Pengertian, Jenis, Penggunaan dan Contoh Complement Paling Lengkap

3 min read

contoh complement

contoh complement

Pengertian, jenis, penggunaan dan contoh complement-Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang penting untuk Kamu pelajari jika tidak ingin kalah dalam persaingan global yang semakin ketat. Tidak mudah memang, tapi dengan usaha dan kesungguhan hati, mahir bahasa Inggris bukan menjadi suatu masalah.

Di samping harus menguasai dan mencintai bahasa sendiri, Kamu juga dituntut untuk mengerti bahasa asing dan yang paling utama adalah bahasa Inggris. Pentingnya bahasa internasional ini ditunjukkan dengan mata pelajaran Sekolah Dasar yang sudah memasukkan bahasa Inggris, meskipun masih terbilang sederhana, tapi cukup untuk memberikan dasar akan bahasa asing ini.

Apabila Kamu sudah menguasai bahasa Inggris, pastinya tidak sulit untuk membuat satu kalimat. Namun, Kamu harus memperhatikan penyusunan dan pemilihan kata yang tepat ketika membuat sebuah kalimat. Dalam bahasa Indonesia pun, sebuah kalimat harus mengandung beberapa unsur agar bisa dibilang sebagai kalimat yang baik. Begitu juga dengan bahasa Inggris.

Pelajaran membuat suatu kalimat sebenarnya sudah diajarkan di tingkat Sekolah Dasar, meskipun tidak dalam pelajaran bahasa Inggris, melainkan bahasa Indonesia. Mulai dari kalimat sederhana hingga kalimat kompleks yang mengandung banyak unsur. Pada umumnya, kalimat sederhana terbentuk dari unsur Subjek + Predikat + Objek dan dalam artikel ini, kami akan membahas contoh complement.

Dengan ketiga unsur tersebut, Kamu sudah bisa membuat kalimat yang sederhana. Namun, pemilihan kata untuk bahasa Inggris mungkin lebih sulit dibandingkan bahasa Indonesia. Selain karena artinya yang berbeda, tapi Kamu juga harus menyesuaikannya dengan subjek yang digunakan. Subjek nantinya akan memengaruhi bentuk predikat dalam suatu kalimat sehingga Kamu harus bisa memahami setiap unsurnya dengan baik.

Pengertian dari Complement

Untuk membuat suatu kalimat dalam bahasa Inggris, Kamu harus menggunakan unsur-unsur kalimat. Tentu saja pola kalimat bahasa Inggris berbeda dengan bahasa Indonesia. Dengan penjelasan umum saja, sering kali Kamu tidak memahami bagaimana cara membuat kalimat dalam bahasa Inggris. Itulah mengapa, kali ini kami akan membahasnya dengan contoh complement dan berbagai penjelasan yang ada.

Sebelum membahas lebih melalui contohnya, ada baiknya jika Kamu memahami terlebih dahulu apa itu complement. Complement diartikan sebagai pelengkap, salah satu unsur kalimat yang berbentuk satu kata atau lebih untuk melengkapi arti dari kata kerja (verb) dalam satu kalimat dengan mengacu pada subjek atau objek langsung.

Beberapa contoh complement adalah ‘here’ (di sini), ‘a judge’ (seorang hakim), ‘sad’ (sedih), ‘easy’ (mudah), dan masih banyak lagi. Namanya juga pelengkap, keberadaan complement mungkin tidak utama dalam suatu kalimat, namun bisa membuat kalimat menjadi lebih bermakna, kuat dan lengkap sehingga mampu mewakili apa yang ingin diungkapkan dalam satu kalimat saja.

Rekomendasi :  Centre atau Center? Penggunaan Center dan Centre Dalam Bahasa Inggris

Dengan unsur subjek, predikat dan objek saja mungkin sudah bisa membentuk suatu kalimat, namun terkadang Kamu perlu menjelaskan kalimat tersebut secara lebih dan jelas sehingga dibutuhkan kalimat pelengkap yang menunjang. Jadi, keberadaan unsur kalimat ini cukup penting untuk membuat kalimat Kamu menjadi lebih utuh dan memiliki makna yang ingin disampaikan.

Untuk memahami lebih jelas mengenai complement, Kamu sudah memulainya dari awal, yaitu memahami pengertian complement. Selanjutnya, Kamu juga harus memahami jenis-jenis complement. Dengan memahami setiap jenis complement, maka Kamu bisa menggunakannya dengan tepat dan benar. Kemampuan berbahasa Inggris pun akan meningkat seiring dengan banyaknya latihan.

