All ready atau Already

Saat kamu belajar bahasa Inggris, kamu pasti pernah menemukan dua kata ini: all ready dan already. Apakah menurutmu kedua kata tersebut punya makna yang sama? Kalau jawabanmu ya, berarti kamu SALAH BESAR, karena sebenarnya all ready dan already punya makna yang berbeda sama sekali. Ingin tahu selengkapnya? Yuk simak pembahasan Confusing Words Series: All Ready atau Already?

All Ready

Secara mendasar, kata all ready dan already sudah berbeda jenis dan pengertiannya. Kata all ready adalah adjective yang memiliki arti “semuanya sudah siap”. Sinonim dari all ready adalah all set, completely ready, atau completely prepared. Contoh penggunaan kata all ready dalam kalimat bisa kamu lihat sebagai berikut.

Dikarenakan sifat all ready sebagai adjective, maka to be yang digunakan adalah is/am/are untuk bentuk present dan was/were untuk bentuk past.

Example:

  • The dinner is all ready, just call our family right now (makan malam sudah siap semuanya, panggil keluarga kita sekarang juga)
  • You are all ready, you don’t need to change clothes (kamu sudah benar-benar siap, nggak usah ganti baju lagi)
  • The students are all ready for the examination (para siswa sudah siap untuk ujian)
  • Is she all ready to go now? It’s been 15 minutes and she haven’t appear! (apakah dia sudah siap untuk berangkat sekarang? Ini sudah 15 menit dan dia belum muncul!)
  • He was all ready to visit you but suddenly he got sick (dia tadinya sudah siap mengunjungimu tapi tiba-tiba dia jatuh sakit)

Already

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai already, yang pendeknya memiliki arti “sudah”. Berbeda dengan all ready, already adalah adverb yang berfungsi untuk memberi keterangan tambahan pada suatu kalimat.

Lebih khusus lagi, already biasa digunakan untuk kalimat berbentuk perfect tense. Di dalam perfect tense, already digunakan untuk menegaskan bahwa sesuatu benar-benar sudah terjadi. Contoh kalimat yang menggunakan already bisa kamu baca sebagai berikut.

Dibandingkan dengan all ready, penggunaan already lebih fleksibel, karena sifatnya sebagai adverb. Ia bisa diletakkan dalam konteks kalimat apa saja, dengan to be verbal mau pun nominal.

Example:

  • I’ve eaten the noodles already, don’t search for it anymore (aku sudah memakan mie-nya tadi, jangan mencarinya lagi)
  • It’s already raining! Let’s take a rest first before continuing our trip (ini sudah hujan! Ayo istirahat dulu sebelum meneruskan perjalanan kita!)
  • You’re already all ready, don’t waste time for another preparation (aku sudah benar-benar siap, jangan buang waktu untuk melakukan persiapan lagi)
  • I am already late; may I leave you and go to school first? (aku sudah terlambat, boleh aku meninggalkanmu dan berangkat sekolah duluan?)
  • The children were already left by their parents when I got here (anak-anak itu sudah ditinggalkan orangtuanya saat aku sampai di sini)

 

Itulah perbedaan dari all ready dan already ya, LCers! Jadi jangan sampai bingung lagi membedakan antara all ready dan already, ya! Kalau kamu penasaran dengan materi-materi confusing words lainnya, langsung aja tanya ke tutor Kampung Inggris LC! Sisihkan waktu liburanmu dan sempatkan belajar bahasa Inggris dari ahlinya di Kampung Inggris Pare!

Penasaran sama pembahasan lain yang udah ditulis Kampung Inggris LC? Coba klik materi keren satu ini: Kosakata Lain Untuk Kata “Big”