tips cepat belajar vocabulary

Salah satu kendala terbesar seorang yang baru belajar bahasa Inggris adalah vocabulary. Percuma jika seseorang menguasai tenses, grammar, dan lainnya jika vocabulary yang dikuasai tidak bertambah. Seorang pembelajar tetap saja akan kesulitan memahami bahasa Inggris tanpa penguasaan vocabulary yang baik. Lantas, adakah tips belajar vocabulary yang ampuh, terutama buat pemula? Jawabannya: ada dong! Ini Kampung Inggris LC punya tips-tipsnya untukmu.

Sisihkan Waktu Untuk Menghafal Minimal 20 Vocab Per Hari

Hal pertama yang harus kamu lakukan supaya belajar vocabulary kamu lancar adalah konsisten dalam menghafal. Nggak perlu banyak-banyak, cukup minimal 20 vocab baru aja per hari. Lama-kelamaan, vocabulary-mu akan makin banyak sehingga level belajarmu juga akan makin meningkat.

Otak manusia itu ada batasannya, semakin dewasa umur seseorang biasanya daya ingatnya juga akan berkurang. Oleh karena itu, menghafalkan 20 vocab per hari tapi terus diingat lebih baik dibandingkan menghafal 50 sekaligus kemudian…lupa.

Latih Terus Vocabulary yang Sudah Dihafalkan

Setelah kamu menghafalkan vocabulary, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengasah terus vocabulary tersebut. Jadi setelah kamu mendapatkan vocabulary baru, kamu bisa langsung mempraktikkannya. Cara praktiknya gampang kok, kamu bisa melafalkan vocab baru, membuat kalimat sendiri dari vocab tersebut, dan sebagainya.

Kalau nggak dilatih, vocab yang sudah kamu hafalkan bakal gampang hilangnya. Jadi singkatnya, belajar vocabulary bukan cuma menghafal saja, tapi juga mempraktikkannya.

Catat Vocabulary Baru Yang Belum Diketahui Artinya

Nah, ini dia yang namanya belajar vocabulary dengan serius! Misalnya nih, saat di jalan kamu menemukan vocabulary bahasa Inggris yang belum kamu ketahui artinya. Jangan sia-siakan penemuan itu dan catat langsung di buku/ponsel kamu! Nanti setelah sampai di rumah, kamu bisa langsung buka kamus dan mencaritahu artinya.

Proses hafalan semacam ini namanya natural process, dan konon pembelajaran secara natural lebih mudah diingatnya lho! Jadi entah di mana pun nanti kamu menemukan vocabulary baru, jangan lupa satu hal: CATAT!

Beli Kamus Bahasa Inggris yang Bagus

Belajar bahasa Inggris tanpa beli kamus? Kamu akan menyiksa dirimu sendiri, LCers. Padahal kamus adalah benda paling keramat yang wajib dimiliki setiap orang yang niat belajar vocabulary. Nggak perlu beli yang mahal-mahal kok, 100 sampai 200 ribu saja cukup untuk beli kamus yang bagus banget!

Tapi…Kampung Inggris LC menghimbau LCers untuk membeli kamus yang benar-benar berkualitas, ya. Daripada membeli kamus yang 100 Milyar, 1000 Trilyun, dan semacamnya, lebih baik kamu langsung membeli kamus bahasa Inggris keluaran Oxford, Longman, atau John Echols.

Sering-Sering Membaca

Ini nih tips belajar vocabulary yang sering ditinggalkan orang-orang dengan alasan nggak suka baca! Padahal sering membaca adalah salah satu cara praktik yang bisa membuatmu mengingat vocabulary dengan mudah.

Membaca bukan hanya akan membantumu menghafal lebih baik, lho LCers. Tapi juga bisa membantumu memahami konteks kalimat, mempelajari pola tenses, dan banyak lagi! Misalnya nih kamu membaca sebuah novel berbahasa Inggris, di dalam novel tersebut pasti ada banyak tenses yang digunakan. Belum lagi diksi kata yang akan memperkaya vocabulary bahasa Inggris-mu.

Menonton Film Dengan Double Subtitle

Belajar bahasa Inggris dengan nonton film memang nggak ada matinya! Kalau kamu kesulitan membaca subtitle bahasa Inggris, coba nonton film dengan double subtitle langsung, subtitle Inggris dan Indonesia. Cara ini cocok banget untuk pemula yang benar-benar baru mau memulai belajar vocabulary, lho.

Dengan menggunakan double subtitle, kamu bisa mempelajari tiga aspek bahasa Inggris sekaligus. Yang pertama, praktik listening, lalu kedua, menambah vocabulary, dan ketiga, membandingkan susunan grammar bahasa Inggris dan Indonesia.

Punya Teman Untuk Membantu Menghafalkan Vocabulary

Last but not least, kamu perlu juga nih punya teman untuk membantu menghafalkan vocabulary. Teman ini bisa membantu kamu untuk mempraktikkan vocabulary saat hafalan. Saat kamu lupa arti dari sebuah vocabulary, temanmu itu bisa mengingatkanmu.

Kalau kamu nggak punya teman buat belajar vocabulary di rumah, carilah di tempat lain, misalnya sekolah, taman belajar, dan semacamnya. Kalau masih kurang juga, kamu bisa mendaftar kursus bahasa Inggris, jadi kamu bisa ketemu dengan teman-teman yang sama-sama belajar bahasa Inggris juga.

Untuk rekomendasi kursus bahasa Inggris yang bagus di Indonesia, jelas kamu nggak bisa menemukan tempat selain di Kampung Inggris asli, yaitu di Pare, Kediri. Saat ini, sudah ada 300 lebih lembaga kursus berdiri di sini, salah satu yang terbesar misalnya adalah Kampung Inggris LC.

Itulah tips cepat belajar vocabulary yang bisa membantumu menghafal dengan lebih mudah! Jangan pernah menyerah belajar bahasa Inggris, ya! Sebab bahasa Inggris bisa membuatmu mencapai mimpi-mimpi tinggi yang sulit dicapai orang lain, misalnya beasiswa luar negeri, kerja di perusahaan multinasional, dan banyak lagi!

Ingin tahu tips-tips keren dari Kampung Inggris LC lainnya? Coba klik materi satu ini: Penggunaan Either, Neither, dan Both