tips meningkatkan pronunciation skill

Saat mempelajari bahasa Inggris, tentu mau tak mau Kalian juga harus mempelajari cara pengucapan atau pronunciation. Setidaknya, terdapat 2 keuntungan saat mempelajari pronunciation ini. Keuntungan pertama, Kalian dapat bicara seperti pada native english speaker, dengan demikian orang dapat memahami apa yang disampaikan menggunakan bahasa Inggris. Keuntungan kedua, Kalian juga dapat memahami apa yang diucapkan orang lain menggunakan bahasa Inggris. Maka dari itu, mempelajari pronunciation sangat berguna untuk IELTS maupun TOEFL. Akan tetapi, ada kesalahan-kesalahan yang bisa saja terjadi ketika mempelajari pronunciation sehingga sulit mempelajari bahasa Inggris.

Namun Kalian tak perlu khawatir, ada beberapa tips meningkatkan pronunciation skill yang harus dicoba berikut ini :

Tips Meningkatkan Pronunciation Skill

1. Mempelajari Bagaimana Cara Pengucapan yang Baik

Di negara-negara tertentu yang tak memakai bahasa Inggris, seperti halnya di Indonesia, kebanyakan diajarkan pronunciation hanya setengah-setengah saja. Seperti di usia SD atau SMP. Jika bahasa Inggris hanya sebatas diajarkan di rumah atau di sekolah, tak sedikit murid yang kekurangan materi pronunciation. Atau tak jarang ada yang salah dalam memahami cara pelafalannya. Contohnya, kata “how” dengan pelafalan yang seharusnya diucapkan ialah “haw” dan bukan “how”.

Apabila Kalian sedang mempelajari pronunciation, sebaiknya pakai sumber belajar dari native speaker secara langsung. Contohnya dengan memanfaatkan kamus Inggris-Inggris. Biasanya kamus ini mempunyai phonetic symbol, sehingga Kalian cukup mengikutinya saja. Atau dengan memakai kamus audio dan audiobook.

Dengan demikian, Kalian dapat mengetahui bagaimana pronunciation yang baik. Sebab cara belajar pronunciation terbaik ialah dengan mendengarkan secara langsung native speaker, kemudian coba ikuti mereka, lalu belajar lebih percaya diri untuk bisa berbicara seperti di native english speaker.

2. Lebih Banyak Tantangan

Ingat, jangan hanya merasa puas saat Kalian mempelajari berbagai kata yang sudah biasa dijumpai sehari-hari. Bagaimana dengan kata lainnya yang memiliki pronunciation yang hampir sama? Di Indonesia sendiri, umumnya kita tak terlalu kesulitan belajar pronunciation. Namun berbeda dengan masyarakat Jepang yang sulit mengucapkan huruf /I) dan /r/, atau dengan orang-orang Jerman yang biasanya kesulitan mengucapkan huruf /v/ dan /w/.

Di samping dialeknya yang sulit hilang, terdapat banyak kata lainnya dalam pelajaran bahasa Inggris yang hampir terdengar mirip, kita pun harus mengetahui cara membedakannya. Seperti kata lead, wary, reed, dengan very. Penting sekali mengetahui asal bunyi pada tiap huruf yang terdapat dalam bahasa Inggris, dengan demikian kita dapat mengucapkannya dengan baik.

3. Mempelajari Pronunciation Setiap Hari

Tips meningkatkan pronunciation skill lainnya ialah harus mempelajari pronunciation sesering mungkin setiap hari. Sekarang ini, ada banyak sekali media untuk mempelajari pronunciation, entah itu memakai kamus dengan phonetic symbol, ataupun dengan cara mendengarkan media audio native speaker. Dan pastikan untuk mempraktekkannya, agar Kalian lebih menguasai pronunciation. Walaupun tampak seperti sedang melakukan senam mulut, tapi jika terbiasa dengan pronunciation, Kalian pun akan terbiasa melafalkan pronunciation dengan baik.

4. Belajar Memakai Software

Seiring perkembangan teknologi, sekarang ini belajar memakai software pronunciation menjadi sangat memungkinkan. Adapun salah satu keuntungan belajar memakai software ini ialah biasanya mereka memakai audio, gambar, dan teks sekaligus. Ini baik sekali untuk mempelajari semua kata baru yang terdapat pada bahasa Inggris. Dalam software pronunciation yang terpenting ialah adanya audio yang dilakukan langsung oleh media native speaker serta sumber suara yang berasal dari tiap huruf. Dengan kata lain, Kalian dapat mempelajari bagaimana mimik atau bentuk mulut ketika kita melafalkan kata-kata tertentu.

5. Harus Mampu Mengalahkan Rasa Takut

Rasa takut bagi pemula yang belajar bahasa Inggris ialah masalah yang cukup besar. Kebanyakan dari mereka merasa takut salah, tidak percaya diri, takut dengan pendapat orang lain atau takut ditertawakan. Sehingga mereka pun mengakhiri speaking.

Sehingga ada yang speaking hingga semalaman suntuk tapi saat diminta berbicara, malah merasa takut dan ada pula yang hanya mempelajari teori grammar. Jadi, kalahkan semua ketakutan Kalian. Kesalahan itu merupakan hal yang wajar saat Kalian mempelajari sesuatu. Jika semakin diasah dan sering dilatih, tentu pronunciation yang Kalian pelajari pun menjadi semakin tajam.

Harus semangat untuk terus berlatih ya LC’ers agar pronunciation bahasa inggris yang kamu kuasai makin OKE.

Jika kamu mengalami kesulitan karena lingkungan kurang mendukung untuk melakukan praktik bagaimana dengan belajar bahasa inggris bersama teman-teman yang memiliki tujuan sama yaitu mahir berbahasa inggris? Dimana tempatnya? Ya di Kampung Inggris LC tentunya !!!

Pendaftaran bisa kamu lakukan mulai dari sekarang juga dengan mengisi formulir online DI SINI

Konsultasi program dan pendaftaran bisa kamu lakukan dengan menghubungi CS kami di:

0858 8888 1117 atau 0852 3111 1117

Materi lain yang bisa juga kamu baca: Beberapa Kesalahan Umum Pronunciation yang Harus Kamu Tahu.

Kampung Inggris Search :

  • cara terbaru dalam peningkatan pronunciation
  • Manfaat aplikasi English Pronunciation apakah bisa menambah keterampipan speaking?