Asking And Giving Permission dalam Bahasa Inggris

3 min read

asking-and-giving-permission-dalam-bahasa-inggris

Asking and giving permission adalah suatu bahasan yang menarik untuk dipelajari dalam Bahasa Inggris. Karena hal itu berkaitan dengan bagaimana kita bertanya untuk meminta izin, bagaimana kita memberi izin, dan bagaimana kita menolak memberikan izin kepada orang lain.

asking-and-giving-permission-dalam-bahasa-inggris

Pada saat kita ingin menggunakan sesuatu yang dimiliki orang lain, maka tentu saja kita akan

meminta izin kepada pemiliknya sebelum menggunakannya. Ketika meminta izin untuk meminjam sesuatu tersebut, kita akan berusaha untuk berlaku dan berkata dengan sopan agar si pemilik bersedia meminjamkan miliknya kepada kita dengan ikhlas.

Apabila kita akan meminta izin dalam Bahasa Inggris, maka sebaiknya harus menggunakan kata please. Memang sebenarnya tata Bahasa Inggris tidak mengatur untuk menggunakan kata please. Namun jika kita tidak memakai kata tersebut, maka bakal terkesan kasar. Dengan demikian, kata tersebut digunakan supaya terdengar jauh lebih sopan.

Bertanya Untuk Meminta Izin (Asking For Permission)

Dalam kehidupan sehari-hari terkadang ada hal-hal mendesak yang mengharuskan kita untuk meminjam sesuatu milik orang lain untuk kita pakai. Misalnya, pada saat berada di kampus, kamu baru sadar bahwa ponsel kamu tertinggal di kos atau apartemen yang kamu tinggali.

Karena kamu pergi ke kampus membonceng seorang teman, maka kamu perlu meminjam motor teman untuk mengambil ponsel di kos atau apartemen. Nah, tentunya kamu perlu menggunakan bahasa yang sopan untuk meminjam motor teman, meski ia adalah teman dekat.

Situasi Untuk Meminta Izin

Selain itu, ada situasi-situasi tertentu yang mengharuskan kita untuk meminta izin sebelum melakukan suatu hal yang mendesak. Misalnya, kamu sedang menghadiri suatu pesta ulang tahun seorang teman. Namun kamu tidak bisa berlama-lama berada di pesta tersebut karena seharian beraktivitas, sehingga merasa lelah dan perlu segera pulang untuk istirahat.

Untuk itu, kamu perlu meminta izin kepada teman yang mengundang kamu ke pesta ulang tahun tersebut untuk segera pulang. Maka kamu pun perlu menggunakan bahasa yang tepat untuk meminta izin kepada teman tersebut, supaya ia tidak tersinggung.

Contoh yang lain, misalnya kamu sedang berada di rumah teman, kemudian ia memberi suguhan hidangan lumpia pedas yang menggoda untuk kamu makan. Meskipun kamu punya hak untuk mengambil makanan tersebut karena memang disuguhkan untukmu, tentu saja akan lebih baik untuk meminta izin sebelum mengambil makanan itu.

Begitu pula misalnya kamu sedang berada di kelas dan ac di ruangan tersebut rusak, sehingga tidak berfungsi. Padahal cuaca sedang panas. Maka ketika kamu ingin membuka jendela supaya lebih segar, kamu perlu meminta izin kepada teman-teman yang lain untuk membuka jendela di ruangan tersebut.

Apabila situasi-situasi tersebut terjadi di Indonesia, tentu saja kita dapat meminta izin cukup dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Namun saat ini tidak sedikit orang-orang luar negeri yang tinggal di Indonesia, baik untuk kegiatan belajar mengajar, bekerja, maupun sekedar liburan.

Nah, orang-orang luar negeri tersebut meskipun berada di Indonesia untuk belajar, bekerja, atau berlibur, belum tentu bisa menggunakan Bahasa Indonesia. Maka dari itu, apabila kita menemui situasi-situasi seperti contoh di atas dan bersinggungan dengan teman yang berasal dari luar negeri dan belum bisa Bahasa Indonesia, kita dapat menggunakan Bahasa Inggris.

