

Night

Sering dengar greeting “good night”, bukan? Dalam kebiasaan para native English, ungkapan good night hanya pantas diucapkan pada  orang yang akan tidur. Atau untuk ucapan perpisahan setelah suatu acara di petang hari.

Waktu night terjadi mulai pukul 11.00 sampai jam 12.00 malam saja. Setelah midnight, istilah yang benar untuk waktu tersebut adalah “morning”. Tapi para native English tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut. Jadi kamu juga bisa menyebut waktu sebelum dawn sebagai “night”.

Example:

  • Good night and don’t forget to warm yourself!
  • Calling someone at night is considerably improper
  • We should’ve slept now, actually, it’s already night

Cara Mudah Memahami Waktu-Waktu dalam Bahasa Inggris

Sebenarnya cara memahami waktu-waktu dalam bahasa Inggris cukup mudah. Kamu cukup memahami tentang perbedaan AM dan PM, lalu pahami juga istilah-istilah tentang bentuk waktu di atas.

Sebagai ilustrasi, kamu bisa memerhatikan gambar tentang pembagian waktu dan istilahnya berikut ini:

time of the day untuk belajar bahasa inggris

 

Itulah materi tentang Time of the Day dalam bahasa Inggris, jadi diingat-ingat ya, untuk menambah wawasanmu! Sekarang udah nggak bingung kan, cara membedakan waktu dalam bahasa Inggris?

Kalau kamu ingin belajar lebih intensif lagi, always remember ya, kamu selalu bisa datang ke Kampung Inggris Pare! Di sini, kamu akan merasakan suasana belajar bahasa Inggris yang intensif dan menyenangkan. Apalagi tutor-tutor Kampung Inggris LC masih muda dan enerjik semua. Dijamin proses belajarnya nggak membosankan deh, jadi semangat cepat ke sini ya!

Kampung Inggris Search :

  • istilah waktu