Belajar Bahasa Inggris Bersama Native Speaker

3 min read

belajar-bahasa-inggris-bersama-native-speaker

Pernah punya pengalaman belajar bahasa inggris bareng native speaker? Kalo iya, ini jelas kamu jadi salah satu orang yang beruntung loh. Apalagi, ketika kamu belajar dengan mereka, kamu bisa belajar lebih dari sekedar menguasai bahasa inggris. Kamu juga bisa belajar tentang bagaimana sih budaya mereka.

belajar-bahasa-inggris-bersama-native-speaker

Apa Itu Native Speaker?

Native speaker juga dikenal sebagai penutur asli. Mereka menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pertama atau bahasa kedua. Nggak heran, ketika kamu belajar dengan mereka, pasti biaya yang harus kamu keluarkan terbilang cukup banyak.

Karena mereka adalah penutur asli yang mampu berbicara dengan bahasa inggris, jelas dia bisa membantu kamu untuk belajar melafalkan segala sesuatu, juga mengeja dengan sempurna. Mereka sudah menggunakan bahasa inggris sejak dari kecil. Jadi, logat khususnya inilah yang bisa kamu pelajari terutama dalam hal pronunciation.

Walaupun, guru lokal lebih pandai menguasai grammar dibandingkan native speaker, tetap saja, kemampuan bahasa inggris mereka lebih natural. Sehingga, itulah kenapa sangat penting untuk belajar dengan mereka.

Jika berbicara tentang bahasa inggris, kamu juga pasti tahu dong bahwa ada dua pilihan yang tersedia yaitu antara American atau British. Keduanya punya gaya yang berbed. UK punya logat khusus, sehingga lebih sulit ditiru dan membutuhkan native speaker.

Cara Belajar Bareng Native Speaker Online Gratis

Cuman dengan modal koneksi internet, laptop, HP Android, juga social media, kamu sudah punya peluang kok untuk menikmati belajar bahasa inggris online gratis bareng native speaker. Berikut beberapa tempat yang bisa kamu coba.

1. iTalki

www.italki.com adalah salah satu contoh dimana kamu bisa menemukan guru profesional atau tutor yang bahkan sebaya dengan kamu dan siap mengajar kamu. Bahkan, di situs tersebut juga kamu bisa menemukan komunitas pelajar yang siap belajar bareng buat bertukar bahasa. Banyak orang yang join di situs tersebut karena niat untuk serius belajar.

2. Conversation Exchange

Pilihan selanjutnya adalah www.conversationexchange.com/ yang mana merupakan situs dengan banyaknya komunitas pelajar dengan tujuan untuk pertukaran bahasa. Pada situs ini, kamu bisa langsung berkomunikasi dengan penutur asli. Bahkan, kamu bisa melihat mereka secara face-to-face untuk memulai komunikasi. Kamu juga bisa menikmati serunya kirim pesan, voicemail, atau lainnya yang sesuai dengan kenyamananmu.

3. Interpals

Selanjutnya, ada juga https://www.interpals.net/, yaitu situs Interpals yang fokusnya adalah untuk bertukar bahasa scara tertulis, yaitu disebut sebagai sahabat pena. Setelah menemukan sahabat pena, kamu bahkan bisa berbicara secara lisan atau asik video call dengan mereka loh.

Rekomendasi :  Perbedaan Because, Since, Due To, As, dan Owing To

4. Livemocha.com

Masih butuh lebih banyak referensi? Livemocha.com juga bisa jadi alternative buat kamu yang pengen belajar bahasa inggris langsung dengan penutur asli. Situs tersebut juga memudahkan kamu untuk mengulas kembali materi yang sudah dipelajari. Bahkan, situs ini jua punya sistem voice chat atau messaging yang snagat lancar. Kamu bisa dengan mudah mencari bahasa yang ingin kamu kuasai.

5. HelloTalk

Beberapa aplikasi juga tersedia loh, jadi kamu bisa memanfaatkannya untuk belajar bahasa inggris. Misalnya, kamu bisa menggunakan aplikasi HelloTalk. Aplikasi yang satu ini punya banyak fitur. Yang perlu kamu lakukan adalah untuk membuat profile, mencari teman, dan kirim pesan tulis atau pesan suara.

Bahkan, temanmu di aplikasi tersebut juga bisa melakukan hal lain seperti mengoreksi apa yang sudah kamu kirimkan. Ada juga fitur terjemahan yang bisa kamu gunakan dengan sangat sangat mudah.

