Pengertian Possesive Pronoun, Fungsi, Dan Contoh

3 min read

possesive pronoun

Pengertian possesive pronoun masih banyak tidak diketahui oleh mereka yang saat ini sedang mempelajari Bahasa Inggris dengan serius. Sebagai salah satu jenis kata ganti atau pronoun yang sering digunakan, bentuk ini memang sering salah ditempatkan dalam sebuah kalimat. Alasan utamanya karena memang dalam Bahasa Inggris ada banyak sekali jenis pronoun yang harus dipahami.

possesive pronoun

Sebelum membahas lebih jauh mengenai possesive pronoun, akan lebih baik jika mereview sedikit pelajaran mengenai pronoun. Kata ganti ini memiliki makna sebagai kata yang digunakan untuk menggantikan satu subjek atau objek tertentu. Maksud dari hal ini ialah agar kata benda tadi tidak harus digunakan secara berulang-ulang.

Dimana hal ini ternyata dapat merusak tatanan kalimat yang bagus dan seharusnya tidak digunakan. Jika dibahas lebih lanjut bahkan untuk perbedaan jenis pronoun ini dengan lainnya, mungkin semakin bingung. Maka, setelah memahami pengertian pronoun ada baiknya Anda langsung mencari tahu contoh possesive pronoun, sehingga, untuk latihan penempatan kata juga tidak bingung lagi dan bisa semakin lancar.

Ciri-ciri Possessive Pronoun Sebagai Subject

Ada banyak ciri-ciri dari jenis pronoun ini yang harus Anda pahami, agar bisa membedakan dengan jenis pronoun lainnya. Beberapa dari ciri-ciri ini ialah dia bisa berdiri sendiri tanpa harus diikuti oleh kata benda lainnya di depannya. Selain itu, possessive pronoun juga ditandai dengan selalu diikuti oleh kata milik dan juga terletak setelah to be.

Untuk Anda yang mungkin sudah terbiasa membedakan to be dan juga kata benda atau noun, bisa fokus pada ciri-ciri dari jenis pronoun. Namun, bagi yang masih baru dan awam akan lebih baik jika tidak memperhatikan ciri yang sudah disebutkan ini karena akan bingung. Lebih baik menyimak perbedaan dari possessive adjective dengan possesive pronoun, agar dapat memahami lebih baik.

Untuk possessive pronoun dari my adalah mine, untuk your diubah menjadi yours. Untuk their akan diubah menjadi theirs, our diubah menjadi ours, his sebagai possessive adjective dari kepemilikan laki-laki sama fungsinya sebagai possessive pronoun yaitu his. Sedangkan untuk bentuk her diubah menjadi hers, dan you diubah menjadi yours.

Untuk pembahasan lebih rinci nanti akan diberikan contoh yang jelas di bawah. Untuk sekarang, Anda harus benar-benar memahami dari bentuk dasar terlebih dahulu. Karena, jika secara teori Anda sudah cukup paham, akan lebih mudah untuk membuat contoh possesive pronoun sendiri nantinya.

Pahami Ciri-Ciri Objek Pronoun Agar Bisa Membedakan

Untuk ciri pertama Anda pasti akan menjumpai bahwa bentuk possesive akan berada di akhir kalimat. Maka, secara teori ia tidak akan diikuti dengan kata benda sekaligus berperan sebagai penderita. Karena ia juga sebagai objek, biasanya akan dijumpai setelah kata for, with, because, from, atau bahkan bisa ada kata kerja sebelumnya.

Penjelasan ini bukan berarti bahwa bentuk possesive bisa menjadi objek dan subject. Lebih tepatnya ialah sebagai objek pronoun yang seringkali penggunaannya tertukar dengan jenis possesive pronoun. Untuk penggunaan object pronoun, subject my diubah menjadi me, subject your berubah menjadi you, subject their berubah menjadi them, subject our berubah menjadi us, subject his masih tetap digunakan sebagai his dan untuk her juga tetap sama.

Apakah Apostrophe Termasuk Jenis Possesive Pronoun?

