belajar bahasa inggris dengan menghafal vocabulary

Pagi guys! Hari ini kami bakal share tips menarik supaya penguasaan vocabulary-mu makin meningkat. Kalau kamu melakukan tips-tips di bawah ini – minimal setengahnya, deh – kamu pasti bisa belajar bahasa Inggris lebih baik. Jadi pastikan kamu baca tips ini baik-baik ya! Berikut ini 15 tips meningkatkan penguasaan vocabulary lebih cepat dari Kampung Inggris!

Rajin Membaca

Tips pertama dan mutlak yang harus kamu lakukan adalah rajin membaca. Jika dilakukan dengan rutin, membaca dapat mengurangi bebanmu saat belajar bahasa Inggris. Kamu jadi tidak perlu lagi menghafal terlalu banyak vocabulary dalam satu waktu. Karena dengan membaca, kamu bisa mengingat vocabulary dengan lebih alami.

Selain itu, rajin membaca akan membuatmu lebih memahami pola grammar. Meski tidak tahu nama setiap tenses, kamu bisa membedakan tense satu dengan lainnya. Dulunya sebelum ke Kampung Inggris, admin juga begini, lho, cara belajarnya.

Hafalkan Vocabulary Baru Setiap Hari

Kalau kamu tidak terlalu suka membaca, kamu bisa mulai belajar bahasa Inggris dengan menghafalkan vocabulary setiap hari. Tenang, kamu nggak perlu menghafalkan satu kamus dalam waktu sehari. Cukup dicicil sedikit-sedikit saja tiap harinya.

Beberapa lembaga kursus dunia menyarankan hafalan maksimal 40 kata per harinya. Tapi sebagai awalan, kamu hanya perlu menghafal 10 – 15 kata saja per hari. Setelah itu baru kamu bisa meningkatkan hafalan bahasa Inggris-mu dengan bertahap.

Catat Vocabulary dan Artinya

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan vocabulary adalah dengan mencatatnya. Cara ini cocok untuk kamu yang tidak suka membawa kamus ke mana-mana nih.

Misalnya saat ini, kamu sedang membaca buku bahasa Inggris atau menemukan kata di sebuah bungkus makanan. Ternyata kata tersebut tidak kamu mengerti artinya. Daripada langsung membuka kamus, lebih baik kamu mencatat vocabulary-mu di buku catatan. Setelah terkumpul banyak, baru kamu cari artinya.

Cara ini ampuh untuk kamu yang jadwalnya padat, lho!

Pelajari Vocabulary Berdasarkan Konteks

Membaca novel dapat membantumu menghafalkan vocabulary sesuai urutan cerita. Cara ini ampuh bagi kamu yang suka baca, tapi kurang ampuh untuk kamu yang sedikit “malas”.

So, buat kamu yang nggak suka baca, kamu bisa mulai mempelajari vocabulary berdasarkan konteks. Misalnya saat ini kamu sedang penasaran dengan bahasa Inggrisnya peralatan kantor. Kamu bisa mulai mencatat peralatan-peralatan kantor di sekitarmu dan mencari artinya satu per satu.

Jadi sekali belajar bahasa Inggris, kamu bisa dapat beberapa vocabulary sekaligus. Apalagi vocabulary-nya berkaitan satu sama lain semua.

Memperluas Konteks Topik Vocabulary

Setelah menghafalkan vocabulary berdasarkan konteks, tugasmu sekarang adalah untuk memperluas konteks belajarmu. Cobalah menghafal vocabulary dengan topik-topik yang masih asing denganmu. Misalnya topik sejarah, bisnis, sains, dan sebagainya.

Selama ini, kebanyakan lembaga kursus menyarankanmu menghafal vocabulary sehari-hari saja. Tapi kami menyarankanmu untuk menghafal vocabulary dengan topik beragam. Semakin banyak topik yang kamu kuasai, semakin kaya pula penguasaan vocabulary-mu.

Kumpulkan Sinonim Kata

Apakah kamu tahu sinonim dari kata “happy”? Ada banyak lho sinonimnya ternyata, mulai dari pleased, glad, joyful, content, comfy, satisfied, contented, dan banyak lagi. Dibandingkan dengan bahasa Indonesia, kosakata bahasa Inggris memiliki lebih banyak sinonim.

