How to make a good presentation

Pernahkah kalian melaksanakan sebuah presentasi? Presentasi ini bisa dilakukan di depan kelas ataupun audience. Membuat presentasi dalam bahasa Inggris bisa dilakukan dengan baik. Bila kalian belum tahu bagaimana cara membuat presentasi ini, maka kalian bisa mempersiapkan dan membuatnya terlebih dulu. Hal ini berguna agar kalian bisa menyajikan materi bahasa Inggris dengan baik dan benar. Inilah beberapa cara untuk how to make a good presentation. Kalian harus memperhatikan introduction, body atau isi presentasi, dan conclusion.

1. Introduction

Poin pertama yang harus diperhatikan saat membuat presentasi yang bagus adalah memperhatikan bagian introduction (pembukaan). Bagian ini kalian tak hanya memperkenalkan diri saja tetapi kalian juga harus mengenalkan garis besar tentang materi yang akan dijelaskan. Kalian harus membuat bagian ini sangat menarik agar penonton tertarik dengan materi dan presentasi yang akan kalian sampaikan. Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan di bagian pembukaan.

2. Welcoming Your Audience

Hal pertama di dalam introduction adalah menyapa semua penonton dan tamu yang hadir untuk mendengarkan dan menyimak presentasimu. Kalian bisa memberikan kata sapa secara formal ataupun non formal. Kalian harus menentukan konteks dan situasi dalam melaksanakan presentasi. Misalnya kalian memakai kata sapaan “Good Morning ladies and gentlemen ….” atau bisa memakai “Hello everybody ….” untuk sapaan non formal.

3. Introducing Your Material

Kalian harus memperkenalkan bahan materi yang akan disampaikan saat kalian akan presentasi. Kalian bisa memperkenalkan materi tersebut dengan menjabarkan secara singkat sesuai dengan judul dari presentasi kalian. Kamu bisa memakai kalimat pembukaan untuk memperkenalkan materi di presentasi seperti “Today we are going to discuss about ….. “.

4. Outlining The Structure of the Part

Bagian ketiga di dalam bab introduction adalah outlining the structure of he part yaitu menyampaikan urutan dan bagian dari isi presentasi kalian. Bila di dalam sebuah buku, bagian ini adalah daftar isi. Kalian bisa memakai kalimat seperti ini “The first time I will start my presentation from ….. Then for the second part is ….. The third one is ….”. Kalimat tersebut sudah cukup untuk mewakili bagian ini.

5. Giving Time about Asking Question

Sebelum kalian masuk ke inti presentasi, kalian harus menjelaskan waktu untuk menanyakan pertanyaan kepada audience. Hal ini berguna agar presentasi tidak terpotong dikarenakan audience secara tiba – tiba menyala untuk bertanya.

6. Body ( Isi Presentasi )

Setelah kalian menyelesaikan tahapan pembukaan presentasi dengan baik. Langkah how to make a good presentation selanjutnya adalah menjelaskan dan menyampaikan isi dan materi dari presentasi kalian sesuai dengan outlining structure yang sudah kalian jelaskan sebelum memulai presentasi. Hal tersebut sangat diperlukan agar kalian bisa menyampaikan materi secara rinci dan jelas. Selain itu, kalian juga harus fokus dan percaya diri saat menyampaikan isi dan materi presentasi karena hal ini akan mempengaruhi minat dari audience.

Jangan hanya memfokuskan diri pada satu sisi audience tetapi kalian juga harus bisa melakukan kontak mata dengan semua audience yang hadir. Pastikan pula kalian memperhatikan kecepatan saat kalian bicara. Hal ini berpengaruh terhadap penyampaian materi di presentasi. Kalian tidak boleh terlalu cepat dan pelan saat menyampaikan materi presentasi agar para audiens tidak merasa bosan dan memahami presentasi kalian. Agar suasana presentasi berlangsung menarik dan mencair, kalian bisa menyapa audience atau melontarkan jokes sesekali di tengah presentasi.

7. Conclusion (Kesimpulan)

Bagian terakhir dari sebuah presentasi adalah kesimpulan. Kalian harus memperhatikan penyampaian kesimpulan presentasi ini. Inilah beberapa tahapan menyampaikan kesimpulan yang baik dan benar.

8. Summing Up

Bagian kesimpulan yang pertama adalah kalian harus mampu menyampaikan poin – poin ataupun kesimpulan dari materi presentasi keseluruhan. Kalian bisa memakai kalimat pembukaan seperti “Our main point of our material today is about …”.

9. Giving Recommendations

Bagian selanjutnya adalah memberikan rekomendasi. Bagian ini disampaikan jika kalian mempunyai rekomendasi. Tetapi, jika kalian tidak memilikinya maka kalian tak perlu menyampaikannya.

10. Thanking Your Audience

Hal selanjutnya adalah berterima kasih kepada para audiens yang sudah mengikuti jalannya presentasi dari awal sampai akhir. Ini amat penting sebagai bentuk apresiasi dan timbal balik dari kalian sebagai narator ke para audience.

11. Inviting Question

Langkah terakhir di dalam conclusion untuk how to make a good presentation adalah mempersilahkan audience untuk bertanya mengenai materi presentasi kalian. Ketika audience masih belum jelas dan ingin bertanya, maka inilah menjadi kesempatan terbaik bagi mereka untuk bertanya. Kalian bisa mempersilahkan penonton dengan “It’s time to step to asking and answering question, if you have any questions, please ask now”. Kalian juga bisa membatasi jumlah pertanyaan yang bisa ditanyakan dalam sesi tanya jawab ini. Setelah menjawab pertanyaan kalian harus menutup presentasi.

Nah kayak gitu tadi LCe’rs cara untuk bisa menyajikan presentasi dengan baik. Kamu bisa juga nih ngikutin tips dari Miss Firda melalui video dibawah ini:

Jadi makin paham kan? Hmm, sekarang udah gak perlu lagi bingung tentang cara mempersiapkan presentasi yang baik. Oh iya jangan lupa juga untuk terus berlatih agar bisa sukses ketika presentasi dalam bahasa inggris, semangat !!!

Apa? lingkungan kurang mendukung untuk belajar bahasa inggris apalagi melakukan praktik presentasi ini? Itu artinya kamu harus mencari tempat belajar yang benar-benar mendukung. Kampung Inggris LC bisa banget untuk kamu jadikan pilihan.

Mau informasi lebih lanjut? Yuk langsung aja chat nomor CS kami di 0852 3111 1117 atau 0858 8888 1117.

Kampung Inggris Search :

  • presentasi yang baik dalam bahasa inggris kampung inggris pare by nurjaya
  • https://kampunginggrispare info/amp/how-to-make-a-good-presentation/