pengertian relative clause

Relative clause adalah salah satu jenis kalimat yang akan kamu pelajari saat belajar bahasa Inggris. Biasanya di sekolah, pelajaran ini tidak akan dipelajari sampai kamu menginjak bangku SMA. Wajar sih, sebab relative clause punya formulasi grammar yang cukup rumit. Tapi tidak apa-apa jika kamu masih belum memahaminya sekarang. Sebab di bawah ini, Kampung Inggris LC punya materi tentang pengertian relative clause disertai contohnya, so be ready!

Apa Itu Relative Clause?

Ini adalah pertanyaan mendasar bagi kamu yang ingin memahami pengertian relative clause. Jadi dalam bahasa Inggris, clause adalah sekumpulan kata dalam bahasa Inggris yang tersusun membentuk satu kalimat yang bisa dipahami. Biasanya, clause adalah kata yang terbentuk minimal dari satu subject dan satu verb.

Example:

  • Ani is studying (Ani sedang belajar)
  • The baby cries (Bayi itu menangis)

Sementara itu, relative memiliki arti sebagai “berkesinambungan” atau “menyambungkan”. Jadi yang dimaksud relative clause adalah clause yang bisa disambungkan dengan clause lainnya untuk membentuk kalimat utuh yang baru.

Example:

  • Ani is studying (Ani sedang belajar)
  • Ani always get the first rank in class (Ani selalu mendapatkan peringkat satu di kelas)
  • Ani, who always gets the first rank in class, is studying (Ani yang selalu mendapat peringkat satu di kelas, sekarang sedang belajar)

 

  • The baby cries (Bayi itu menangis)
  • The baby asks for the breast milk (Bayi itu meminta ASI)
  • The baby cries when he/she asks for the breast milk (Bayi itu menangis saat meminta ASI)

Jenis-Jenis Relative Clause

Sejauh ini, ada dua jenis relative clause yang umum digunakan orang-orang. Pertama adalah defining relative clause dan yang kedua adalah non defining relative clause. Pembedaan tersebut mengacu pada dua klausa yang disambungkan. Lebih jelasnya bisa disimak di keterangan berikut ini.

Defining Relative Clause

Defining relative clause adalah gabungan dua klausa yang bertujuan mendefinisikan satu objek/subjek secara spesifik.  Jika salah satu dari gabungan dua klausa tersebut dihilangkan, maka pengertiannya akan berubah dengan signifikan.

Example:

  • The boy who lent me an umbrella yesterday is gorgeous (Cowok yang meminjamiku payung kemarin benar-benar cakep)

Perhatikan baik-baik contoh di atas, dan sekarang coba pisahkan dua klausa yang digabungkan dalam kalimat tersebut.

  • The boy lent me an umbrella yesterday (Seorang cowok meminjamiku payung kemarin)
  • The boy is gorgeous (Cowok itu cakep)

Sekarang perhatikan klausa yang sudah dipisahkan di atas. Gara-gara dipisah, tidak ada kesan tertentu yang diakibatkan oleh dua kalimat tersebut bukan?

Berdasarkan contoh tersebut, kita bisa memahami bahwa dalam relative clause, dua klausa yang digabung membutuhkan satu sama lain. Tanpa salah satunya, klausa tersebut akan kehilangan makna spesifiknya.

Non Defining Relative Clause

Sementara itu, non defining relative clause adalah kebalikan dari defining relative clause. Non defining relative clause adalah gabungan dua klausa yang bertujuan memberikan informasi tambahan tentang objek/subjek yang dibicarakan.

Dalam non defining relative clause, jika salah satu klausa dihilangkan maka klausa lainnya tidak akan kehilangan makna sama sekali. Jadi meski tanpa salah satunya, dampaknya tidak akan signifikan.

Example:

  • My grandma, who is 90 years old this year, lives in Bangkok with my aunt (Nenekku, yang tahun ini berusia 90 tahun, hidup di Bangkok bersama bibiku)

Seperti poin sebelumnya, sekarang mari kita pisahkan kalimat utuh di atas menjadi dua klausa yang berbeda.

  • My grandma is 90 years old this year (Nenekku berusia 90 tahun ini)
  • My grandma lives in Bangkok with my aunt (Nenekku hidup di Bangkok bersama bibiku)

Sekarang coba bayangkan jika salah satu klausa di atas dihilangkan, apakah makna klausa satunya akan berubah? Kalau menurut admin sih, nggak bakal berubah karena klausa di atas merupakan non defining relative clause.