Banyak dari mereka yang ternyata merasa sulit untuk memahami apakah jenis apostrophe itu termasuk jenis possesive pronoun atau possesive adjective. Namun, ternyata jenis ini bahkan tidak termasuk dari kedua jenis possesive yang disebutkan. Berbeda dari keduanya, penggunaan dari apostrophe ini sudah dapat dikategorikan sebagai kata kepemilikan dan juga bisa langsung menggunakan nama si pemiliknya.

Agar lebih dipahami, berikut ini akan dijelaskan apa saja jenis dari apostrophe. Ada jenis pertama yang menggunakan ‘ (koma) di atas. Bentuk ini bisa digunakan untuk nama orang dengan akhiran tertentu seperti untuk huruf “s, ch, x, sh” dan juga huruf lain yang berdesis dalam Bahasa Inggris jika disebutkan.

Sebagai contoh, Petrix’ car yang artinya mobil si Petrix, Chris’ guitar yang maknanya itu gitar milik si Chris. Contoh lain berikut ini seperti Tomash’s pant yang bermakna celananya si Tomas, dan juga Smash’s songs yang bermakna lagu-lagu itu semuanya milik Smash.

Untuk contoh kedua, ada nama yang akhirannya tidak berdesis, penempatan komanya tepat sebelum nama “s” tersebut. Contohnya bisa seperti Sarah’s dog yang bermakna anjing itu miliknya Sarah. Masih banyak lagi contoh lain dari perbedaan ini yang bisa Anda pahami. Intinya, penempatan koma atas kepemilikan bukan bagian dari bentuk possesive pronoun.

Contoh Kalimat Possessive Pronouns

Masuk ke inti dari pembahasan, untuk lebih memahami apa itu bentuk pronoun yang sudah dibahas di atas maka akan diberikan contoh. Untuk membuat contoh dengan tujuan memahami bacaan Anda tidak harus berpaku pada yang disebutkan di bawah ini. Bisa mencari objek kata lain yang mungkin membantu Anda dalam memahami kalimat dengan baik.

These dolls are really cute. Mine are not that cute because I bought expensive ones”.

Artinya: Boneka-boneka ini cukup imut. Boneka milik saya tidak terlalu imut begini karena saya beli yang murah. Bentuk mine disini yang menjadi bentuknya.

This one is your bag, and the yellow one is hers”.

Artinya: Ini tas kamu dan tas yang kuning itu miliknya, yang ditujukan kepada perempuan.

My phone is almost broken I guess. I want to buy a phone same as yours soon”.

Artinya: handphone ini hampir rusak, aku rasa begitu. Aku ingin membeli sebuah handphone yang sama persis dengan handphone milik kamu. Yours disini yang memiliki bentuk dasar you saat ia menjadi subjek, dan your saat ia menjadi possesive adjective.

I dont like your girlfriend, but I like mine”.

Artinya: Saya tidak suka dengan pacar kamu, tetapi saya suka dengan pacar saya. Cara seperti bercanda juga bisa Anda masukkan bentuk dari possesive pronoun, namun pastikan dalam konteks yang tepat.

My home is not really big, theirs is the biggest one”.

Artinya, bahwa rumah saya tidak terlalu besar di komplek atau sekitaran ini, rumah milik mereka itu merupakan yang terbesar disini.

It is your exam schedule, ours is delay”.

Artinya, memberitahukan bahwa ini merupakan jadwal ujian kamu, jadwal ujian kami diundur di lain waktu.

I buy this shirt for you. Do you think you will love it as yours?

Artinya, saya membelikanmu kaos ini. Apakah sekiranya kamu akan menyukainya seperti kamu menyukai kaos milikmu sebelumnya?

Itulah beberapa contoh yang bisa Anda pahami dalam penguasaan grammar dan mampu berkomunikasi dengan baik. Untuk penggunaan possesive pronoun yang tepat, maka pelajari semua hal tersebut terlebih dahulu.

Baca juga Apa itu Kalimat Double Negative?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments