close

Kumpulan Proverb dalam Bahasa Inggris yang Harus Kamu Ketahui

Mengetahui apa itu proverb sejatinya akan sangat bermanfaat buat kamu yang sedang belajar bahasa Inggris. Tidak hanya menambah perbendaharaan kata, kamu juga akan mendapat sejumlah pembelajaran dan nasihat dari kalimat-kalimat pendek tersebut.

Apa yang Dimaksud dengan Proverb?

Dalam bahasa Indonesia, proverb dapat diartikan sebagai pepatah atau peribahasa. Bahkan, tidak jarang juga disebut dengan kata-kata mutiara. Pada kamus Oxford sendiri disebutkan jika proverb merupakan “a short, well-known saying, stating general truth or piece of advice”.

Dengan demikian, proverb merupakan kalimat pendek yang sudah dikenal luas dan biasanya mengandung unsur pelajaran atau nasihat. Umumnya, arti pepatah ini tidak disampaikan secara langsung karena adanya perumpamaan dan ungkapan.

Proverb ditulis untuk membimbing dan mendidik para pembacanya untuk berperilaku secara baik. Kalimatnya bersifat metafora yang tidak literal namun mempunyai berbagai makna. Tidak jarang, proverb juga dikaitkan dengan legenda dan pesan moral tertentu.

Apa Ciri Ciri Proverb?

Setelah mengetahui apa itu proverb, apakah kamu tahu seperti apa ciri-cirinya? Ternyata, tidak semua kalimat perumpamaan bisa dikategorikan sebagai proverb, lho. Berikut sejumlah ciri khas yang dapat ditemukan pada proverb.

1. Mempunyai struktur yang tetap

Secara umum, kata-kata yang digunakan dalam sebuah kalimat proverb memiliki struktur yang tetap. Dengan demikian, kalimatnya tidak dapat diubah sedemikian rupa dan bersifat pasti. Jika diubah, tentu akan mengubah arti dan makna peribahasa tersebut.

2. Menggunakan kata-kata bermetafor

Kata-kata yang digunakan pada proverb juga tidak bermakna lugas atau dikenal juga dengan kalimat metafor. Meski demikian, kalimat yang digunakannya cenderung teratur, nyaman didengarkan, namun tetap mempunyai makna mendalam.

Rekomendasi :  Perbedaan TOEFL dan IELTS

3. Bertujuan untuk menyindir

Meskipun bermakna cukup mendalam, siapa sangka jika tujuan penulisan proverb ini adalah untuk menyindir seseorang. Hanya saja, proverb juga dipakai untuk membuat penggunaan bahasa menjadi lebih indah dengan berbagai makna yang ada di dalamnya.

4. Dibentuk berdasarkan pandangan di masyarakat

Proverb juga diciptakan berdasarkan berbagai pandangan maupun perbandingan yang terjadi terhadap alam dan peristiwa tertentu di masyarakat. Penulisannya juga tidak dilakukan secara sembarangan, melainkan berdasarkan perbandingan yang teliti agar tetap tersampaikan dengan baik.

5. Melekat secara turun-temurun

Penulisan proverb dilakukan dengan menggunakan bahasa yang terikat padat dan indah. Meski demikian, peribahasa tersebut dapat melekat di masyarakat luas dan diturunkan secara turun-temurun. Tidak mengherankan kalau di masa sekarang kita dapat mengenal berbagai proverb kuno.

Contoh Proverb dalam Bahasa Inggris

Setelah mendapatkan pembelajaran mengenai apa itu proverb dan ciri-cirinya, maka kamu perlu mengetahui contoh penulisan proverb bahasa Inggris dan artinya. Ada banyak proverb yang dapat kita temui dalam berbagai karya sastra atau seni seperti:

1. The early bird catches the worm

Kalau diartikan secara langsung, proverb ini artinya “burung yang bangun lebih awal dapat menangkap cacing”. Meski demikian, secara mudah proverb tersebut berarti “siapa cepat dia dapat”. Mirip seperti peribahasa dalam bahasa Indonesia, bukan?

Proverb ini memiliki sifat perumpamaan yang mengibaratkan seseorang seperti halnya burung yang akan menangkap cacing. Makna penulisan proverb ini mengingatkan kita untuk cepat melakukan sesuatu apabila ingin mendapatkan suatu manfaat.

2. When in Rome, do as the Romans

Jika diartikan secara harfiah, proverb ini berarti “saat di Roma, bertindaklah seperti orang Romawi”. Dalam bahasa Indonesia, peribahasa ini mungkin sama saja dengan “di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”.

Kalimat ini menunjukkan bahwa kamu harus membiasakan diri melakukan apa yang dilakukan oleh orang-orang di sekitarmu. Meski demikian, kalimat ini lebih cocok untuk mereka yang merantau atau berkunjung di suatu tempat asing.

Rekomendasi :  Tips dan Trik Belajar Menulis Artikel Bahasa Inggris

3. The grass is always greener on the other side

Kamu mungkin pernah mendengar istilah “rumput tetangga jauh lebih hijau”, bukan? Ya, proverb ini memang dapat diartikan tersebut. Jika dimaknai, proverb ini menceritakan bagaimana manusia tidak pernah puas dengan apa yang saat ini dimilikinya.

Lebih tepatnya, kita tentu akan selalu menginginkan suatu hal yang tidak kita miliki. Misalnya jika melihat seseorang yang terlihat nyaman dengan pekerjaannya, kamu tentu akan membandingkannya dengan dirimu sendiri.

4. Actions speak louder than words

Jika diartikan secara langsung, proverb tersebut berarti “tindakan berbicara lebih lantang dibandingkan kata-kata”. Proverb ini bermakna bahwa seseorang harus sungguh-sungguh terhadap suatu tindakan dan perilaku daripada hanya menggunakan kata-kata.

Kamu mungkin juga pernah mendengar istilah “talk less do more” (bicara sedikit, lakukan lebih). Keduanya kalimat di atas memang mirip dari segi makna, di mana kita harus lebih mengutamakan tindakan dibandingkan dengan banyak bicara.

Itulah beberapa hal mengenai apa itu proverb, ciri-cirinya, dan contohnya. Tentu akan sangat menarik saat kamu belajar bahasa Inggris sekaligus mempelajari proverb-nya yang terkenal. Selain menambah kosakata, kamu juga dapat menggunakannya sebagai pembelajaran. Selamat belajar!

Yuk terus belajar bahasa Inggris, serta mengupgrade kemampuan kita terkait kecakapan berbahasa Inggris. 

Agar proses belajarmu makin seru dan efektif, kamu bisa bergabung bareng 1000 siswa lainnya di Kampung Inggris Pare. 

Tidak hanya belajar, di sini kamu juga bisa langsung mengimplementasikan bahasa Inggris pada kegiatan sehari-hari. Sangat suportif bukan? 

Tunggu apa lagi? Yuk manfaatkan kesempatan mahir bahasa Inggris dengan cepat dan menyenangkan di Language Center Kampung Inggris Pare. Pilih program yang sesuai dengan tujuan belajarmu dan daftarkan dirimu sekarang juga!

0