Hubungan Relative Clause dengan Relative Pronoun

Sekarang, sudah paham kan pengertian relative clause dan contoh kalimatnya? Nah, sekarang mari melangkah lebih dalam untuk memahami relative clause.

Jadi dalam relative clause, ada kata tertentu yang digunakan untuk menyambung dua kalimat jadi satu klausa yang berkesinambungan. Kata penghubung ini dalam konteks relative clause disebut relative pronoun atau kata ganti orang relative.

Selama ini, banyak yang menyamakan relative pronoun dengan conjunction words, padahal keduanya benar-benar berbeda. Conjunction words bisa menghubungkan dua klausa yang berbeda konteks dan objek/subjek sama sekali. Sedangkan relative pronoun biasanya hanya menghubungkan dua klausa dengan objek/subjek yang sama.

Daftar Relative Pronoun, Kegunaan, dan Contoh Kalimat

Sudah tahu kan bagaimana pentingnya relative pronoun bagi relative clause? Nah, berikutnya kita akan mempelajari tentang daftar relative pronoun beserta kegunaan dan contohnya. Simak baik-baik ya supaya kamu bisa langsung mempraktikkannya setelah belajar!

Who

Relative pronoun pertama yang akan kita pelajari adalah who. Sebagai relative pronoun, who biasanya digunakan sebagai kata ganti orang, baik orang itu objek atau subjek. Contoh penggunaan who sebagai relative pronoun bisa kamu lihat dalam contoh-contoh di bawah ini.

Example:

  • That boy who called you a coward is actually a coward himself (Cowok yang memanggilmu pengecut itulah yang sebenarnya pengecut)
  • Nicholas Saputra, who played Rangga at What’s Up With Love, will play Aquanus at Bumi Langit Universe (Nicholas Saputra, yang memerankan Rangga di Ada Apa dengan Cinta, akan berperan sebagai Aquanus di Bumi Langit Universe)
  • The girl who help you last night is my cousin (Cewek yang menolongmu malam kemarin adalah sepupuku)
  • Kevin, who won the chess competition last year, is lost in a chess battle with my father (Kevin, pemenang kompetisi catur tahun lalu, kalah di duel catur melawan ayahku)

That

That, dalam penggunaannya di relative clause, sering disalahartikan sebagai conjunction words. Padahal seperti yang tadi sudah dibahas, that dalam relative clause memiliki fungsi yang berbeda.

Biasanya that menjadi conjunction words  jika terdapat dalam subordinate clause. Fungsinya dalam subordinate clause adalah untuk memberikan informasi tambahan. Sedangkan that sebagai relative pronoun berfungsi untuk menggantikan sebutan orang atau benda.

Example:

  • Rabbits, that are herbivore, likes to eat carrots and celery (Kelinci, hewan herbivora, suka memakan wortel dan seledri)
  • The police station that was burnt yesterday is being renovated today (Kantor polisi yang terbakar kemarin hari ini direnovasi)
  • The food that I ordered since 20 minutes ago hasn’t come yet (Makanan yang aku pesaan 20 menit lalu masih belum datang juga)
  • Avatar the Movie, that became the box office last week, starts to lose its enthusiasts (Avatar the Movie, yang menjadi film terlaris minggu lalu, mulai kehilangan peminatnya)

Which

Which adalah relative pronoun yang fungsinya mirip dengan that, akan tetapi penggunaannya lebih jarang. Konon, para native English pun kurang menyukai penggunaan which, karena menimbulkan kesan bertele-tele. Selain itu, biasanya klausa yang menggunakan which menjadi klausa pasif.

Meski demikian, kata which masih sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Contoh kalimatnya bisa kamu lihat sebagai berikut.

Example:

  • Hermione Granger, which is called The Brightest Witch at Hogwarts, is my favourite girl (Hermione Granger, yang dijuluki Penyihir Wanita Tercerdas di Hogwarts, adalah gadis favorit saya)
  • The Chronicles of Narnia, which is written by CS Lewis, has seven book series (The Chronicles of Narnia, yang ditulis oleh CS Lewis, memiliki 7 buku seri)
  • Navis bought me a bucket of flowers, which was wrapped in a glossy plastic (Navis membelikanku sebuket bunga, yang dibungkus dengan plastik berkilau)
  • Eka bring me a good book, which I read immediately (Eka membawakanku buku yang bagus, yang aku baca dengan segera)

Whose

Selain sebagai relative pronoun, whose juga memiliki fungsi sebagai possessive pronoun. Yep, whose berfungsi untuk menunjukkan kepemilikan dari suatu objek. Supaya lebih jelas, coba simak contoh kalimat-kalimat yang menggunakan whose berikut ini.

Example:

  • The family, whose home is bought by me, lives in New York (Keluarga yang rumahnya saya beli, hidup di New York)
  • The girl, whose dog was lost yesterday, cries a lot (Gadis yang kehilangan anjingnya kemarin, masih terus menangis)
  • Kiki, whose PC is being repaired by me, is such a beautiful girl (Kiki yang komputernya aku perbaiki, adalah gadis yang sangat cantik)
  • Harry Potter, whose owl was killed by the Death Eaters, fights the Dark Lord (Harry Potter yang burung hantunya dibunuh para Pelahap Maut, melawan Sang Pangeran Kegelapan)

Where

Dibandingkan dengan semua relative pronoun, where adalah salah satu yang paling sering digunakan. Penggunaannya dalam kalimat juga lebih mudah dibanding yang lainnya. Berikut ini merupakan contoh penggunaan where dalam kalimat.

Example:

  • I always remember the town where I used to live some years ago (Aku selalu mengingat kota yang beberapa tahun lalu aku tinggali)
  • School’s backyard is a good place where we can play soccer wherever we want (Kebun belakang sekolah adalah tempat bagus untuk kita main bola kapanpun kita mau)
  • They visited the street where they used to pass when they went to school (Mereka mengunjungi jalan yang dulu sering mereka lewati saat pergi ke sekolah)
  • The government visited the village where the genocide had happened ten years ago (Pemerintah mengunjungi desa tempat genosida terjadi sepuluh tahun lalu)

When

Selain where, when sebagai relative pronoun juga sangat sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Jika where digunakan untuk tempat, maka when digunakan untuk menjelaskan tentang waktu tertentu. Contoh penggunaan when sebagai relative pronoun bisa kamu baca di contoh-contoh berikut.

Example:

  • I like times when everyone leaves me and let me think alone (Aku suka saat semua orang meninggalkanku dan membiarkanku berpikir sendiri)
  • There are always times when my mind goes blank and I don’t know what happens around me (Ada saat-saat ketika pikiranku terasa kosong dan aku tidak tahu apa yang terjadi di sekelilingku)
  • 17 August 1945 is the date when Indonesia got its victory upon colonialism (17 Agustus 1945 adalah tanggal ketika Indonesia mendapatkan kemerdekaannya atas penjajahan)
  • This is the day when our dreams will become true, my darling (Ini adalah hari ketika mimpi-mimpi kita akan jadi nyata, sayangku)

Whom

Last but still the important one, relative pronoun berikutnya adalah whom. Relative pronoun satu ini juga menunjukkan bentuk pasif dalam sebuah kalimat. Meski demikian sama seperti which, orang-orang native mulai malas menggunakan kata satu ini. Lebih jelas mengenai penggunaan whom dalam kalimat adalah sebagai berikut.

Example:

  • The girl whom I met yesterday is so beautiful (Cewek yang aku temui kemarin sangatlah cantik)
  • His mother to whom my dad is married now become my mother (Ibunya yang dinikahi ayahku kini menjadi ibuku)
  • This is the boy to whom I confessed my love yesterday (Ini adalah cowok yang aku tembak kemarin)
  • That was the idol whom my little sister really fond of (Itu adalah idola yang sangat disukai adik perempuanku)

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai pengertian relative clause, relative pronoun, serta contoh-contoh kalimatnya. Pahami baik-baik ya pembahasan lengkap dari Kampung Inggris barusan! Sebab materi relative clause adalah salah satu materi paling krusial yang harus kamu pahami saat belajar bahasa Inggris!

Jika ingin mendalami lebih jauh lagi tentang relative clause dan materi lainnya, langsung datang ke Kampung Inggris Pare ya! Di sini kamu bisa belajar bahasa Inggris lebih dalam lagi bersama para tutor yang muda, cerdas, dan berpikiran maju! Jadi ingat, kalau kamu ingin lancar berbahasa Inggris, datang langsung ke Kampung Inggris LC!

Ingin tahu materi bahasa Inggris lebih banyak lagi? Yuk langsung klik: Cara Mengungkapkan Belasungkawa dalam Bahasa Inggris

Kampung Inggris Search :

  • contoh relative clause di kampung bahasa inggris
  • pengertian relative clause kampung inggris