Tips Belajar Bahasa Dengan Lagu Bahasa Inggris

3 min read

lagu bahasa inggris

Lagu Bahasa Inggris nggak cuman bikin kamu keliatan keren kal kamu bisa nyanyiin beberapa lagu top dan hits. Coba deh, nyanyi aja lagu bahasa inggris di tengah-tengah keramaian atau di rumah, pasti dong kamu keliatan jago banget bahasa inggrisnya. Nah, tapi tau nggak sih, sebenarnya lagu-lagu bahasa inggris itu bisa kok dipakai buat belajar. Penasaran? Ini dia nih artikel yang wajib kamu simak.

lagu bahasa inggris

Tips Belajar Dari Lagu Bahasa Inggris

Sebelum mencari tahu lagu apa yang tepat lalu menggunakan Lagu bahasa inggris untuk mulai belajar, kamu harus tahu dahulu seperti apa sih baiknya menggunakan metode belajar ini. Nah, berikut beberapa tips belajar yang bisa kamu simak:

Memilih Lagu Yang Tepat
  • Pilih lagu dengan kosakata yang umum digunakan.
  • Pilih lagu yang biasa saja. Hal ini harus diperhatikan jika tujuan kamu untuk belajar adalah karena ingin berinteraksi dengan penutur asli. Artinya, akan lebih efisien belajar lagu berbahasa inggris yang menyediakan bahasa umum.
  • Pastikan lagu yang kamu pilih untuk belajar tersebut bisa dicari liriknya dengan mudah.
  • Karena digunakan untuk belajar untuk pemula, sebaiknya cari lagu yang tidak terlalu cepat. Sehingga, kamu bisa mengikuti bagaimana pelafalannya.
  • Kamu juga bisa mencari berbagai lagu di tempat yang tepat seperti youtube, spotify, dan lainnya.
  • Pilih lagu sesuai dengan musik yang kamu sukai. Hindari musik heavy metal karena kadang nggak denger seperti apa sih pelafalan si penyanyi dalam kata tertentu.
  • Musik pop sebaiknya jadi pilihan karena memang liriknya cenderung ada kisah romantika dan cintanya. Jadi, kosakatanya juga diulang-ulang, siap bikin kamu lebih mudah belajar.
Cara Belajar
  • Cara belajar scaffolding. Cara ini penting loh, karena kamu juga bisa belajar mencerna lirik juga artinya agar bisa paham. Scaffolding biar lebih mudah bisa dicari lirik lagu yang kamu inginkan di Google.
  • Pelajari lirik juga kosakata. Kamu nggak cuman belajar tentang konten. Tapi, kamu juga harus belajar kosakata pada tiap kata baru yang kamu temukan. Dengan belajar dari satu dua kata, kamu akan bisa menguasai semua sehingga punya daftar kosakata yang bisa kamu pelajari setiap hari.
  • Jangan lupa, ikut nyanyi. Jangan karena suara jelek, kamu jadi nggak belajar pronunciation atau belajar pelafalan dalam lagu tersebut. Walau nggak berbakat, misalnya, kamu harus terus ikut belajar bernyanyi karena memang tujuannya adalah supaya bisa melafalkan kata-kata yag sulit, juga kata-kata yang baru.
  • Ingat Liriknya. Jika setelah diulang-ulang, kamu akan mulai menghafal lagu yang sudah kamu pilih. Untuk itu, cobalah untuk bernyanyi tanpa melihar lirik. Dengan demikian, secara otomatis kamu bakalan bisa menggunakan kata-kata baru yang sudah kamu pelajari dalam kehidupan sehari-hari.
  • Tinjau hasil belajar. Nah, kamu nggak harus kok menyelesaikan satu lagu dulu biar bisa ke lagu berikutnya. Pastikan kamu nyaman dengan lagu yang pertama, barulah kamu bisa beralih ke lagu yang lain. Tunggu dalam beberapa waktu, sebelum kemudian kamu meninjau ulang seperti apa lagu pertama. Teknik belajar ini disebut spaced repetition. Teknik ini bikin kamu belajar sampai sempurna dalam satu waktu.
  • Temukan musik baru untuk dipelajari. Langkah ini menjadi langkah yang tersulit loh. Karena, setiap kali kamu belajar lagu baru, maka harus ada keseimbangan antara kosa kata baru dan kosa kata yang ada dalam progress. Kombinasi tersebut juga sangat penting karena bisa mempengaruhi motivasi supaya kamu tetep bisa fokus belajar tapi juga tetap menikmati lagu.
Rekomendasi :  Contoh Lirik Lagu Bahasa Inggris Tentang Persahabatan

Daftar Lagu Yang Pas Buat Belajar Bahasa Inggris

Penasaran dong daftar lagu apa aja sih yang siap bikin kamu semangat belajar bahasa inggris? Gampang kok! Kamu bisa menggunakan pilihan lagu berikut untuk memulai belajar.