Bukan tidak mungkin pula, kelak kamu berada di luar negeri, entah untuk belajar, bekerja, atau sekedar liburan, bakal menemui situasi yang mengharuskan kamu untuk meminta izin kepada teman yang bukan dari Indonesia. Otomatis kamu harus menggunakan Bahasa Inggris untuk meminta izin kepada temanmu tersebut.

Contoh Kalimat Tanya Untuk Meminta Izin

Di bawah ini merupakan beberapa contoh kalimat tanya untuk meminta izin dengan menggunakan Bahasa Inggris.

  • Please, can i have a look at your room? (Apakah aku dapat melihat kamar kamu?),
  • May i open the door, please? (Bolehkah aku membuka pintu?),
  • Would you mind if I asked you something? (Apakah kamu keberatan jika aku menanyakan sesuatu kepada kamu?).
  • Do you mind if I sleep? (Apakah kamu keberatan apabila saya tidur?),
  • Please, may i taste that hot spicy lumpia dish? (Bolehkah aku mencicipi hidangan lumpia pedas itu?),
  • Would it be all right if i borrowed your car? (Apakah boleh jika aku meminjam mobil kamu?),
  • Is it okay if i sit here? (Apakah aku boleh duduk di sini?),
  • Can i go home, please? (Bolehkah aku pulang?),

Memberi Izin (Giving Permission)

Pada bagian sebelumnya, telah kami bahas mengenai kalimat untuk bertanya untuk meminta izin dengan cara yang sopan dan santun, supaya tidak menyinggung lawan bicara kita dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Berikutnya, beberapa contoh kata-kata untuk memberi izin (giving permission) kepada orang lain. Memberi izin ini sama pentingnya dengan meminta izin. Memberi izin juga perlu menggunakan kata-kata atau kalimat yang baik, supaya tidak terkesan terpaksa atau terkesan arogan.

Karena apabila memberi izin dengan kata-kata atau kalimat yang kurang tepat, bisa jadi malah membuat orang lain tersinggung dan merasa tidak enak hati kepada kita. Sebaliknya jika memberi izin dengan menggunakan kalimat yang tepat, maka orang lain akan menaruh hormat kepada kita.

Berikut beberapa contoh kata untuk memberi izin (giving permission) kepada orang lain secara tepat dengan menggunakan Bahasa Inggris. Karena, memberi izin ini adalah hal yang penting dalam mempelajari tentang asking and giving permission.

  • Sure, go a head (Tentu, pergilah),
  • Yes, please do (Ya, silakan lakukan),
  • Please feel free (Silakan, bebas),
  • No problem (Tidak masalah).

Menolak Memberikan Izin (Refusing To Give Permission)

Pada 2 bagian sebelumnya, kami telah membahas tentang bagaimana bertanya untuk meminta “izin” (asking for permission) dan “memberi izin” (giving permission) dalam Bahasa Inggris. Maka pada bagian ini, kami akan memberikan contoh mengenai “menolak memberikan izin” (refusing to give permission) dalam Bahasa Inggris.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada kalanya kita berada pada moment di mana harus menolak untuk memberikan izin kepada orang lain, entah itu teman, sahabat, tetangga, atau orang yang sama sekali tidak kita kenal. Seperti halnya bertanya untuk meminta izin dan memberikan izin, menolak memberikan izin pun juga perlu dilakukan dengan cara dan bahasa yang sopan.

Tanpa bahasa yang sopan, maka akan berpotensi membuat orang tersebut tersinggung kepada kita. Tentu saja kita tidak ingin orang lain tersinggung dengan kata-kata kita. Setidaknya perlu untuk diminimalisir supaya hal itu tidak terjadi. Nah, di bawah ini merupakan beberapa contoh kata-kata menolak memberi suatu bantuan, dalam Bahasa Inggris.

  • I’m sorry, but that’s not possible (Maaf, tapi itu tidak mungkin),
  • I’m afraid, but you can’t (Aku takut, tapi kamu tidak bisa),
  • No, Please don’t (Tidak, aku mohon jangan).

Itulah 3 bab mengenai asking and giving permission dalam Bahasa Inggris yang perlu untuk kita pelajari. Supaya hafal, maka kamu dapat mencoba untuk berdialog dengan teman-temanmu. Selamat mencoba.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
×

Panduan Belajar di Kampung Inggris