6. Tandem

Pilihan berikutnya adalah Tandem. Aplikasi ini tidak bisa dipakai sembarangan karena memang merupakan sebuah komunitas tertutup. Itu artinya, kamu harus membuka aplikasi dan meminta untuk bergabung terlebih dahulu. Fungsi dari aplikasi ini adalah supaya para komunitas yang sudah bergabung benar-benar bisa fokus dan bisa belajar secara aman. Itulah kenapa, kamu nggak bakalan bisa join kalo niatnya cuman main atau cuman cari gebetan.

7. Unilang.org

Gunakan juga situs online seperti ini buat kamu yang ingin menguasai bahasa inggris secara ototidak. Selain situs yang menerapkan pembelajaran yang interaktif, kamu bisa menikmati serunya saling chatting dengan seluruh pengguna pada situs tersebut. Kamu juga bisa bermain game, mengerjakan soal latihan dan bahkan mengikuti ujian yang sudah tersedia untuk menguji sejauh mana pemahamanmu tentang bahasa inggris.

8. Babelyou.com

Pada situs ini, kamu bisa menemukan pembelajaran yang terbukti sangat efektif dan interaktif loh. Kamu bisa langsung melakukan komunikasi secara face-to-face dengan teman bule. Dengan total lebih dari 200 negara yang bisa mengakses situs tersebut, kamu nggak bakalan bingung deh nyari penutur asli untuk dijadikan teman belajar.

Untuk menggunakan situs ini juga tergolong mudah. Misalnya, kamu ingin belajar bahasa inggris. Maka, cara yang paling mudah adalah pilih situs pertukaran bahasa. Kemudian, cari saja penutur asli yang mampu menguasai bahasa inggris dan sedang ingin belajar bahasa Indonesia. Lalu, kamu tinggal mengirimkan pesan apakah orang tersebut bersedia untuk bercakap-cakap denganmu. Karena ini adalah situs untuk pertukaran bahasa, penutur asli akan mengajarkanmu untuk belajar bahasa inggris. Sedangkan kamu harus mengajarkan bahasa Indonesia.

Rekomendasi :  Tips Menghadapi Soal Reading

9. YouTube

Nah, inilah salah satu yang paling menyenangkan untuk belajar bahasa inggris. Kamu bisa mencari di YouTube dan menariknya, ada banyak pencarian yang membuahkan hasil. Kamu akan disuguhi berbagai video cara belajar bahasa inggris yang disampaikan langsung oleh penutur asli.

10. Facebook

Pilihan terakhir adalah dengan menggunakan facebook.Facebook sebagai media sosial bisa kamu manfaatkan karena ada banyak group atau komunitas yang bersedia sharing tentang gimana sih biar bisa belajar bahasa inggris lancar, terutama dengan para native speaker. Mereka ada yang ikut join dalam grup tersebut dan mereka memang dari berbagai negara. Jadi, kamu tinggal gabung di group yang tersedia di Facebook, lalu cobalah mencari native speaker yang aktif untuk kamu jadikan partner.

Bingung Cara Memulainya?

Bingung cara memulai dengan native speaker? Coba simak kiat-kiat di bawah ini deh seperti:

  • Ajak berkenalan terlebih dahulu. Misanya percakapan sederhana seperti dimana dia berasal dan ketertarikannya. coba deh cari bahan obrolan di Contoh Percakapan Bahasa Inggris Perkenalan
  • Baru setelahnya sampaikan tujuan dan maksud kamu. Buatlah suasana sesantai mungkin sehingga tidak tegang!

Nah, seperti yang kamu lihat sendiri, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan supaya kamu bisa belajar bahasa inggris online bareng dengan penutur asli tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Kamu bisa sharing tentang topik tertentu dengan mereka, seperti kuliner, budaya, dan seni dari negara asal kalian masing-masing. Dengan demikian, pembicaraan jadi terasa hangat dan kamu akan menemukan teman baru.

Demikian tips yang bisa kamu coba untuk yang ingin belajar bahasa inggris secara online. Perlu diperhatikan bahwa ketika kamu sedang mencari pasangan bule dari situs, aplikasi, atau sosial media, maka sangat penting untuk mengirimkan pesan terlebih dahulu. Gunakan pesan ini sebagai cara kamu meminta izin apakah orang tersebut bersedia untuk menjadi partner belajarmu. Juga, hindari terlalu banyak bertanya terutama hal-hal yang bersifat personal, karena penutur asli pun tidak akan menyukai hal tersebut sehingga mengganggu rasa nyaman, semoga bermanfaat!

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
×

Panduan Belajar di Kampung Inggris

Rekomendasi :  Perbedaan Almost, Nearly, Barely, dan Hardly dalam Bahasa Inggris