1. Sad Song By We the Kings feat Elena Coats

Kamu bisa belajar tentang adanya to be yang diletakkan setelah subjek. Lagu ini punya lirik seperti we are jadi we’re, I am menjadi I’m, I have menjadi I’ve dan lainnya.

Bahkan, ada juga lirik seperti “cause I don’t ever wanna close my eyes” yang bermakna “Sebab, aku tidak akan pernah mau menutup kedua mataku”, yaitu kata wanna merupakan singkatan want to.

2. Secret Love Song By Little Mix feat Jason Derulo

Lagu ini memang sudah cukup lama, yaitu sejak tahu 2015. Arti kata yang ada pada liriknya punya makna ganda. Misalnya, ada lirik I wish that it could be like that. Dari lirik tersebut kita bisa belajar bahwa that pada kata pertama punya maksud “bahwa”, namun pada bagian akhir, that bermakna “itu”.

3. I Know I’m Not The Only One By James Smith

Susah banget kan belajar perfect tense? Haduh, pasti deh bikin kepala langsung pusing, apalagi kalo kamu fokusnya lebih ke berbagai rumusnya. Nah, padahal, ada banyak loh lirik lagu yang menggunakan perfect tense.

Salah satu lagu yang bisa kamu gunakan untuk belajar perfect tense adalah I Know I’m not the only one yang dinyanyikan oleh James Smith. Misalnya, ada kata I’ve had atau You’ve done. Terbiasa mendengarkan lagu dengan perfect tense sambil mendalami apa maknanya bikin kamu jadi cepat mengerti loh.

Rekomendasi :  Particle: Pengertian, Kegunaan dan Contohnya

4. Something Just Like This BY The Chainsmokers & Coldplay

Cerita dalam lagu Something Just Like This ini menarik loh. Soalnya, dalam lagu tersebut, si penyanyi mengungkapkan perasaannya untuk jadi orang biasa saja, seperti orang-orang yang berada di sekitar kita. Bukan kekuatan super, tapi bagaimana saling memperhatikan dan memberi rasa nyaman saja.

5. Ghost by Parekh and Singh

Genre yang diusung Parekh and Singh adalah “Dream Pop”, jadi sudah dipastiin kalo laguny bakalan bikin kamu serasa di negeri fantasi. Lagu yang bercerita tentang perasaan jadi roh atau hantu ini kerasa banget karena kamu terlalu mencitai seseorang. Akana tetapi, hubungan malah jadi ga berhasil.

Ada banyak kata yang bisa kamu pelajari dalam lirik lagu ini, seperti ghost, whim, partially. Selain kata-kata tersebut terbilang sulit dilafalkan, kamu juga bis belajar mencari tahu apa sih makna kata-kata tersebut. Bahkan, lagunya juga repetitive, jadi lebih mudah untuk dihafalkan.

Nah, itulah berbagai informasi tentang bagaimana sih caranya menggunakan lagu bahasa inggris buat belajar. Kamu sudah tahu beberapa tips yang harus kamu lakukan sebelum menggunakan lagu untuk belajar bahasa inggris.

Setelah itu, kamu bisa menentukan pilihan mana lagu yang sesuai untuk melengkapi cara belajarmu ya! Atau, kamu juga bisa meninggalkan komentar kalau kamu sudah punya lagu favorit yang kamu rekomendasikan buat temen-temen yang lain yang sedang belajar bahasa inggris. Semoga bermanfaat!

Baca juga Kampung Inggris Online, Belajar Bahasa Inggris #DiRumahAja

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
×

Panduan Belajar di Kampung Inggris

Rekomendasi :  Town vs City: Perbedaan dan Contohnya