Cara Meningkatkan Kemampuan Public Speaking dalam Bahasa Inggris

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris wajib dipelajari secara maksimal, termasuk dalam hal kemampuan berbicara. Untuk meningkatkan kemampuan public speaking bahasa Inggris, tentu saja diperlukan konsistensi dan latihan ekstra.

Manfaat Public Speaking

Kemampuan berbicara di depan umum merupakan hal yang harus dikuasai, terlebih berbicara dalam bahasa Inggris. Terlebih, dengan penguasaan yang tepat maka kamu akan mendapatkan berbagai manfaat yang beragam, seperti:

1. Meningkatkan value diri

Seseorang yang dikenal dengan kemampuan public speaking akan terlihat lebih stand out. Pada akhirnya, kualitas dan value dirimu akan meningkat secara signifikan. Kamu akan lebih mudah memposisikan diri serta berekspresi secara positif.

Kemampuan ini juga akan sangat berguna di masa depan dan akan memberi dorongan semangat bagi kehidupanmu. Kamu akan ikut berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan, baik di kampus, kantor, bahkan organisasi lainnya.

2. Meningkatkan kemampuan komunikasi

Kemampuan public speaking bahasa Inggris yang baik secara tidak langsung juga akan membuatmu menjadi komunikator yang baik. Kosakata akan bertambah, pemilihan diksi akan semakin tertata, serta dapat menata nada pembicaraan secara maksimal.

Public speaking juga akan memberi banyak kesempatan buatmu dalam menunjukkan integritas diri. Hal ini tentu akan bermanfaat dalam menciptakan kesan yang kuat sebagai pembicara, pemimpin, hingga pemengaruh pada waktu-waktu tertentu.

3. Membangun koneksi secara luas

Kemampuan berbicara di depan umum yang baik juga akan membuka banyak peluang, terutama dalam hal koneksi dan jenjang karir. Public speaking yang terasah sedari dini juga akan menambah potensi untuk membangun jaringan secara lebih luas.

Kamu tidak hanya sekedar percaya diri, namun juga dapat dimanfaatkan dalam beragam situasi. Mulai dari melakukan presentasi suatu project, diskusi ide, bahkan negosiasi bisnis. Kemampuan bicara yang baik tentu akan mempermudah kamu untuk sukses dalam bidang-bidang tersebut.

Cara Meningkatkan Public Speaking Bahasa Inggris

Siapa pun yang belajar bahasa Inggris tentu ingin menjadi jago dalam public speaking. Selain berguna dalam keseharian, tentu akan bermanfaat dalam berbagai bidang lainnya. Untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan tersebut, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut:

1. Melakukan persiapan naskah

Kemampuan public speaking banyak dibutuhkan dalam berbagai presentasi atau pidato. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan materi dan naskah sebelum memulainya. Meski demikian, ada baiknya kamu hanya mencatat poin-poin yang akan disampaikan, alih-alih menuliskan semua secara lengkap.

Kamu bisa menggunakan naskah dalam bahasa Indonesia atau langsung dalam bahasa Inggris. Meski demikian, pastikan semua hal yang akan disampaikan dapat kamu pahami sehingga materi tersebut akan mudah kamu kuasai.

2. Mempelajari seni bercerita

Dalam meningkatkan public speaking bahasa Inggris, penting untuk memahami seni bercerita. Bicara di depan publik harus dilakukan secara runtut agar orang lain tidak bingung dengan apa yang disampaikan. Dengan begitu, lawan bicara akan menerima materi tersebut secara mudah.

Untuk mendapatkan alur bercerita yang jelas dan runtut, kamu bisa membagi materi tersebut dalam beberapa bagian seperti opening, content, serta closing. Terapkan juga metode deduktif atau induktif sesuai dengan konteks pembahasan yang akan kamu sampaikan.

3. Lakukan visualisasi, bukan sekadar menghafal

Banyak orang lebih sering menghafal materi saat akan berbicara di depan umum. Hal ini sejatinya kurang tepat karena bisa saja kita akan merasa blank akibat distraksi, konsentrasi yang hilang, dan faktor lainnya. Oleh karena itu, pemahaman menjadi hal penting sebelum mulai berbicara.

Dianjurkan untuk melakukan visualisasi materi dalam memori ingatan. Caranya dengan memahami materi dan poin-poin yang akan disampaikan, kemudian membuat visualisasi gambaran dari setiap poin tersebut. Ulangi terus hingga kamu merasa yakin dan percaya dengan kemampuan diri.

4. Pelajari kosakata baru

Dikarenakan kamu akan berbicara dalam bahasa asing, maka kosakata menjadi hal penting untuk kamu pelajari. Menambah minimal 3-10 kosakata baru setiap harinya akan membantumu memahami bahasa Inggris secara lebih baik.

Selain mencatat kosakata baru, kamu juga wajib mempelajari cara mengucapkannya secara benar. Kamu juga perlu menerapkannya dalam kalimat dan konteks pembicaraan. Dengan begitu, kamu akan semakin paham dengan kemampuan bahasa Inggris guna mendukung public speaking-mu

5. Selalu berlatih dan mendengarkan feedback

Hal yang juga tidak kalah penting untuk melatih public speaking tentu saja dengan berlatih secara mandiri atau bersama orang lain. Untuk berlatih sendiri, kamu bisa melakukannya di depan cermin guna melihat ekspresi dan gestur tubuh saat berbicara.

Meski demikian, ada baiknya tetap mencari teman berlatih sehingga kamu bisa mendapatkan feedback mengenai apa yang kurang dan sebaiknya ditingkatkan. Dengan demikian, kemampuan bahasa Inggris dalam bidang public speaking juga akan semakin terasah.

Demikian beberapa cara untuk dapat meningkatkan kemampuan public speaking bahasa Inggris dengan tepat. Semoga bisa menjadi referensi, ya. Nah, biar semakin matang maka kamu wajib belajar public speaking dengan mentor yang berpengalaman.

Manfaatkan saja program Paket Full Service LC Kampung Inggris Pare yang menyediakan paket pembelajaran dengan metode terbaik dalam waktu singkat. Selain materi yang lengkap, fasilitas yang disediakan juga beragam. Mulai dari 1 jutaan saja, yuk segera daftarkan dirimu!

0