Jenis-Jenis Complement

Sebagai pelengkap, complement memiliki fungsi yang cukup penting dalam pembentukan suatu kalimat. Unsur dalam kalimat ini pun sebenarnya sudah Kamu gunakan sehari-hari. Hanya saja, tidak banyak di antara Kamu yang memahami dan menyadari jika Kamu sudah menggunakannya. Dengan demikian, sedikit pemahaman saja pasti Kamu langsung teringat bagaimana penggunaannya nanti.

Untuk memahami complement lebih luas, Kamu harus mempelajari subjective complement dan objective complement. Dua bentuk atau jenis complement ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda sehingga Kamu harus bisa memilihnya dengan tepat. Jenis complement yang pertama adalah subjective complement (pelengkap subjek). masih bingung dengan penjelasannya?

Jenis complement yang pertama ini merupakan jenis pelengkap untuk melengkapi subjek dalam suatu kalimat. Jadi, kata yang diambil sebagai complement menjelaskan tentang subjeknya. Beberapa kata yang mungkin bisa digunakan, antara lain beautiful, handsome, happy, sad, cry, laugh dan lain sebagainya. Apa pun itu, pelengkap jenis ini digunakan untuk melengkapi kalimat menjadi lebih utuh.

Jenis complement yang kedua adalah objective complement. Pelengkap object ini menjadi jenis pelengkap untuk melengkapi objek dalam suatu kalimat. Jadi, kata yang digunakan sebagai complement menjelaskan tentang objek yang dipilih. Banyak kata yang bisa digunakan sebagai pelengkap, seperti ‘hard’, ‘flexible’, ‘small’ dan lain sebagainya. Kamu tinggal menggunakannya sesuai makna yang diinginkan.

Memahami jenis complement dan contoh complement rasanya tidak cukup untuk membuat Kamu menguasai salah satu materi dari bahasa Inggris. Kamu juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan complement karena terkadang, suatu kalimat hanya perlu unsur utamanya saja, yaitu Subjek, Predikat dan Objek. Namun, Kamu harus tetap memahaminya.

Rekomendasi :  9 Aplikasi Menarik Untuk Anak-Anak yang Ingin Belajar Bahasa Inggris

Penggunaan Complement

Dalam suatu kalimat complement biasanya digunakan setelah beberapa kata. Kali ini, kami tidak hanya membahas contoh complement, tetapi juga cara menggunakannya dengan tepat. Terdapat empat kata yang harus Kamu perhatikan dalam penggunaan kalimat complement yang benar dan tepat.

Pertama, transitive verb atau kata kerja transitif. Kata kerja ini memerlukan objek untuk melengkapi subjeknya. Contoh kalimatnya adalah mereka memilihmu menjadi ketua, maka diterjemahkan “They selected you as a leader”. Di sini, ‘a leader’ adalah kalimat pelengkap untuk membuat kalimat tersebut menjadi utuh dan memiliki makna yang lebih jelas.

Kedua, intransitive verb atau kata kerja intransitif yang tidak membutuhkan objek untuk melengkapi keterangan subjeknya. Untuk lebih jelasnya, Kamu harus memahami contoh complement berikut ini. Misalnya saja, ada kalimat “The baby is eating now” yang artinya bayi itu sedang makan sekarang. Kalimat pelengkapnya adalah ‘now’ untuk menjelaskan subjeknya.

Ketiga, auxiliary verb atau kata kerja bantu yang berguna untuk menghubungkan antara subjek dengan pelengkapnya. Biasanya, kata kerja bantu ini berupa ‘to-be’ dan sering digunakan untuk kalimat “non-verb”. Misalnya, Hani is beautiful. Di sini, kata pelengkapnya adalah is di mana Hani (she) tidak bisa dijajarkan langsung dengan kata sifat sehingga membutuhkan “to-be”.

Keempat, linking verb atau kata kerja penghubung yang digunakan untuk menghubungkan antara subjek dengan pelengkapnya. Contoh complement yang bisa Kamu simak adalah “You look so cute”. Di sini, kata pelengkapnya adalah “cute”.

Itulah tadi informasi mengenai pengertian, jenis dan penggunaan complement yang lengkap dan benar. Masih banyak hal lain mengenai complement yang harus Kamu ketahui dan pahami. Untuk bisa membuat kalimat bahasa Inggris dengan tepat, Kamu harus memahami contoh complement yang sudah diberikan.

Baca juga Perbedaan Antara Complement dan Compliment

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
×

Panduan Belajar di Kampung Inggris

Rekomendasi :  Mengenal Apa itu Collocation dalam Bahasa Inggris dan Bagaimana Mempelajarinya