Saat kamu memperbanyak penguasaan sinonim, otomatis kamu juga memperbanyak penguasaan vocabulary-mu. Contohnya untuk kata happy, kamu bisa mengekspresikannya dengan kata yang berbeda-beda tergantung situasi.

Berlatih Membuat Kalimat Sendiri

Dengan berlatih membuat kalimat sendiri, kamu bisa mengasah skill untuk menyatukan beberapa vocabulary sekaligus. Tidak masalah meski pun vocabulary yang kamu miliki masih terbatas. Praktik saja dengan vocabulary yang seadanya.

Membuat kalimat sendiri adalah salah satu cara ampuh belajar bahasa Inggris untuk kamu yang sulit mengingat grammar. Jadi sambil belajar menyusun vocabulary, kamu bisa belajar menyusun kalimat dengan grammar yang benar.

Biasakan Bicara dengan Bahasa Inggris

Meski vocabulary-mu masih belum banyak, jangan takut menggunakannya untuk bicara! Membiasakan diri berbicara dalam bahasa Inggris, meski vocab dan grammar belum memadai, bisa melatih lidahmu terbiasa dengan bahasa Inggris.

Nanti sambil belajar, kamu bisa meningkatkan kemampuanmu dalam menyusun kalimat yang benar. Jadi tidak usah menunggu hafal semua vocab baru berani bicara dalam bahasa Inggris. Bukannya lancar, kamu mungkin malah lupa dengan vocab yang sudah dihafalkan.

Praktikkan Vocabulary yang Baru Didapatkan

Mempraktikkan vocabulary bukan hanya melalui bicara ya, kamu juga bisa mempraktikkannya dengan menulis, mendengar, dan membaca. Jadi nggak ada lagi alasan berhenti praktik vocabulary gara-gara nggak ada teman ngobrol, ya!

Untuk praktik, kamu bisa pilih cara yang paling kamu sukai. Misalnya nih, kamu lebih mudah belajar bahasa Inggris melalui listening. Kamu bisa praktik penguasaan vocabulary dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Coba pahami maksud lagu tanpa menyontek liriknya di internet, ya! Kalau nengok lirik di internet, sih, sama aja kamu nggak praktik.

Mengerjakan Latihan Soal Vocabulary dengan Rutin

Selain praktik in real life, kamu juga masih perlu menguji penguasaan vocabulary-mu dengan rutin. Caranya gampang banget, kamu tinggal cari soal-soal latihan bahasa Inggris dan mengerjakannya.

Saat ini, banyak kok situs-situs yang membagikan soal latihan bahasa Inggris dengan gratis. Kamu tinggal membuka situs dan mengunduh soal-soalnya saja. Setelah itu, kami bisa mencetaknya dan mengerjakannya dengan pensil.

Atau, kalau kamu ingin meminimalisasi penggunaan kertas, kamu bisa langsung instal aplikasi latihan soal bahasa Inggris di smartphone atau komputermu. Tapi pastikan kamu bisa mereview lagi kesalahan yang sudah kamu lakukan. Makin baik lagi kalau kamu memiliki kunci jawabannya sekaligus.

Menggunakan Aplikasi dengan Setting English

Ini nih cara termudah meningkatkan penguasaan vocabulary-mu! Setiap kali kamu menginstal atau menjalankan sebuah aplikasi, gunakanlah setting English. Meski kamu masih awam berbahasa Inggris, kamu nggak akan salah kaprah kok saat menggunakan aplikasi bersetting English.

Otak manusia didesain untuk memahami pola, jadi meski kamu menggunakan setting bahasa berbeda, kamu tetap bisa mengingat fitur aplikasimu.

Pernah nggak kamu heran dengan teman-teman gamers yang jago bahasa Inggris? Mereka bisa jago seperti itu karena terbiasa menggunakan game bersetting English.

Belajar bahasa Inggris tapi aplikasi-aplikasinya masih pakai bahasa Indonesia? Please!

Memperbanyak Teman dari Negara Lain

Semakin banyak teman dari negara lain, kemampuan bahasa Inggris-mu akan semakin tertantang. Dengan demikian, kamu akan dipaksa memperluas penguasaan vocabulary-mu, agar tetap bisa berkomunikasi dengan teman-teman beda negara.

Saat kamu sering berinteraksi dengan teman-teman berbeda negara, kamu otomatis akan belajar banyak vocabulary dan cara pengekspresiannya. Pada awalnya kamu mungkin merasa canggung dan tidak mengerti, tapi setelah terbiasa kamu pasti bisa memahaminya dengan mudah.

Contoh besarnya ini nih: saat kamu berteman dengan orang-orang yang biasa menggunakan slang. Lama-kelamaan kamu pasti bisa menerapkan slang yang biasa mereka gunakan.

Berhenti Pakai Kamus Biasa, Pakai Thesaurus!

Pernah dengar tentang thesaurus? In case you don’t know, thesaurus adalah kamus yang berisi definisi-definisi dari sebuah kata. Definisi yang dimaksud di sini bukan “translation”-nya ya.

Saat kamu memiliki thesaurus bahasa Inggris, definisi kata-kata di dalamnya tidak akan diartikan dalam bahasa Indonesia, melainkan tetap bahasa Inggris.

Jika kamu mempelajari bahasa Inggris dengan thesaurus, kamu akan memahami pengertian sebuah kata secara keseluruhan, bukan hanya sepotong translasi saja. Berbeda dengan kamus biasa yang hanya akan menunjukkan arti singkatnya saja. Otomatis, kemampuanmu dalam memahami vocabulary juga akan meningkat.

Jadi ingat, gunakan thesaurus saja ya, jangan kamus biasa. Ada banyak kok aplikasi thesaurus yang ada di internet, kamu tinggal menginstalnya saja.

Belajar Bahasa Inggris dengan Intensif

Jika kamu ingin meningkatkan penguasaan vocabulary dengan cepat dan konsisten, kamu harus belajar bahasa Inggris secara intensif.

Tiap harinya, sediakan waktu beberapa jam khusus untuk meningkatkan penguasaan vocabulary-mu. Lakukan ini dengan konsisten setiap harinya, jangan sampai kelewatan sehari pun.

Kalau kamu kesulitan menjaga konsentrasimu dengan metode seperti itu, kamu bisa menyediakan waktu beberapa minggu atau bulan khusus untuk belajar. Supaya tidak ke-distract, kamu bisa memilih ikut kursus bahasa Inggris di Pare, misalnya.

Pilih lembaga kursus yang sudah include asrama dan waktu belajarnya intensif. Jadi kamu bisa expert bahasa Inggris hanya dalam waktu beberapa bulan saja.

Tetapkan Target Untuk Diri Sendiri

Last but not least, jika kamu ingin meningkatkan penguasaan vocabulary, kamu kudu menguatkan mental lebih dulu. Tetapkan target belajar untuk diri sendiri tiap harinya, dan berpeganglah dengan teguh ke target tersebut!

Misalnya, kamu punya target untuk menguasai vocabulary bertopik bisnis selama sebulan. Supaya tidak gagal, kamu harus terus berpegang pada target tersebut. Upayakan segala usaha supaya kamu bisa mencapai target penguasaan vocabulary dalam waktu yang telah ditentukan.

Kalau kamu bisa konsisten menetapkan target belajar bahasa Inggris, niscaya proses belajarmu akan menunjukkan hasil nyata dan terukur.

 

Itulah tips meningkatkan penguasaan vocabulary yang perlu kamu terapkan saat belajar bahasa Inggris! Jangan lupa ya, tips-tips di atas diterapkan, jangan cuma dibaca saja. Kalau kamu berhasil menerapkan semuanya, dijamin deh kamu bisa menguasai vocabulary dengan lebih mudah dan cepat.

Kalau kamu masih kesulitan menguasai vocabulary sendirian, feel free to learn with us, Kampung Inggris Pare! Kamu tinggal klik button di bawah artikel ini dan daftarkan diri sebagai member kami. Dijamin, selama di Kampung Inggris kamu akan dibimbing oleh tutor yang muda, jenius, dan keren metode ngajarnya.

Sekali lagi, cepat ke sini ya kalau kamu mau belajar menguasai vocabulary didampingi tutor-tutor terbaik!